Mengenal Apa Itu Skype? Pengertian, Fitur, Fungsi dan Cara Menggunakan

Mengenal Apa Itu Skype? Pengertian, Fitur, Fungsi dan Cara Menggunakan
Mengenal Apa Itu Skype? Pengertian, Fitur, Fungsi dan Cara Menggunakan ( superrask.xyz )

Pandemi covid-19 telah secara signifikan mengubah rutinitas dan aktivitas sehari-hari kita. Sejak april 2020, kebijakan bekerja dari rumah (WFH) telah diimplementasikan, yang membuat proses belajar dan bekerja beralih ke rumah.

Social distancing diterapkan sebagai langkah utama untuk mengurangi interaksi sosial dan fisik guna menekan penyebaran covid-19. Meskipun beberapa orang merasa metode ini kurang efektif, ini merupakan realitas yang harus dihadapi.

Di era ini, layanan konferensi video seperti zoom meeting dan google meet menjadi sangat terkenal. Layanan-layanan ini dipilih oleh berbagai organisasi, lembaga pendidikan dan perusahaan untuk mengadakan pertemuan.

Namun, terdapat alternatif lain yang juga layak dipertimbangkan, yaitu skype. Sebagai produk milik microsoft, skype menyediakan layanan panggilan audio dan video dengan berbagai fitur unik yang belum tersedia di zoom meeting dan google meet.

Untuk informasi lebih lanjut tentang skype, mulai dari definisi hingga manfaat utamanya, mari kita simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Skype

PengembangSkype technologies
microsoft
Rilis perdana29 agustus 2013
Sistem OperasiAndroid, ios, linux, microsoft windows, os x, windows phone, blackberry os, psp, webos dan symbian
LisensiFreemium
Alexa rank235 (9 oktober 2020)
Situs webwww.skype.com

Skype merupakan layanan yang memfasilitasi komunikasi antar pengguna melalui panggilan video dan suara, yang dapat diakses dari berbagai perangkat seperti komputer, tablet, smartphone, xbox one dan jam pintar.

Layanan ini juga menawarkan kemampuan mengirim pesan instan, termasuk teks, foto, video, dokumen dan reaksi. Selain itu, skype memungkinkan konferensi video grup dengan batas maksimal 50 peserta.

Layanan ini diciptakan oleh niklas zennström asal swedia dan janus friis dari denmark, dengan bantuan ahti heinla, priit kasesalu, jaan tallinn dan toivo annus dari estonia, yang juga berperan dalam pengembangan teknologi peer-to-peer untuk kazaa.

Pada bulan september 2005, skype diakuisisi oleh ebay senilai $2,6 miliar dan selanjutnya dibeli oleh microsoft pada mei 2011 dengan harga $8,5 miliar.

Akuisisi oleh microsoft membawa transformasi besar pada skype. Antara tahun 2016 dan 2017, microsoft melakukan redesign pada antarmuka pengguna skype serta mengintegrasikan sistem komunikasi peer-to-peer dengan layanan azure mereka.

Skype menggunakan enkripsi end-to-end, sebuah teknologi keamanan yang juga diterapkan pada aplikasi komunikasi lain seperti whatsapp, telegram dan lainnya, dengan menggunakan cryptographic key untuk mengamankan komunikasi.

Fitur dan Manfaat Utama Skype

Skype menawarkan berbagai fasilitas yang mempermudah interaksi antara pengguna dengan rekan, keluarga, pendidik dan kolega.

Fasilitas untuk rapat menjadi sangat diminati, terutama dengan adanya kebijakan bekerja dari rumah yang mendorong penggunaan skype untuk pembelajaran, bekerja, serta konferensi video dari rumah. Inilah beberapa fitur kunci dari skype yang penting untuk diketahui.

1. Panggilan suara dan video HD

Fitur utama dan terpenting di skype adalah kemampuan melakukan panggilan video dan suara. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengadakan rapat atau meeting dengan tatap muka secara virtual menggunakan video berkualitas tinggi (HD).

Kualitas voIp pada skype juga telah ditingkatkan, melebihi versi sebelumnya. Selain itu, pengguna dapat mengakses meeting melalui berbagai perangkat, termasuk web, desktop, mac, smartphone dan lain-lain.

Namun, penggunaan fitur ini untuk konferensi video tersedia secara gratis, tetapi tidak untuk penggunaan secara individu atau pribadi. Untuk panggilan telepon pribadi, pengguna harus beralih ke paket premium skype.

2. Smart messaging dan private conversations

Selama pertemuan atau diskusi pribadi, pengguna dapat menciptakan suasana yang lebih hidup dan menyenangkan. Mereka bisa menggunakan fitur reaksi untuk menanggapi pesan dari pengguna lain.

Selain itu, penggunaan @mention bisa efektif untuk menyoroti poin atau tujuan tertentu. Fitur-fitur ini tersedia tanpa biaya tambahan dalam pertemuan atau diskusi kelompok.

Untuk percakapan pribadi (private conversations) yang lebih aman dan tidak melewati server microsoft, pengguna harus beralih ke paket premium. Fitur percakapan pribadi ini memungkinkan pengiriman pesan yang sensitif dan rahasia, dilindungi dengan teknologi enkripsi end to end.

3. Screen sharing

Dalam pertemuan, sering kali diperlukan presentasi. Untuk keperluan tersebut, fitur berbagi layar sangat berguna agar semua peserta yang hadir bisa melihat materi yang disampaikan.

Skype, sebagai salah satu aplikasi komunikasi, menyediakan fasilitas share screen yang memungkinkan pengguna untuk membagikan berbagai jenis konten seperti dokumen, powerpoint, foto, video dan lain-lain kepada peserta lainnya.

4. Call recording dan live subtitles

Beberapa perusahaan atau lembaga kerap memerlukan rekaman dari setiap rapat yang diadakan. Hal ini bertujuan agar anggota yang tidak dapat menghadiri rapat masih memiliki kesempatan untuk menyaksikan rapat tersebut kembali.

Dengan menggunakan fitur perekaman, pengguna (admin) dapat merekam jalannya rapat. Selain itu, fitur subjudul Langsung juga tersedia untuk membantu pengguna memahami setiap kata atau kalimat yang diucapkan oleh peserta lain.

Kelebihan dan Kekurangan Skype

Skype adalah aplikasi konferensi video yang praktis, terjangkau dan efisien, dengan dukungan server dari microsoft azure yang menjamin kestabilannya. Namun, di indonesia, skype belum sepopuler zoom meeting dan google meet. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan skype yang perlu anda ketahui.

Kelebihan Skype

  • Skype, sebagai aplikasi pertemuan, menawarkan kemudahan penggunaan, fitur yang komprehensif dan sumber daya yang kuat berkat dukungan dari microsoft azure.
  • Pengguna bisa mengadakan pertemuan tanpa biaya menggunakan skype, yang memungkinkan pertemuan hingga 50 peserta dengan durasi maksimal 4 jam per hari.
  • Kompatibel dengan berbagai perangkat, skype mendukung beragam sistem operasi termasuk windows, macos, linux, android dan ios.

Kekurangan Skype

  • Layanan skype untuk panggilan dan percakapan berbayar. Fitur panggilan dan percakapan pribadi di skype memerlukan biaya. Namun, skype menyediakan fasilitas percakapan dan panggilan grup secara gratis yang dapat digunakan selama meeting atau diskusi bersama.
  • Jumlah pengguna di indonesia masih terbatas. Penggunaan skype di Indonesia masih relatif rendah. Oleh karena itu, perlu adanya kebijakan dalam suatu organisasi untuk mendorong penggunaan skype secara seragam. Skype juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk berkomunikasi dengan rekan kerja, teman, atau keluarga yang berada di luar negeri.
  • Tidak kompatibel dengan browser firefox. Skype memiliki beberapa fitur yang tidak kompatibel dengan browser firefox. Para pengguna disarankan untuk menggunakan browser seperti google chrome atau microsoft edge untuk pengalaman yang lebih baik.

Cara menggunakan Skype

Untuk memulai menggunakan skype, langkah pertama adalah mendaftar. Anda dapat mendaftar menggunakan Email atau nomor telepon.

Perlu diingat bahwa skype tidak kompatibel dengan browser firefox. Sebagai gantinya, gunakanlah google chrome, microsoft edge, atau unduh aplikasi untuk desktop atau perangkat seluler. Berikut adalah panduan dasar untuk menggunakan skype.

1. Daftar Akun Skype

Langkah 1: Untuk memulai, kunjungi laman pendaftaran skype di alamat go.skype.com/signup guna membentuk sebuah akun baru. Anda dapat menggunakan alamat email atau nomor telepon yang dimiliki. Selanjutnya, tekan tombol ‘Lanjut’ untuk proses berikutnya.

Langkah 2: Ciptakan kata sandi untuk akun anda. Untuk keamanan yang lebih baik, gunakan kombinasi huruf, simbol dan angka. Tekan tombol next untuk proses selanjutnya.

Langkah 3: Masukkan nama depan dan nama belakang anda. Tekan tombol berikutnya untuk melanjutkan.

Langkah 4: Selanjutnya, masukkan kode verifikasi yang telah dikirim ke nomor ponsel anda. Apabila kode belum diterima, tekan tombol kirim ulang. Setelah memasukkan kode, tekan tombol lanjut.

Langkah 5: Terakhir, apabila anda berkeinginan untuk bertahan dalam status masuk, pilih opsi ya.

Langkah 6: Inilah antarmuka akun skype ketika diakses melalui mode web. Silakan memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda.

2. Buat Meeting di Skype

Langkah 1: Untuk membantu anda dalam mengatur pertemuan (meeting), kami menyarankan anda untuk mengunduh aplikasi skype untuk desktop atau mac. Silakan gunakan tautan ini untuk mengunduh aplikasi skype.

WindowsDownload
Mac OSDownload
LinuxDownload
AndroidDownload
iOS (iPhone)Download

Langkah 2: Selanjutnya, anda diharapkan untuk menginstal dan masuk ke skype. Setelah masuk, anda akan berada di laman utama skype. Jika ingin mengadakan rapat online, silakan gunakan opsi meet now dan pilih untuk mengadakan pertemuan.

Langkah 3: Selanjutnya, sebuah jendela baru akan muncul untuk pertemuan online. Anda dapat menambahkan kontak, mengirim undangan, atau berbagi tautan agar orang lain dapat bergabung dalam pertemuan tersebut. Tekan tombol mulai pertemuan untuk memulai sesi pertemuan online anda.

Langkah 4: Rapat sudah berlangsung, anda dapat menantikan kehadiran peserta lain yang akan bergabung dalam rapat yang anda inisiasi. Selain itu, anda memiliki opsi untuk mencoba berbagai fitur seperti berbagi layar, mematikan video dan audio, mengirim pesan chat, serta menggunakan fitur angkat tangan.

Kesimpulan,

Skype adalah sebuah platform komunikasi yang memfasilitasi interaksi antar pengguna dari berbagai lokasi melalui internet. Layanan ini lebih populer di eropa dan amerika, sedangkan di indonesia penggunanya masih relatif sedikit.

Skype terus berinovasi dalam menambahkan fitur-fitur baru untuk kenyamanan penggunanya. Fitur unik seperti live subtitles, yang belum tersedia di aplikasi meeting lain, menjadi salah satu daya tariknya.

Demikian ulasan kami tentang skype, termasuk pengertiannya, fungsinya, manfaatnya, serta kelebihan dan kekurangannya. Sebarkan informasi ini di media sosial anda agar lebih bermanfaat.

Jika anda memiliki pertanyaan atau komentar, silakan tuliskan di bagian komentar di bawah. Terima kasih dan selamat mencoba!

Mengenai keamanan skype, layanan ini memang aman karena menggunakan enkripsi end to end.

Sedangkan untuk biaya, skype merupakan layanan freemium yang menawarkan beberapa fitur secara gratis dan beberapa lainnya secara berbayar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *