Kenali Jenis – Jenis Iklan Berdasarkan Tujuan, Isi dan Medianya

Kenali Jenis - Jenis Iklan Berdasarkan Tujuan, Isi dan Medianya
Kenali Jenis - Jenis Iklan Berdasarkan Tujuan, Isi dan Medianya ( stickearn.com )

Pemasaran produk, jasa, atau objek lainnya telah berlangsung selama beratus-ratus tahun. Iklan dianggap sebagai saluran efektif untuk menjangkau banyak orang dengan suatu pesan. Saat ini, bidang ini telah mengalami pertumbuhan yang sangat cepat, yang menghasilkan berbagai macam jenis iklan.

Apa Itu Iklan?

Pertama-tama, penting untuk memahami apa itu iklan sebelum mengeksplorasi berbagai jenisnya. Iklan merupakan aktivitas promosi yang dilakukan seseorang atau kelompok untuk tujuan tertentu, seperti menyampaikan informasi, memberikan edukasi, atau memasarkan produk dan jasa dalam lingkup bisnis.

Aktivitas periklanan telah mengalami evolusi signifikan, termasuk dalam hal jenis, strategi yang digunakan, serta pesan yang ingin disampaikan. Umumnya, iklan dirancang dengan cara yang terstruktur agar pesan yang dikandungnya dapat efektif mencapai khalayak luas secara akurat dan jelas.

Dalam dunia perdagangan, iklan seringkali berperan krusial dalam mempromosikan produk atau jasa. Tujuan utama dari sebuah iklan adalah untuk membentuk persepsi individu atau masyarakat terhadap suatu produk atau ide, agar mereka menjadi lebih familiar dan terlibat dengan hal tersebut.

Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, iklan dirancang dengan target tertentu yang sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan. Kondisi ini mengarah pada pemisahan iklan berdasarkan konten dan tujuannya.

Secara umum, iklan dapat dikategorikan menjadi dua jenis berdasarkan tujuannya dan penjelasan lebih lanjut tentang hal ini adalah sebagai berikut:

1. Jenis Iklan Komersial

Dapat diasumsikan dari judulnya bahwa kegiatan periklanan ini berhubungan erat dengan dunia usaha. Tujuan utama dari iklan komersial adalah untuk meningkatkan penjualan suatu produk atau jasa, dengan harapan memperoleh laba yang lebih tinggi.

Biasanya, iklan komersial dibuat dengan maksud untuk meraih keuntungan dalam aspek bisnis serta meningkatkan reputasi produk, layanan, atau perusahaan itu sendiri.

Selain itu, tujuan dari iklan komersial adalah untuk menyampaikan pesan tentang suatu produk atau layanan sehingga masyarakat dapat mengenali dan memahaminya dengan lebih baik, yang pada gilirannya meningkatkan kepercayaan atau legitimasi mereka terhadap produk atau layanan tersebut.

2. Jenis Iklan Non Komersial

Iklan non-komersial biasanya berisi pesan atau seruan, seringkali dibuat dengan tujuan edukatif untuk menambah wawasan masyarakat mengenai hal-hal yang belum mereka ketahui sebelumnya.

Jenis iklan ini sering diciptakan oleh entitas seperti pemerintah, organisasi kemasyarakatan dan kadang-kadang oleh lembaga sosial. Isi dari iklan ini umumnya berkaitan dengan informasi tentang layanan sosial dan kehidupan bermasyarakat, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap isu tertentu.

Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

Iklan dapat dibedakan berdasarkan isinya, meskipun pada pandangan pertama tampak serupa. Perbedaan ini terletak pada target audiens dan cara penyampaiannya. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut.

1. Iklan Penawaran

Iklan penawaran adalah tipe iklan yang menyampaikan informasi tentang tawaran dari pembuat produk atau jasa. Tujuan akhir dari iklan ini adalah untuk menarik minat konsumen agar menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.

2. Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat bertujuan secara spesifik untuk mendidik serta memotivasi masyarakat agar berperilaku positif dalam kehidupan bermasyarakat. Sebagai ilustrasi, terdapat iklan yang mengajak menjaga kebersihan lingkungan atau pentingnya membayar pajak secara berkala.

3. Iklan Pengumuman

Iklan pengumuman adalah tipe iklan yang berisi seruan atau ajakan kepada masyarakat luas. Iklan ini sering muncul saat ada acara besar, seperti iklan seminar yang diadakan di universitas atau iklan konser untuk menyambut kedatangan artis dalam rangka perayaan hari jadi suatu daerah.

4. Iklan Permintaan

Iklan permintaan merupakan tipe yang biasanya dibuat oleh individu atau kelompok tertentu dengan detail yang lebih spesifik. Sebagai ilustrasi, iklan permintaan bisa berupa pengumuman lowongan kerja yang menyediakan informasi terperinci mengenai posisi yang ditawarkan.

Jenis Iklan Berdasarkan Medianya

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, saat ini terjadi perubahan strategis dalam cara mengiklankan suatu produk atau jasa yang disesuaikan dengan perkembangan zaman. Hal ini menyebabkan tersedianya berbagai media yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan iklan. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut.

1. Iklan Media Elektronik

Kemajuan zaman digital telah mengubah cara orang beriklan. Media elektronik seperti radio, televisi dan saluran internet kini menjadi lokasi strategis untuk beriklan, memberikan keunggulan audio dan visual selama penyampaian iklan.

2. Iklan Media Cetak

Berbeda dari jenis pertama, media cetak tidak melibatkan elemen audio dan video dalam menyampaikan pesan iklan. Anda biasanya menemukan iklan dalam format ini di majalah, brosur, atau koran, yang kini penggunaannya sudah mulai berkurang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *