Ini Cara Hard Reset HP OPPO dengan Mudah, Cepat dan Aman

Ini Cara Hard Reset HP OPPO dengan Mudah, Cepat dan Aman
Ini Cara Hard Reset HP OPPO dengan Mudah, Cepat dan Aman ( mustakim.org )

Oppo electronics corp adalah perusahaan teknologi yang menghadirkan berbagai produk elektronik, termasuk smartphone oppo.

Keunggulan oppo terletak pada desain menawan dan spesifikasi unggul yang selalu menarik perhatian pengguna android di indonesia. Bagian kamera menjadi salah satu yang paling istimewa di smartphone oppo, sehingga banyak perempuan memilih oppo sebagai pilihan utama mereka.

Hingga saat ini, oppo telah meluncurkan berbagai seri, seperti oppo find 5, find 7, oppo r5, r7, oppo f1 plus, f1s, f1s limited edition, f3, f3 plus, neo 7, a37, a39, oppo r9s dan lainnya.

Meskipun demikian, beberapa pengguna oppo mungkin mengalami masalah dengan aplikasi atau sistem android, seperti pesan error seperti “aplikasi telah berhenti,” “Launcher telah berhenti,” “bilah status telah berhenti” dan pesan error lainnya.

Masalah yang lebih serius juga dapat terjadi, seperti layar yang tidak responsif, bootloop, lupa pola kunci/sandi, hang, layar blank, hard brick dan sebagainya. Untuk mengatasi masalah ini, tersedia berbagai metode, seperti menghapus data aplikasi, membersihkan cache, atau melakukan hard reset melalui menu recovery mode.

Panduan Hard Reset HP OPPO

Beli HP OPPO di Shopee, Gratis Ongkir!

Anda dapat mereset hp oppo dengan dua cara, yaitu melalui menu recovery mode oppo atau menggunakan menu pengaturan jika masih memungkinkan.

Sebelum memulainya, pastikan untuk membuat salinan cadangan dari semua file atau data yang ada di memori internal. Pindahkan data penting ke memori eksternal atau komputer agar dapat dipulihkan setelah reset. Ikuti petunjuk factory reset dan hard reset hp oppo berikut untuk langkah-langkahnya.

Factory Reset melalui menu Pengaturan

  • Mulailah dengan membuka menu setting di ponsel oppo anda.
  • Langkah berikutnya adalah memilih additional settings » back up dan reset.
  • Pilih opsi reset to factory settings » erase all data.
  • Pastikan untuk mengonfirmasi reset ponsel oppo menggunakan pola kunci atau pin yang telah anda atur sebelumnya.
  • Setelah itu, proses reset akan selesai.

Hard Reset melalui menu Recovery Mode

  • Pastikan daya baterai smartphone oppo anda mencukupi sebelum melakukan hard reset, dengan setidaknya memiliki 50% daya baterai. Ini diperlukan agar proses reset dapat berjalan dengan lancar dan efektif.
  • Untuk memasuki coloros recovery mode oppo, tekan tombol power + volume up secara bersamaan selama beberapa detik hingga anda masuk ke menu recovery mode oppo.
  • Jika tersedia opsi bahasa, pilihlah bahasa inggris sesuai keinginan anda.
  • Pilih opsi wipe data/ factory reset untuk melakukan hard reset pada hp oppo. Lakukan konfirmasi dengan memilih format data dan kemudian tekan ok.
  • Jika diperlukan, masukkan pola kunci atau pin yang nda gunakan sebelumnya.
  • Tunggu hingga proses hard reset selesai dengan berhasil. Setelah itu, anda dapat melakukan reboot atau restart pada smartphone oppo anda.
  • Ikuti petunjuk pada layar untuk mendaftar atau login ke akun gmail anda sehingga dapat menggunakan kembali smartphone anda.
  • Proses hard reset telah selesai.

Pilihan antara melakukan hard reset melalui recovery mode atau factory reset melalui menu pengaturan adalah terserah anda. Meskipun kedua metode tersebut memiliki hasil yang sama, yaitu mengembalikan smartphone ke pengaturan awal atau posisi pabrikan, terdapat perbedaan cara pelaksanaannya.

Hard reset dilakukan di luar sistem, sementara factory reset dilakukan di dalam sistem android. Ini berarti jika anda mengalami masalah pada sistem android dan tidak dapat mengakses pengaturan, anda masih dapat melakukan reset melalui fitur recovery mode.

Dengan menggunakan metode hard reset ini, diharapkan semua kendala yang dialami pada perangkat oppo dapat teratasi dan smartphone anda dapat kembali berfungsi normal. Jika hard reset tidak berhasil mengatasi masalah, opsi selanjutnya adalah mencoba flashing dengan menggunakan stock rom atau firmware oppo yang baru.

Tidak semua masalah selesai hanya dengan reset

Berbicara tentang kendala pada smartphone oppo, penting untuk dicatat bahwa tidak semua masalah atau kesalahan dapat diselesaikan hanya dengan melakukan hard reset.

Meskipun mungkin beberapa masalah yang terkait dengan sistem android (ColorOS) dapat diatasi dengan reset, namun terdapat situasi di mana sejumlah pengguna mengalami layar kosong atau hanya stuck pada logo setelah melakukan reset.

Kemungkinan akar permasalahan ini terletak pada komponen hardware, termasuk chipset, meskipun hal ini belum dapat dipastikan. Solusi terbaik adalah melakukan pemeriksaan oleh seorang teknisi smartphone. Alternatif lainnya adalah membawa perangkat ke service center agar mendapatkan penanganan yang lebih komprehensif.

Lupa pola kunci tidak teratasi dengan reset

Kesalahan umum yang kerap dihadapi oleh pengguna android, termasuk oppo, adalah melupakan pola kunci layar. Meskipun terlihat sepele, masalah ini sebenarnya kompleks karena penanganannya yang rumit, berbeda dengan masa lalu di mana reset saja sudah cukup.

Harap diingat bahwa sistem android dan oppo terbaru telah ditingkatkan keamanannya untuk melindungi privasi dan data pengguna.

Dengan kata lain, vendor smartphone berusaha agar hanya pemilik asli yang bisa mengakses pola kunci, bukan orang lain. Misalnya, jika smartphone dicuri dalam keadaan terkunci, pencuri tetap tidak bisa membuka pola kunci karena bukan pemiliknya, bahkan setelah dilakukan reset.

Untuk membuka pola kunci pada smartphone terbaru, langkahnya terbatas pada service center atau verifikasi ulang melalui email atau akun terkait.

Bagi yang memahami masalah ini, terkadang ada metode “bypass” di mana pengguna mencoba membuka pola kunci dengan cara melewati tingkat keamanan smartphone. Ini memerlukan alat tambahan yang biasanya dapat ditemukan di forum atau tutorial tertentu.

Dalam kebanyakan kasus, pengguna mungkin memerlukan perangkat tambahan untuk melakukan hal ini. Jika anda memiliki pengalaman dengan membuka kunci layar, silakan bagikan melalui kolom komentar di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *