Cara Menggunakan Whatsapp Untuk Pemula, Ini Langkah – Langkahnya

Cara Menggunakan Whatsapp Untuk Pemula, Ini Langkah - Langkahnya
Cara Menggunakan Whatsapp Untuk Pemula, Ini Langkah - Langkahnya ( detik.com )

Sebagai platform perpesanan yang sangat terkenal, whatsapp dikenal luas dan digunakan secara rutin oleh banyak orang untuk berinteraksi sehari-hari. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2009, whatsapp saat ini telah menjadi aplikasi perpesanan yang umum ada dan digunakan dalam berbagai ponsel pintar.

Whatsapp menikmati popularitas yang tinggi di berbagai belahan dunia, termasuk di indonesia, berkat antarmuka penggunaannya yang bersih tanpa adanya gangguan iklan dan kemudahannya dalam adaptasi, terutama bagi mereka yang sebelumnya telah terbiasa menggunakan layanan pesan singkat atau platform perpesanan lain seperti bbm.

Bagi beberapa individu, khususnya mereka yang baru saja mulai menggunakan whatsapp, mungkin masih merasa belum terlalu menguasai cara penggunaannya. Ini mencakup langkah-langkah untuk menginstal atau melakukan registrasi akun di whatsapp serta memahami fitur-fiturnya.

Artikel ini akan menjelaskan proses instalasi dan penggunaan whatsapp untuk mengirim pesan kepada kontak yang ada dalam daftar wnda.

Cara Menginstall Whatsapp

Memasang whatsapp sangat praktis dan bisa selesai dalam beberapa menit saja. Yang diperlukan hanyalah ponsel pintar dengan sistem operasi seperti android atau ios yang kompatibel dengan whatsapp.

  • Verifikasi apakah ponsel atau sistem operasi ponsel anda kompatibel dengan whatsapp
  • Unduh dan pasang aplikasi whatsapp dari play store atau app store
  • Setelah pemasangan, buka aplikasi dan izinkan permintaan akses dari whatsapp
  • Masukkan nomor ponsel anda dan verifikasi dengan kode konfirmasi yang dikirim
  • Apabila anda melakukan pemasangan ulang whatsapp, anda bisa memilih untuk mengembalikan riwayat obrolan atau backup pada tahap ini

Setelah itu, whatsapp siap digunakan. Namun, ada beberapa pengaturan tambahan yang bisa anda atur seperti nama profil, foto profil dan lain-lain.

Cara Setup Profile Whatsapp

Saat pertama kali anda melakukan pendaftaran nomor pada whatsapp, biasanya anda akan diminta untuk mengisi nama atau nama tampilan yang akan diperlihatkan kepada pengguna lain.

Anda dapat melakukan perubahan pada nama profil dan foto melalui pengaturan sebagai berikut:

  • Buka whatsapp pada perangkat anda
  • Sentuh simbol tiga titik yang terletak di sudut kanan atas untuk mengakses menu pengaturan
  • Pilih nama profil anda untuk mengakses pengaturan profil
  • Ubah nama dengan mengetuk ikon pensil yang berada di sebelah nama dan masukkan nama yang ingin ditampilkan
  • Ganti foto profil dengan mengetuk ikon kamera dan kemudian memilih gambar yang diinginkan

Cara Menambahkan Contact

Untuk bisa mengirim pesan kepada pengguna whatsapp lainnya, langkah paling sederhana yang bisa diambil adalah memasukkan nomor kontak orang tersebut ke dalam ponsel anda.

Biasanya, setelah anda menginstal whatsapp, anda akan diminta untuk memutuskan apakah ingin menyinkronkan daftar kontak yang sudah ada di ponsel anda ke dalam whatsapp.

Selanjutnya, untuk menambahkan sebuah kontak ke whatsapp, anda hanya perlu menambahkan kontak tersebut ke daftar kontak ponsel anda seperti biasa.

Apabila nomor tersebut juga aktif di whatsapp, maka otomatis akan terlihat dalam daftar kontak whatsapp anda.

Jika setelah anda menambahkan nomor seseorang dan nomor tersebut tidak terlihat di whatsapp, berarti pemilik nomor tersebut tidak aktif menggunakan whatsapp dengan nomor itu.

Cara Menggunakan Whatsapp Untuk Chat

Setelah konfigurasi selesai dilakukan, anda sudah bisa memulai untuk mengirim pesan kepada kontak yang anda inginkan. Berikut langkah-langkahnya untuk memulai percakapan (jika sebelumnya belum pernah berkomunikasi):

  • Tekan ikon atau gambar yang menyerupai gelembung teks
  • Tentukan kontak yang ingin anda kirimi pesan
  • Layar percakapan dengan kontak pilihan akan muncul
  • Masukkan pesan yang ingin anda sampaikan lalu kirimkan
  • Anda juga bisa mengirim gambar, dokumen, catatan suara, serta menambahkan emotikon dan stiker dalam pesan yang anda kirim

Percakapan anda akan tetap tersimpan kecuali jika dihapus, sehingga anda bisa melanjutkan komunikasi dengan orang yang sama dengan membuka kembali layar percakapan tersebut. Apabila anda memilih kontak dari daftar, whatsapp akan menampilkan kembali layar percakapan sebelumnya dengan kontak yang dipilih.

Namun, apabila anda sebelumnya telah menghapus percakapan dengan kontak tersebut, whatsapp akan menyiapkan layar percakapan baru dengan kontak tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *