Cara Mudah Menghilangkan Bekas Jerawat Tanpa Ribet

Cara Mudah Menghilangkan Bekas Jerawat Tanpa Ribet
Cara Mudah Menghilangkan Bekas Jerawat Tanpa Ribet ( halodoc.com )

Mengetahui cara mengatasi bekas jerawat adalah penting, terutama bagi para remaja. Diketahui bahwa sekitar 90% remaja mengalami jerawat, yang seringkali meninggalkan bekas. Hal ini sering menimbulkan rasa tidak nyaman secara psikologis, khususnya di kalangan remaja.

Dalam artikel ini, akan diulas beberapa metode atau cara tradisional untuk membantu mengurangi bekas jerawat yang sering menjadi sumber kecemasan.

Namun, penting untuk diingat bahwa metode-metode ini mungkin tidak efektif untuk semua jenis kulit. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum mencoba metode tersebut.

Kita memahami bahwa bekas jerawat biasanya sangat terlihat dan tidak mudah menghilang. Bekas jerawat merupakan titik-titik kecil yang rata dan berwarna gelap, akibat hiperpigmentasi pasca-inflamasi, yang sebenarnya dapat memudar dalam beberapa minggu. Menekan atau memencet jerawat sering menjadi penyebab utama dari bekas-bekas ini.

Jika jerawat tidak disentuh, umumnya tidak akan menyebabkan kerusakan yang bertahan lama. Namun, memecahkannya dengan paksa dapat meninggalkan bekas yang memerlukan waktu cukup lama untuk menghilang. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi bekas jerawat:

1. Menggunakan Bubuk Kulit Jeruk

Sejumlah peneliti di jepang telah melakukan studi terhadap efektivitas ekstrak bubuk kulit jeruk dalam proses melanogenesis, yaitu proses pembuatan melanin yang kompleks. Hasilnya menunjukkan bahwa ekstrak ini efektif dalam mengurangi melanogenesis.

Oleh karena itu, disimpulkan bahwa ekstrak bubuk kulit jeruk bisa mengatasi bekas jerawat.

Bahan utama yang digunakan dalam metode ini adalah bubuk kulit jeruk. Langkah-langkah penggunaannya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, campurkan madu dengan bubuk kulit jeruk hingga terbentuk pasta yang kental.
  • Selanjutnya, aplikasikan pasta tersebut ke area yang terdapat bekas jerawat dan jerawat.
  • Terakhir, bilas hingga bersih setelah pasta mengering.

2. Menggunakan Minyak Pohon Teh

Ternyata, minyak dari pohon teh memiliki kandungan yang efektif dalam meredakan lesi akibat jerawat serta mengurangi pengelupasan kulit. Khasiatnya sebagai antimikroba juga berperan dalam mencegah timbulnya jerawat.

Akan tetapi, belum ada bukti konkret yang menunjukkan kemampuannya dalam menghilangkan bekas jerawat. Minyak pohon teh yang digunakan secara topikal umumnya dianggap aman bagi sebagian besar orang, sehingga menjadi alternatif alami dalam mengatasi jerawat.

Untuk menggunakan metode ini, anda memerlukan 2-3 tetes minyak esensial pohon teh dan minyak pembawa, seperti minyak almond manis atau jojoba. Langkah-langkahnya adalah:

  • Campur beberapa tetes minyak pohon teh dengan minyak pembawa pilihan anda.
  • Aplikasikan campuran tersebut pada area yang terdapat bekas luka.
  • Biarkan selama satu jam sebelum dibilas.

3. Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Menggunakan Teh hijau

Teh hijau terkenal memiliki kandungan polifenol yang efektif sebagai antimikroba dan antiinflamasi, yang berperan penting dalam mencegah dan mengatasi jerawat. Selain itu, teh hijau juga berguna untuk meredakan bekas luka.

Untuk menggunakan metode ini, anda memerlukan 1 kantong teh hijau dan madu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama, siapkan masker wajah dengan mencampur daun teh hijau yang telah basah dengan madu.
  • Selanjutnya, aplikasikan masker tersebut ke seluruh area wajah dan diamkan selama 15 menit.
  • Akhirnya, bilas wajah dengan bersih menggunakan air mengalir.

4. Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Menggunakan Kunyit

Kunyit dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang paling lama digunakan dalam pengobatan dermatologi. Aplikasi kunyit secara langsung pada kulit terbukti memperbaiki berbagai masalah kulit, termasuk jerawat, psoriasis dan alopecia.

Karenanya, kunyit berpotensi menghilangkan noda bekas jerawat. Meskipun demikian, penelitian yang ada masih terbatas dan belum terdapat bukti kuat, tetapi banyak orang yang telah menggunakan dan merasakan manfaatnya secara signifikan.

Untuk menggunakan metode ini, anda memerlukan satu sendok teh bubuk kunyit dan satu jeruk nipis. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama, peras jeruk nipis ke dalam mangkuk dan campur dengan bubuk kunyit.
  • Selanjutnya, aplikasikan campuran tersebut secara halus ke wajah atau area kulit yang ingin diobati.
  • Biarkan mengering selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

5. Menggunakan Mentega Kakao

Mentega kakao merupakan sumber polifenol dan mineral yang berlimpah, menjadikannya komponen alami efektif untuk mengatasi berbagai masalah kulit.

Khasiat anti-inflamasi dan antioksidannya mampu memperlambat serta mengurangi munculnya jerawat, sekaligus mempercepat pemulihan kulit yang telah terluka. Ini efektif dalam meredakan bekas jerawat.

Untuk menggunakan metode ini, anda hanya memerlukan 1 sendok makan mentega kakao. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, siapkan satu sendok makan mentega kakao dan lembutkan dengan menggosok-gosokkannya di telapak tangan anda.
  • Selanjutnya, aplikasikan pada area bekas luka dan biarkan semalaman.
  • Keesokan harinya, bersihkan wajah anda dengan pembersih wajah yang lembut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *