Cara Mudah Membuat Akun Gmail Baru dengan Cepat

Cara Mudah Membuat Akun Gmail Baru dengan Cepat
Cara Mudah Membuat Akun Gmail Baru dengan Cepat ( jagatreview.com )

Email yang juga dikenal sebagai surat elektronik, adalah metode pengiriman pesan melalui sarana digital menggunakan perangkat seperti komputer, laptop dan smartphone yang tersambung ke internet.

Email berfungsi untuk mengirimkan berbagai jenis data, termasuk teks, gambar, audio, video dan file lainnya, membuat proses komunikasi lebih cepat dan efisien. Ini sangat berbeda dari masa lalu, khususnya di era 90-an hingga awal 2000-an, ketika penggunaan komputer dan akses internet masih terbatas. Pada waktu itu, mengirim pesan biasanya dilakukan melalui layanan pos.

Sekarang, generasi milenial jarang mengalami kesulitan tersebut karena berbagai layanan email yang cepat dan mudah diakses.

Beberapa layanan email populer yang tersedia secara gratis adalah gmail, yahoo, outlook, icloud mail, aol mail dan banyak lainnya. Dalam artikel ini, saya akan membahas secara rinci tentang cara membuat akun email baru di gmail dan bagaimana cara menggunakannya.

Apa itu Gmail?

Gmail adalah layanan surel yang dibuat oleh google. Diluncurkan pertama kali dalam versi beta pada tanggal 1 april 2004, gmail dibuka untuk umum pada 7 februari 2007, masih dengan status beta. Status beta ini kemudian dicabut pada 7 juli 2009, bersamaan dengan beberapa layanan google lain.

Dalam proses pembuatannya, gmail memanfaatkan bahasa pemrograman java dan javascript (ajax). Hingga hari ini, gmail diakui sebagai salah satu layanan email terkemuka dengan antarmuka yang mudah dan intuitif digunakan.

Per april 2018, telah ada lebih dari 1,4 miliar pengguna gmail di seluruh dunia. Gmail menawarkan kapasitas penyimpanan yang besar, yaitu 15 gb untuk setiap pengguna, baik untuk email masuk maupun keluar.

Dari segi bisnis, gmail menampilkan iklan berbasis isi email pengguna, namun hanya muncul di bagian tab promosi dan tidak pernah dikirim ke alamat email eksternal.

Salah satu keunggulan utama gmail adalah kemudahannya dalam terintegrasi dengan berbagai perangkat dan layanan google apps lainnya, seperti chrome, youtube, google play, maps, google drive, duo dan masih banyak lagi.

Informasi Yang anda Butuhkan

Dalam proses pendaftaran email baru, informasi yang diperlukan adalah:

  • Nomor telepon
  • Email pemulihan (opsional)

Langkah Langkah Daftar Gmail Baru

  1. Sebagai langkah awal, buka halaman untuk membuat akun gmail baru.
  2. Selanjutnya, isi data yang diminta termasuk nama depan, nama belakang, username, kata sandi dan konfirmasi kata sandi. Setelah itu, tekan tombol “Berikutnya” untuk proses selanjutnya.

Ingatlah bahwa sangat penting untuk memiliki nomor telepon yang aktif terkait dengan akun gmail anda. Hal ini berguna untuk menjaga keamanan akun dan memudahkan pemulihan akun jika terjadi kendala.

  1. Kemudian, tambahkan data tambahan seperti nomor kontak, opsional alamat email untuk pemulihan, serta detail tanggal, bulan dan tahun kelahiran anda, termasuk jenis kelamin. Tekan tombol ‘Berikutnya’ untuk proses selanjutnya.
  1. Kemudian, pastikan untuk memverifikasi nomor telepon anda sebagai langkah pengamanan akun gmail anda. Pilih tombol ‘Kirim’.
  1. Masukkan kode yang anda terima melalui pesan sms pada nomor telepon anda untuk verifikasi akun gmail anda. Selanjutnya, tekan tombol ‘Verifikasi’.
  1. Kemudian, anda akan diberikan pilihan untuk menggunakan nomor telepon dalam meningkatkan layanan google apps. Opsi ini dapat anda abaikan atau terima.
  1. Selanjutnya, anda akan diminta untuk memberikan persetujuan terhadap semua kebijakan dan privasi yang diberlakukan oleh google. Untuk melanjutkan, klik pada tombol ‘Saya setuju’.
  1. Selamat, pembuatan akun gmail anda sudah berhasil!
  1. Selanjutnya, anda dapat memulai penggunaan gmail. Untuk itu, tekan pada gmail dan mulailah mengakses layanan tersebut.

Cara Menggunakan Gmail

Setelah sukses dalam pembuatan akun gmail, berikut ini adalah panduan ringkas untuk memanfaatkan gmail.

1. Mengenal Menu Gmail

Berikut adalah beberapa fitur utama yang harus dipelajari saat menggunakan layanan email dari gmail.

  • Tulis: Digunakan untuk membuat email baru.
  • Kotak masuk: Menampilkan semua email yang diterima.
  • Berbintang: Email yang ditandai sebagai favorit atau penting oleh pengguna.
  • Ditunda: Email yang ditandai untuk dibaca atau ditinjau nanti.
  • Terkirim: Menunjukkan email yang sudah dikirim.
  • Draf: Email yang belum selesai dan disimpan di draf.
  • Penting: Email yang ditandai sebagai penting.
  • Chat: Percakapan yang dilakukan melalui hangouts dengan pengguna lain.
  • Terjadwal: Email yang diatur untuk dikirim secara otomatis pada waktu yang ditentukan.
  • Semua email: Menampilkan semua email, baik yang masuk maupun yang keluar, dari semua kategori.
  • Spam: Email yang teridentifikasi sebagai spam.
  • Sampah: Tempat email yang dihapus disimpan dan akan dihapus permanen setelah jangka waktu tertentu dan lain-lain.

2. Membuka Email Masuk

Untuk mengakses email yang belum anda buka, cukup klik pada opsi ‘Kotak masuk’, lalu pilih salah satu email yang masih berstatus belum dibaca atau belum terbuka, seperti yang ditunjukkan pada ilustrasi berikut ini.

“Kemudian, anda akan disuguhkan dengan tampilan pesan yang diterima, sesuai dengan apa yang dikirim oleh pengguna.”

3. Membuat Pesan Email Baru

Untuk mengkomposisi sebuah email baru, anda dapat menekan tombol ‘Tulis’ yang berada di sidebar kiri, ditandai dengan simbol “+” berwarna.

Selanjutnya, anda dapat memasukkan detail pesan yang ingin dikirim. Isi email penerima pada kolom “Kepada”. Kemudian, tuliskan subjek dari pesan, seperti tugas kewirausahaan, laporan keuntungan bisnis bulan april, atau sesuai dengan keperluan anda.

Kemudian, sampaikan isi pesan anda. Untuk melampirkan file, anda bisa mengklik ikon yang terletak di bawah, di samping huruf a. Anda dapat melampirkan berbagai jenis file seperti dokumen, gambar, audio, video, rar, zip dan sejenisnya.

Setelah selesai, tekan tombol kirim untuk mengirimkan email anda.

4. Menghapus Email Masuk

Ada dua metode untuk menghilangkan pesan yang masuk. Pertama, ketika pesan masih tertutup (di sisi luar) atau kedua, saat pesan telah dibuka (di sisi dalam). Di bawah ini, anda dapat mencoba menghapus pesan dari sisi luar dengan menekan ikon tempat sampah yang terletak di sebelah kanan.

Anda juga bisa menghilangkan pesan dengan menekan ikon tempat sampah yang terletak di bagian atas saat membukanya.

5. Logout Gmail

Untuk mengakhiri sesi akun gmail anda, silakan tekan ikon profil yang terletak di sudut kanan atas, kemudian pilih opsi ‘Keluar’.

Manfaat Menggunakan Gmail

Berikut ini adalah beberapa keuntungan dan keunggulan yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan gmail sebagai layanan email utama anda.

1. Terhubung dengan semua Layanan Google

Dengan satu akun google, anda memiliki kemudahan untuk mengakses berbagai layanan google yang ada, termasuk chrome, youtube, maps, calendar, google drive, google play dan banyak lagi. Anda dapat mengakses semua layanan ini dengan mudah melalui menu yang terletak di pojok kanan atas.

Integrasi yang mudah ini akan memberikan kepuasan kepada anda tanpa perlu membuat banyak akun secara terpisah. Namun, penting untuk diingat bahwa semua data yang anda berikan kepada google akan tersimpan dalam database mereka.

Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan penggunaan layanan google dan meningkatkan kesesuaian iklan yang ditampilkan kepada anda. Anda bisa mengendalikan atau menghapus informasi ini melalui halaman aktivitas google.

2. Kapasitas Penyimpanan yang relatif besar

Hingga kini, google masih menjadi salah satu penyedia layanan dengan kapasitas penyimpanan terluas, mencapai 15gb. Kapasitas ini sangat memadai untuk kegiatan mengirim dan menerima pesan. Pengguna juga dapat memantau penggunaan kapasitas mereka melalui laman google one storage.

Jika keperluan bisnis anda memerlukan email dengan kapasitas penyimpanan yang lebih luas, anda berkesempatan meningkatkan ke paket yang lebih besar dengan kapasitas mulai dari 100 gb hingga 30 tb.

Paket-paket ini ditawarkan dengan harga yang bervariasi, mulai dari Rp26.000 hingga Rp3.900.000 setiap bulannya. Namun paket saat ini diskon, dari mulai Rp.4.000 hingga Rp.34.000 perbulan.

Jika anda ingin melakukan peningkatan, silakan mengunjungi halaman google one. Periksa pada bagian paling bawah…

3. Dapat Mencegah Spam dengan baik

Penulis mendapat informasi bahwa gmail memiliki kemampuan canggih dalam mendeteksi email spam, dengan tingkat keberhasilan mencapai 99,9%. Berkat penerapan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang didukung oleh pembelajaran mesin, google berhasil mengenali lebih dari 100 juta email spam setiap hari.

Anda dapat merasa tenang menggunakan teknologi ini karena tidak perlu lagi mengkhawatirkan spam yang dapat masuk ke gmail. Saya sendiri telah mengalami bahwa berbagai email berbahaya seperti spyware, malware dan upaya penipuan otomatis akan diarahkan ke folder spam.

4. Bisa digunakan di beragam perangkat

Gmail adalah sebuah layanan email yang dapat digunakan di berbagai platform dan integrasinya sangat baik. Anda dapat mengakses, mengirim dan menerima pesan email dengan mudah menggunakan berbagai perangkat dan gadget.

Dukungan platformnya juga beragam, termasuk android, ios, windows, chromeos dan banyak lainnya, sehingga anda dapat mencobanya baik di komputer desktop maupun perangkat mobile.

Selain itu, anda dapat mengakses gmail melalui berbagai browser yang tersedia saat ini, seperti firefox, chrome, microsoft edge dan lainnya. Dengan begitu banyak pilihan akses, anda tidak akan kesulitan dalam menggunakan gmail.

5. Jarang mengalami gangguan

Jarang sekali terjadi gangguan pada hampir semua layanan google. Menurut informasi terbaru yang saya miliki, hanya satu layanan yang kadang-kadang mengalami gangguan dan itu terjadi karena masih dalam tahap pengembangan.

Informasi yang terdapat di g suite status dashboard menunjukkan bahwa gmail berada dalam kondisi normal (berwarna hijau). Ini menunjukkan bahwa layanan berjalan dengan baik dan masalah jarang terjadi.

Menurut pengalaman penulis, meskipun pernah mengalami pesan gangguan sementara saat membuka gmail, masalah tersebut biasanya dapat teratasi dalam beberapa menit.

6. Aman dari serangan Virus atau Malware

Selain melawan spam, gmail juga memiliki kemampuan yang sangat baik dalam mengidentifikasi virus atau malware. Sebenarnya, semua email yang masuk atau keluar akan menjalani proses pemindaian terlebih dahulu.

Sebagai contoh, ada program di bawah ini yang telah terdeteksi sebagai virus atau malware.

Tetapi perlu dicatat di sini bahwa jika anda yakin bahwa file yang anda ingin kirimkan tidak mengandung virus atau malware, namun masih tidak dapat dikirim karena alasan keamanan, anda dapat mencari solusi lain dengan mengunggah file ke google drive dan kemudian mengirimkannya melalui email ke tujuan anda.

7.  Menjadi prioritas dalam mendaftar layanan lain

Banyak pengguna yang menjadikan gmail sebagai pilihan utama saat mendaftar akun baru. Gmail dapat digunakan untuk login atau mendaftar akun di berbagai layanan media sosial atau platform perdagangan online saat ini.

Sebagai contoh, pinterest memungkinkan pengguna untuk login lebih cepat dengan menggunakan akun google.

Ada beberapa contoh lainnya, seperti tokopedia dan bukalapak, yang juga menerapkan praktek serupa. Dengan fitur ini, anda hanya perlu satu klik untuk mendapatkan akses lengkap ke layanan tersebut. Namun, sebelumnya, anda harus melakukan autentikasi atau memberikan izin akses ke akun google anda.

Penutup,

Berikut adalah penjelasan saya tentang langkah-langkah untuk membuat email gmail dan manfaatnya sebagai layanan pilihan anda. Mari bagikan artikel ini ke media sosial anda agar lebih banyak orang dapat memanfaatkannya.

Jika anda memiliki pertanyaan atau komentar, jangan ragu untuk menuliskannya di bawah ini. Terima kasih dan semoga berhasil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *