Begini Cara Cek NISN Siswa Secara Online di Website Kemendikbud

Begini Cara Cek NISN Siswa Secara Online di Website Kemendikbud
Begini Cara Cek NISN Siswa Secara Online di Website Kemendikbud ( theguardian.com )

Setiap tahun, kemajuan teknologi terus berkembang pesat. Masyarakat banyak memanfaatkan kemajuan ini untuk memudahkan pencarian dan akses informasi melalui berbagai sumber di internet.

Belakangan ini, kementerian pendidikan bahkan telah mengadopsi sistem pendaftaran sekolah secara online dan memungkinkan pengecekan data siswa, termasuk nisn (Nomor induk siswa nasional), melalui internet.

Meskipun demikian, masih terdapat sebagian orang yang kurang familiar dengan teknologi informasi dan komunikasi. Sejumlah orang masih merasa kebingungan dan tidak mengetahui cara untuk melihat data siswa, seperti nisn, secara online.

Nisn adalah nomor yang sangat krusial bagi siswa dalam mengakses informasi dan sebagai bagian dari layanan pendidikan. Artikel ini bertujuan untuk memberikan panduan tentang cara mengecek nisn siswa secara online.

Ringkasan

Nomor induk siswa nasional (NISN) adalah identitas khas yang diberikan kepada tiap pelajar di indonesia. Nisn memegang peranan penting dalam sistem pendidikan karena menjadi acuan dalam berbagai aspek, seperti pendaftaran sekolah, manajemen informasi pelajar, pencatatan nilai akademik dan evaluasi prestasi. Nisn juga berguna untuk identifikasi pelajar, proses pendaftaran, pengaturan data pelajar, penyaluran nilai dan laporan pendidikan, serta mendukung program dapodik seperti klip kuliah, bos dan ujian nasional. Beberapa metode untuk memeriksa nisn adalah melalui website resmi, pencarian berdasarkan nama pelajar dan melalui sekolah masing-masing.

Apa itu NISN siswa?

Nomor induk siswa nasional (NISN) adalah identifikasi unik yang diberikan kepada siswa di indonesia, berfungsi sebagai alat penting dalam pencatatan dan pelacakan data siswa. Nisn memudahkan proses administrasi di bidang pendidikan.

Setiap siswa di sekolah formal indonesia mendapatkan nisn dari dinas pendidikan setempat melalui sekolahnya. Nisn menjadi kunci dalam sistem pendidikan, digunakan untuk berbagai tujuan seperti pendaftaran sekolah, manajemen data siswa, input nilai dan penilaian prestasi.

Nisn memastikan seluruh data dan riwayat pendidikan siswa tercatat secara detail dan dapat diakses dengan mudah oleh pihak-pihak terkait, termasuk dinas pendidikan, sekolah dan lembaga pemerintah.

Dengan nisn, proses administrasi pendidikan menjadi lebih efisien dan sistematis. Menariknya lagi, nisn memungkinkan pemantauan dan evaluasi perkembangan siswa secara individu secara lebih efektif.

Kapan NISN diterima siswa?

Pada tahun ajaran 2016/2017, pemberian nomor induk siswa nasional (NISN) di indonesia telah diimplementasikan secara otomatis di setiap sekolah. Selama tahun tersebut, setiap pelajar di sekolah formal di indonesia mendapatkan nisn.

Menurut website resmi kementerian pendidikan dan kebudayaan, di tahun pelajaran itu, terutama untuk siswa baru dari jenjang sd kelas 1 hingga anak-anak paud (Pendidikan anak usia dini), nisn diberikan secara otomatis.

Proses otomatisasi pemberian nomor induk siswa ini terjadi dengan syarat bahwa informasi peserta didik sudah diintegrasikan ke dalam sistem aplikasi data pokok pendidikan oleh operator sekolah. Pengelolaan sistem nisn di tingkat nasional ditangani oleh pusat data dan statistik pendidikan dan kebudayaan di bawah naungan kemendikbud.

Fungsi dan manfaat NISN siswa

Nomor induk siswa nasional memiliki berbagai keuntungan, baik bagi siswa maupun guru, termasuk:

1. Identifikasi siswa

Nisn berfungsi sebagai alat identifikasi lengkap untuk setiap siswa, mempermudah proses pencatatan dan pengaturan data siswa di lingkungan sekolah.

2. Pendaftaran sekolah

Nisn sangat membantu dalam proses pendaftaran sekolah. Sebagai calon siswa baru, nisn dapat digunakan untuk mengisi formulir pendaftaran.

3. Pengelolaan data siswa

Setiap data siswa, termasuk latar belakang pendidikan, skor akademik, kehadiran dan capaian, dapat dicatat secara otomatis dan komprehensif. Ini memungkinkan siapa saja yang berkeinginan untuk memonitor dan mengatur informasi siswa dengan cara yang efektif.

4. Pengiriman nilai dan laporan

Nisn sangat membantu dalam proses distribusi nilai dan laporan kepada siswa. Dengan menyertakan nomor induk siswa di dalam dokumen, pengiriman informasi kepada siswa terkait menjadi lebih efisien.

5. Pendukung program DAPODIK (Data Pokok Pendidikan)

Dalam proses merancang dan melaksanakan rencana pendidikan, statistik kependidikan serta program pendidikan yang meliputi tingkat pusat, kota, kabupaten dan provinsi, termasuk dalam hal ini adalah program bos (Bantuan operasional sekolah), ujian nasional, pip atau kip kuliah, serta proses seleksi masuk ke perguruan tinggi, nisn menjadi sangat penting sebagai dokumen tambahan.

Dokumen ini memberikan detail nomor induk yang sangat vital untuk pihak penyelenggara.

Beberapa cara cek NISN siswa di HP, PC, Laptop terbaru

Berikut adalah beberapa cara untuk memeriksa atau mengakses nisn secara daring:

1. Cek NISN melalui laman resmi Kemendikbud

  1. Buka peramban google chrome di ponsel atau komputer anda.
  2. Kunjungi situs kemendikbud di tautan ini: https://nisn.data.kemdikbud.go.id
  3. Setibanya di halaman utama situs tersebut, arahkan ke menu ‘Pencarian nama’ yang terletak di pojok kanan atas.
  4. Klik pada menu tersebut dan masukkan detail siswa yang dibutuhkan, termasuk nama lengkap siswa, tempat dan tanggal lahir, serta nama ibu kandung.
  5. Pastikan semua informasi yang diinput sudah benar, kemudian konfirmasi bahwa anda bukan robot dengan mengklik opsi “I’m not a robot”.
  6. Selanjutnya, tekan tombol ‘Cari data’ atau gunakan tombol enter jika anda mengaksesnya melalui pc.
  7. Tunggu sebentar hingga sistem menampilkan data nisn berdasarkan nama siswa yang anda cari.
  8. Proses selesai.

2. Cek NISN berdasarkan nama siswa

  1. Gunakan google chrome di ponsel atau komputer anda untuk mengakses internet.
  2. Kunjungi situs resmi kementerian pendidikan dan kebudayaan dengan mengikuti tautan ini: Temukan nomor induk siswa nasional (NISN) dengan menggunakan nama siswa.
  3. Selanjutnya, pilih opsi ‘Pencarian nama siswa’ yang tersedia.
  4. Kemudian, anda akan diminta untuk mengisi detail pribadi siswa pada kolom yang telah disediakan.
  5. Verifikasi bahwa anda bukan robot dengan mengklik “I’m not a robot”, lalu tekan tombol ‘Cari data’.
  6. Tunggulah sebentar sampai situs tersebut menampilkan nisn berdasarkan nama siswa yang anda cari.
  7. Proses pencarian selesai.

3. Cek NISN berdasarkan sekolah siswa

  1. Akses browser google chrome pada ponsel atau komputer anda.
  2. Selanjutnya, navigasikan ke situs web resmi kementerian pendidikan dan kebudayaan untuk melakukan pencarian nomor induk siswa nasional (NISN) dengan menggunakan nama siswa.
  3. Setibanya di halaman pencarian nisn, pilih opsi untuk mencari berdasarkan nisn.
  4. Input informasi detail mengenai siswa termasuk nama lengkap siswa, tanggal lahir, serta nama ibu kandung.
  5. Setelah itu, klik tombol ‘Cari data’ dan tunggu proses pencarian yang akan memakan beberapa waktu, untuk mendapatkan hasil sesuai sekolah yang relevan dengan kata kunci yang dimasukkan.
  6. Proses pencarian selesai.

Bagaimana cara mengajukan NISN baru siswa?

Berikut adalah panduan terkait dengan proses pengajuan nisn baru untuk siswa, sesuai dengan informasi dari merdeka.com:

  1. Sebagai langkah awal, unduh formulir peserta didik (F-PD) dan formulir A 1 untuk permohonan nisn baru melalui website nisn yang resmi.
  2. Pastikan seluruh formulir telah berhasil diunduh.
  3. Kemudian, buka situs resmi: https://nisn.data.kemdikbud.go.id
  4. Selanjutnya, pilih opsi formulir permohonan nisn yang tersedia di situs.
  5. Cetak semua formulir yang telah diunduh.
  6. Isi formulir tersebut dengan data diri siswa secara lengkap dan manual.
  7. Setelah pengisian selesai, verifikasi kembali kebenaran data yang telah diisi.
  8. Serahkan formulir yang telah diisi lengkap kepada operator nisn di sekolah asal.
  9. Sekolah kemudian dapat mengirim formulir A 1 ke pdsp melalui email ke alamat [email protected] untuk proses pemberian nisn.
  10. Proses pengajuan selesai.

Bagaimana cara memperbaiki data siswa yang salah?

Untuk mengubah nomor induk siswa nasional (NISN), langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan dokumen yang diperlukan untuk diunggah, termasuk scan ijazah terakhir siswa dan scan akta kelahiran.
  2. Buka situs nisn dan masuk menggunakan username serta password yang ada.
  3. Pilih opsi untuk mengedit data, kemudian pilih ‘pengajuan’, lalu ‘nama dan tanggal lahir’.
  4. Klik pada bagian ‘siswa’ dan pilih ‘ok’.
  5. Pilih nama siswa yang datanya ingin diubah.
  6. Tunggu hingga muncul halaman untuk mengubah data.
  7. Isi perubahan data siswa dengan benar sesuai dengan permintaan.
  8. Periksa kembali data tersebut, kemudian klik ‘pengajuan perubahan’.
  9. Proses pengajuan perubahan data siswa kini selesai.
  10. Untuk memeriksa status pengajuan, cek pada bagian ‘status’.
  11. Proses selesai.

Penutup

Tentang nisn atau nomor induk siswa nasional, ini merupakan kunci penting dalam proses pendaftaran sekolah dan untuk mengenali capaian akademik siswa, serta banyak kegunaan lainnya. Kini, mencari informasi terkait siswa menjadi lebih mudah karena tidak perlu lagi mendatangi sekolah secara fisik.

Semua data dapat diakses dengan mudah dan cepat secara online. Langkah-langkah yang disajikan sebelumnya diharapkan dapat membantu masyarakat yang masih merasa kesulitan dalam mengakses informasi ini secara online. Terima kasih telah menyimak.

Mengenai nisn: Nisn, singkatan dari nomor induk siswa nasional, adalah identitas unik yang diberikan kepada setiap pelajar di indonesia. Nisn berperan penting dalam pencatatan dan pelacakan kegiatan siswa serta membantu dalam pengelolaan administrasi pendidikan.

Cara mendapatkan nisn di indonesia: Di indonesia, nisn diberikan oleh dinas pendidikan setempat kepada siswa yang telah terdaftar di sekolah formal. Siswa akan menerima nisn saat melakukan pendaftaran di sekolah. Setiap daerah memiliki prosedur pendaftaran dan pemberian nisn yang berbeda.

Manfaat utama dari nisn: Manfaat utama memiliki nisn adalah untuk mempermudah identifikasi dan pengelolaan informasi siswa, mempercepat proses administrasi pendidikan, serta mengawasi perkembangan pendidikan siswa secara individu dan keseluruhan. Nisn juga mendukung koordinasi antar lembaga pendidikan dan pihak-pihak terkait lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *