Apa Arti kata dari “On Process” dalam Pengiriman Paket JNE, J&T? Simak Ini Penjelasanya

Apa Arti kata dari “On Process” dalam Pengiriman Paket JNE, J&T? Simak Ini Penjelasanya
Apa Arti kata dari “On Process” dalam Pengiriman Paket JNE, J&T? Simak Ini Penjelasanya ( unionlogistics.co.id )

Kita sering menjumpai istilah “On process” ketika memeriksa status pengiriman pada layanan jne atau j&t. Istilah ini menandakan bahwa barang sedang dalam perjalanan dari satu lokasi ke lokasi tujuan.

Begitulah kira-kira penafsiran umum terhadap “On process” dan terdapat beberapa status lain yang memiliki arti serupa, seperti “Departed from transit”, “Shipment forwarded to destination” dan lain-lain. Kita akan fokus memahami “On process” dan proses ekspedisi pengiriman terlebih dahulu.

Pemahaman tentang makna status pada layanan logistik ini penting karena membantu kita mengerti mekanisme kerja pengiriman serta informasi yang tertera pada status pelacakan resi.

Sebelum kita membahas lebih lanjut, saya ingin berbagi bahwa sebagian penjelasan berikut ini berdasarkan pengalaman pribadi saya menggunakan layanan pengiriman jne dan j&t.

Pengertian status informasi pada ekspedisi pengiriman

Informasi mengenai status pengiriman adalah komponen krusial dari operasional perusahaan jasa pengiriman. Dengan tujuan meningkatkan efisiensi kerja dan pelayanan kepada pelanggan, sistem ini memungkinkan pelacakan posisi dan kondisi paket yang sedang dalam perjalanan ke tujuan.

Di era digital saat ini, sistem ini dikenal sebagai sistem pelacakan atau ‘tracking’, biasanya diintegrasikan ke dalam website perusahaan untuk memudahkan pengguna dalam mendapatkan informasi terbaru tentang perjalanan paket mereka.

Informasi status ini dapat diakses menggunakan kode unik, yang biasa disebut nomor resi. Nomor ini tidak hanya terdiri dari angka tetapi juga huruf, yang ditempatkan di awal atau akhir nomor.

Kode ini digunakan sebagai identifikasi khusus untuk menginformasikan status pengiriman kepada pemilik resi berdasarkan paket yang mereka ingin lacak.

Untuk memeriksa status paket, prosesnya cukup sederhana. Anda hanya perlu memasukkan nomor resi ke dalam kolom pencarian di website penyedia layanan ekspedisi.

Namun, saat ini banyak platform e-commerce yang sudah mengintegrasikan fasilitas pengecekan status pengiriman dan nomor resi langsung dalam aplikasi mereka, memudahkan pelanggan untuk melacak paket tanpa perlu mengunjungi website ekspedisi secara terpisah.

Memahami istilah “on process” pada JNE, J&T

J&t dan jne adalah perusahaan logistik yang telah mendapatkan kepercayaan dan popularitas di kalangan masyarakat. Hal ini terutama terlihat ketika kita berbelanja di platform e-commerce terkemuka seperti shopee, tokopedia dan bukalapak, dimana layanan pengiriman mereka seringkali menjadi pilihan utama.

Mereka menggunakan istilah unik dalam menyampaikan status pengiriman, memberikan pemahaman yang jelas tentang lokasi dan kondisi paket.

Salah satu istilah yang sering dijumpai adalah “On process”. Istilah ini muncul ketika kita membeli barang dan menggunakan layanan pengiriman, dimana kita akan menerima nomor resi.

Nomor resi ini berfungsi sebagai alat untuk melacak pergerakan paket secara teratur hingga sampai di tujuan. “On process” menandakan bahwa paket sedang dalam proses pengiriman.

Namun, perlu diketahui bahwa setiap perusahaan ekspedisi memiliki cara tersendiri dalam menyampaikan status pengiriman.

Misalnya, pos indonesia menggunakan frasa “Diteruskan ke hub”, sementara tiki menggunakan istilah “Shipment”. Kendati demikian, yang umum menggunakan “On process” dalam sistem pelacakan mereka adalah jne dan j&t, yang keduanya telah dikenal luas atas kualitas layanan pengiriman mereka.

Apakah On Process dan On Transit memiliki arti yang serupa?

Ketika membicarakan tentang status pengiriman barang, rasanya kurang lengkap jika tidak membahasnya secara mendalam. Ambil contoh, kita sering bertanya-tanya tentang apa perbedaan antara “On process” dan “On transit”.

Memang, pada pandangan pertama, kedua istilah ini terlihat berbeda tetapi memiliki kesan yang serupa dan sepertinya berarti sama. Keduanya memang memiliki kesamaan, terutama jika kita meninjau kata “Transit” yang berarti proses pengiriman barang.

Namun, dalam konteks perusahaan ekspedisi seperti jne dan j&t, “on process” berarti bahwa paket sedang dalam perjalanan menuju area tujuan.

Sementara itu, “on transit” adalah tahap berikutnya dari “on process”, yang menunjukkan bahwa paket sudah tiba di wilayah tujuan dan sedang dalam proses pengiriman ke kantor pusat di daerah tersebut untuk selanjutnya diteruskan ke penerima.

Mengapa status pengiriman selalu On Process terus?

Kami telah memahami tentang status on process yang menandakan proses pengiriman paket anda sudah berlangsung.

Namun, terkadang terdapat situasi dimana pengiriman paket tertunda dan statusnya tetap on process lebih lama dari yang diharapkan. Berikut beberapa alasan yang mungkin menjelaskan kondisi tersebut:

  • Paket Dalam Perjalanan – Terkadang, paket yang kita harapkan belum tiba dikarenakan sejumlah alasan eksternal. Sebagai contoh, lamanya perjalanan pengiriman bisa disebabkan oleh kondisi lalu lintas yang tidak menentu, seperti kemacetan, yang menyebabkan paket terlambat sampai ke tujuan hingga 1-2 hari dari jadwal yang dijadwalkan.
  • Status Tidak Segera Diperbarui – Salah satu masalah yang sering terjadi adalah status on process yang berkepanjangan karena keterlambatan dalam pembaruan resi pengiriman. Ini pernah dialami oleh penulis saat menantikan paket dengan nomor resi yang terhenti pada status on process, bahkan sampai paket itu tiba, statusnya belum juga berubah.
  • Kepadatan di Gudang – Faktor lain yang bisa menyebabkan status on process adalah penumpukan paket di pusat sortir atau gudang. Ini sering terjadi saat memesan barang pada hari besar seperti lebaran, natal, tahun baru, imlek dan acara besar lainnya. Dalam situasi ini, anda mungkin harus bersabar atau memilih untuk membatalkan pembelian jika tidak bisa menunggu.
  • Masalah dari Pihak Ekspedisi – Terdapat beberapa kejadian yang tidak terduga selama proses pengiriman, seperti paket yang hilang di gudang penyortiran, kecelakaan yang dialami kurir saat transit, kesalahan pada sistem database perusahaan ekspedisi dan lainnya.

Istilah-istilah dalam status pengiriman JNT, J&T

Jnt dan j&t dikenal luas di indonesia sebagai penyedia layanan pengiriman yang dapat diandalkan untuk mengantarkan paket sampai ke tujuan.

Meskipun begitu, ada beberapa pelanggan yang masih belum mengerti makna istilah-istilah dalam status pelacakan resi pada jne dan j&t. Untuk itu, di bawah ini tersaji tabel yang mendetailkan arti dari berbagai status tersebut.

IstilahKeterangan
ManifestedPaket telah diterima oleh pihak perusahaan dan sedang menunggu untuk dikirim ke tujuan
On ProcessPaket dalam perjalanan menuju kota/wilayah tujuan
On TransitPaket sedang diantar menuju pusat sortir wilayah tujuan
Received on destinationPaket sudah berada di wilayah tujuan dan menunggu kurir untuk mengantar ke alamat tujuan
DeliveredPaket telah sampai ke alamat penerima
RedeliveryPaket akan diantar ulang di hari yang sama karena alamat rumah tujuan tidak ada penerima
AU(Antar Ulang)Paket akan diantar ulang keesokan harinya karena faktor tertentu
BA(Bad Address)Alamat tujuan penerima sulit untuk ditemukan, sehingga disarankan untuk menghubungi kurir terkait
MR(Miss Route)Paket salah kirim ke alamat tujuan
CC(Criss-Cross)Paket anda tertukar pengirimannya dengan paket lain
Cnee UnknownPihak yang menerima paket bukanlah si penerima aslinya, hal ini terjadi apabila paket diterima oleh pihak terdekat yang berada di sekitar alamat penerima
Closed Once Delivery AttemptPaket telah tiba di alamat tujuan, namun tidak ada penerima di alamat tujuan
NTH (Not at Home)Paket telah tiba di alamat tujuan, namun tidak ada penerima yang menerima paket, biasanya kurir akan menyerahkannya ke tetangga dekat.
OutbondPaket telah dibawa agen pengirim namun belum disampai ke tangan penerima

Penutup,

Jne dan j&t adalah dua dari beberapa penyedia jasa logistik yang memiliki cara dan aturan pengiriman tersendiri. Oleh karena itu, beberapa istilah pengiriman yang mereka gunakan bisa berarti sedikit berbeda dari yang telah dijelaskan sebelumnya.

Mengenai “On process”, ini adalah tahapan di mana paket sedang dalam perjalanan ke daerah atau kota tujuan.

Perbedaan antara “On process” dan “On transit” adalah sebagai berikut: “On process” menunjukkan bahwa paket sedang dalam perjalanan ke daerah tujuan, sementara “On transit” berarti paket sudah sampai di wilayah tujuan dan sedang diantar ke kantor pusat di daerah tersebut untuk selanjutnya dikirimkan ke alamat penerima.

Penyebab keterlambatan paket bisa bervariasi, tetapi yang paling sering terjadi adalah penumpukan di gudang penyortiran, khususnya saat musim liburan seperti lebaran, natal, imlek, atau saat event besar seperti black friday.

Jika dibandingkan, jne memiliki keunggulan dalam hal performa pengiriman dibanding j&t. Ini karena jne memiliki lebih banyak cabang di berbagai wilayah terpencil, yang masuk akal mengingat jne didirikan lebih awal daripada j&t.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *