5 Cara Mudah Mengatasi Shopee Tidak Bisa Dibuka atau Error

5 Cara Mudah Mengatasi Shopee Tidak Bisa Dibuka atau Error
5 Cara Mudah Mengatasi Shopee Tidak Bisa Dibuka atau Error ( komunitasmea.web.id )

Shopee merupakan sebuah platform belanja online yang sangat terkenal di indonesia, telah meraih kesuksesan di singapura dan memperluas kehadirannya ke pasar-pasar asia lainnya seperti malaysia, thailand, taiwan, vietnam, filipina dan indonesia, tentu saja.

Pada tahun 2019, shopee berhasil mencapai peringkat kedua setelah tokopedia sebagai marketplace dengan jumlah pengunjung bulanan terbanyak.

Promosi besar-besaran yang seringkali ditawarkan oleh shopee telah menarik perhatian masyarakat indonesia untuk berbelanja secara online.

Namun, di sisi lain, beberapa pengguna android mengalami masalah dengan aplikasi shopee yang kadang-kadang mengalami kesalahan dan tidak dapat diakses. Kendala ini tentunya dapat menyebabkan frustrasi bagi sebagian pengguna, sehingga mereka tidak dapat melakukan belanja online.

Apa sebenarnya penyebab masalah ini? Mari kita telusuri lebih lanjut dalam ulasan berikut.

Penyebab Shopee error, lambat dan force close

Cek Diskon & Promo Shopee 90%, Gratis Ongkir!

Ada beberapa alasan mengapa shopee bisa mengalami masalah, seperti kesalahan, keterlambatan dan ketidakmampuan digunakan.

  • Koneksi internet yang kurang lancar dapat membuat shopee tidak berfungsi dengan baik. Pastikan untuk memastikan koneksi internet anda stabil.
  • Kemungkinan terdapat bug dalam aplikasi shopee. Anda dapat memperbaikinya dengan melakukan pembaruan atau menghapus data aplikasi.
  • Terkadang, server shopee tidak dapat menangani lonjakan kunjungan, terutama saat ada promo besar-besaran. Hal ini dapat membuat aplikasi terasa lambat dan lemot.
  • Beberapa fitur dan layanan shopee mungkin belum stabil sepenuhnya, sehingga perlu menunggu pembaruan dari shopee untuk mengatasi masalah tersebut.

Selain itu, ada berbagai faktor lain yang juga dapat menyebabkan masalah pada shopee.

Cara mengatasi Shopee error, lambat dan tidak bisa dibuka

Banyak faktor yang dapat menyebabkan aplikasi shopee mengalami kesalahan, seperti kurangnya pembaruan aplikasi, kapasitas memori smartphone yang terbatas, koneksi internet yang lemah, akumulasi cache pada aplikasi dan sistem, atau bahkan karena gangguan pada server shopee yang sedang terjadi.

Untuk mengatasi permasalahan ini, berikut beberapa tips yang dapat anda coba.

1. Hapus Recent Apps

Ada beberapa cara yang bisa anda coba untuk mengurangi penggunaan memori pada perangkat anda dengan menghapus aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Setiap perangkat memiliki metode yang berbeda untuk menghapus aplikasi yang berjalan di latar belakang, sehingga anda perlu menyesuaikannya dengan jenis perangkat yang anda gunakan.

Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Ketuk tombol recent apps yang biasanya terletak di bagian kiri bawah layar.
  2. Ketuk ikon sampah atau tombol untuk menutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang.
  3. Selesai.

Setelah anda menghapus aplikasi yang berjalan di latar belakang, coba buka kembali aplikasi shopee dan pastikan bahwa fitur dan layanan yang anda butuhkan dapat digunakan dengan lancar.

2. Pastikan akses internet Anda stabil

Tips lainnya adalah pastikan bahwa koneksi internet anda benar-benar stabil. Anda dapat membuka situs fast.com/id/ untuk memeriksa kecepatan internet pada ponsel android anda. Jika diperlukan, anda juga dapat memanfaatkan mode pesawat terbang (airplane mode) untuk memperbarui sinyal.

Saran saya sebelum menggunakan aplikasi shopee adalah menutup semua aplikasi yang sedang terbuka (recent apps) guna mengurangi penggunaan memori dan data internet. Tindakan ini dapat membantu menjadikan aktivitas anda di shopee lebih stabil dan cepat.

3. Update aplikasi Shopee

Aplikasi shopee dan aplikasi lainnya harus diperbarui secara berkala. Ini tidak hanya berguna untuk mendapatkan fitur terbaru, tetapi juga untuk meningkatkan kinerja dan kestabilan aplikasi, serta mengatasi masalah bug yang mungkin ada dalam aplikasi tersebut.

Silakan buka google play store untuk melakukan pembaruan. Langkah-langkah untuk memperbarui aplikasi shopee adalah sebagai berikut:

  1. Buka google play store di perangkat anda.
  2. Cari aplikasi shopee dan pilihnya.
  3. Ketuk tombol “Update” dan tunggu hingga proses pembaruan selesai.
  4. Setelah selesai, aplikasi shopee anda akan diperbarui dan siap digunakan.

4. Hapus data aplikasi Shopee

Jika anda masih mengalami masalah setelah melakukan pembaruan dan aplikasi belum kembali normal, cobalah membersihkan cache dan data aplikasi.

Mungkin ada bagian dari aplikasi atau sistem android yang telah mengumpulkan terlalu banyak data karena penggunaan yang intens, yang dapat mengakibatkan memori penuh dan menghasilkan pesan error.

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka menu “Pengaturan” pada perangkat anda.
  2. Pilih “Aplikasi & notifikasi” atau “Aplikasi” (tergantung pada versi android anda).
  3. Temukan dan pilih aplikasi shopee dalam daftar aplikasi.
  4. Di halaman info aplikasi shopee, ketuk opsi “Penyimpanan.”
  5. Pilih “Hapus data” untuk menghapus data shopee.
  6. Konfirmasikan tindakan ini dengan mengetuk “OK.”
  7. Selesai.

Setelah anda menghapus data aplikasi, anda dapat masuk kembali ke akun shopee menggunakan email dan kata sandi yang anda miliki.

5. Server Shopee mengalami gangguan

Selain potensi kendala di dalam smartphone, ada juga kemungkinan bahwa server shopee sedang mengalami masalah, yang berarti anda harus menunggu sampai server shopee kembali normal.

Beberapa kali, shopee telah menghadapi situasi seperti ini dan penanganannya memerlukan tindakan cepat karena downtime server dapat berdampak besar pada pengunjung, pembeli dan bahkan shopee sendiri dengan potensi kerugian yang signifikan.

Penutup,

Selain faktor-faktor yang telah disebutkan di atas, perlu diperhatikan bahwa meng-root sistem android, menggunakan custom rom, atau mengunduh aplikasi shopee dari sumber pihak ketiga selain google play juga dapat menyebabkan masalah dalam penggunaan aplikasi ini.

Namun, masalah yang paling umum terjadi biasanya berkaitan dengan stabilitas sistem shopee. Untuk mengatasi masalah tersebut, disarankan untuk bersabar saat menggunakan aplikasi shopee. Selalu perbarui aplikasi secara berkala untuk mendapatkan pembaruan fitur dan layanan terbaru.

Itulah beberapa solusi sederhana yang dapat kami bagikan. Jika anda memiliki tips atau pertanyaan lain, jangan ragu untuk menulisnya dalam kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan semoga berhasil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *