4 Contoh Review Jurnal dan Beserta Langkah Untuk Pembuatannya

4 Contoh Review Jurnal dan Beserta Langkah Untuk Pembuatannya
4 Contoh Review Jurnal dan Beserta Langkah Untuk Pembuatannya ( katadata.co.id )

Saat menjadi mahasiswa, tugas untuk mereview jurnal yang diberikan oleh dosen pasti pernah anda alami. Kemungkinan ada beberapa dari anda yang menghadapi kesulitan dalam melaksanakan tugas tersebut, misalnya, tidak memiliki pemahaman yang cukup tentang bagian-bagian yang harus disertakan dalam review jurnal dan metode yang tepat untuk melakukannya.

Dalam proses mereview jurnal, diperlukan tingkat ketelitian yang tinggi agar ulasan yang anda berikan sesuai dengan isi jurnal yang anda tinjau, serta mampu menilai kualitas jurnal tersebut.

Biasanya, review jurnal melibatkan penjelasan mengenai kelebihan dan kelemahan dari penelitian yang terdapat dalam jurnal tersebut. Oleh karena itu, sangat penting untuk membacanya dengan teliti.

Bagi anda yang masih bingung tentang cara melakukan review jurnal yang efektif, berikut ini terdapat informasi mengenai pengertian, langkah-langkah, tujuan dan contoh review jurnal yang dapat menjadi panduan untuk membantu anda dalam melaksanakan tugas mereview jurnal dengan baik dan benar.

Apa itu Review Jurnal?

Meninjau jurnal adalah metode yang sering digunakan untuk lebih memahami substansi dan esensi penelitian dengan lebih mudah. Dalam banyak kasus, dosen memberikan tugas kepada mahasiswa untuk meninjau jurnal dengan tujuan agar mereka memiliki pemahaman yang komprehensif tentang isi jurnal yang mereka baca.

Mahasiswa sering disarankan untuk memilih jurnal yang relevan, membaca keseluruhan kontennya, membuat catatan, memberikan pandangan atau analisis, serta mencantumkan kutipan dari jurnal tersebut.

Dalam konteks yang lebih luas, meninjau jurnal juga dapat diartikan sebagai proses mengevaluasi kualitas isi dan format penulisan jurnal. Penting untuk diingat bahwa ketika melakukan tinjauan jurnal, pemahaman yang mendalam tentang topik jurnal yang akan ditinjau adalah langkah awal yang sangat penting.

Hal ini karena pemilihan jurnal yang relevan dan sesuai dengan topik penelitian yang sedang dijalani merupakan faktor kunci dalam proses ini.

Tujuan Review Jurnal

  • Mempermudah pemahaman terhadap artikel jurnal yang sedang dibaca.
  • Menyediakan referensi yang berguna bagi pembaca dalam merancang penelitian mereka sendiri.
  • Meningkatkan kemampuan penulis dalam menguasai topik penelitian yang spesifik.
  • Memperbaiki tata bahasa saat menulis jurnal ilmiah.
  • Mengidentifikasi kelemahan dan kelebihan dari jurnal yang telah diterbitkan.
  • Memberikan ringkasan yang lebih singkat dan jelas tentang isi jurnal secara keseluruhan.

Struktur Review Jurnal

Dalam melakukan peninjauan terhadap sebuah jurnal, terdapat beberapa elemen yang harus ada dalam format peninjauan tersebut. Oleh karena itu, jika anda ingin melakukan peninjauan terhadap jurnal, anda perlu memahami bagian-bagian dari struktur jurnal tersebut, termasuk di dalamnya:

1. Penulis harus memberikan identitas mereka ketika mereview jurnal, misalnya seperti

  • Judul artikel
  • Nama jurnal yang menerbitkan artikel
  • Nama penulis
  • Nomor
  • Volume
  • Edisi
  • Sampai dengan nomor halaman dan tahun terbit.

2. Kemudian pada bagian pendahuluan cantumkan beberapa rangkuman dari isi jurnal yang meliputi :

  • Konteks
  • Konsep dasar
  • Maksud penelitian
  • Pendekatan penelitian, menjelaskan isu-isu terkait dalam pendekatan penelitian, termasuk beberapa pertanyaan seperti, apa metode yang diterapkan? siapa yang menjadi subjek penelitian? teknik pengumpulan data apa yang digunakan? instrumen pengumpulan data apa yang digunakan? serta bagaimana analisis data dilakukan?

3. Kemudian struktur review jurnal yang terakhir yaitu meliputi

  • Penelitian yang telah dilakukan dan inti dari pembahasan harus diuraikan dengan kejelasan, singkat dan padat oleh penulis.
  • Keunggulan
  • Kekurangan
  • Terakhir, simpulan

Cara Review Jurnal

Jika anda merasa ragu tentang cara mereview jurnal, berikut adalah beberapa langkah yang bisa anda ikuti untuk melakukan proses tersebut:

1. Memilih jurnal yang akan di review

Anda harus memulai dengan memilih jurnal yang sesuai dengan bidang penelitian anda sebagai langkah pertama. Pastikan jurnal tersebut juga memiliki tingkat keaslian yang tinggi untuk memastikan bahwa resensi yang anda buat memiliki kredibilitas yang baik.

2. Memeriksa orisinalitas jurnal

Selanjutnya, agar dapat melanjutkan ke tahap berikutnya, anda perlu memeriksa tingkat orisinalitas dari jurnal yang telah anda seleksi.

3. Membaca jurnal secara keseluruhan

Setelah anda memilih jurnal yang akan anda tinjau, langkah berikutnya adalah membaca keseluruhan kontennya. Pastikan untuk membuat catatan penting yang akan menjadi fokus utama dalam ulasan anda.

4. Menulis identitas

Langkah berikutnya yang harus anda ambil adalah mencatat informasi identitas jurnal, seperti nama penulis, judul artikel, nama majalah tempat artikel diterbitkan, nomor, volume, edisi, tahun publikasi, serta nomor halaman.

Penting untuk diingat bahwa penulisan identitas jurnal ini bertujuan untuk membantu pembaca dalam membuat daftar pustaka.

5. Tulis ringkasan jurnal

Setelah menyelesaikan pembacaan seluruh konten jurnal, langkah selanjutnya adalah menyusun sebuah ringkasan yang mencakup informasi mengenai latar belakang, tujuan penelitian, tinjauan pustaka, serta metode penelitian yang diterapkan dalam jurnal tersebut.

6. Tulis opini pribadi Anda

Selain memberikan ringkasan, review jurnal juga termasuk penilaian dan pandangan pribadi penulis. Anda dapat menyampaikan ide yang berupa saran atau kritik terhadap isi jurnal yang direview. Anda juga bisa menyoroti aspek-aspek positif atau negatif dari jurnal tersebut.

7. Membuat kesimpulan hasil review

Tahap terakhir ini melibatkan anda dalam menyampaikan kesimpulan atau pandangan keseluruhan tentang konten jurnal tersebut.

Contoh Review Jurnal

Untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang cara melakukan review jurnal secara efektif, anda bisa mengeksplorasi berbagai contoh review jurnal yang tersedia.

1. Contoh Review Jurnal Internasional

InfoKeterangan
JudulStrategy management accounting practices in croatia
JurnalThe jurnal of international management studies
Volume & HalamanVol 7 number 2, october 2012, hal 93-100
Tahun2012
PenulisBranka ramljak and andrijana rogosic
ReviewerFarqy chaerul
Tanggal29 desember 2015
Tujuan PenelitianTujuan penelitian ini adalah untuk memberikan wawasan praktik akuntansi manajemen strategis dan implikasinya pada relevansi dan ketepatan waktu manajer informasi yang digunakan.
Subjek PenelitianSubjek penelitian ini adalah 400 perusahaan besar di kroasia. Yang memiliki total aset 130.000.000 kunas, pendapatan dari 260.000.000 kunas dan rata-rata jumlah 250 karyawan selama setahun keuangan. 17,75 % responden tidak menjawab pertanyaan.
Assemen DataMenggunakan data kuesioner dan juga melalui telepon, pos, e-mail, yang dikirim kepada manajer sebagai responden.
Metode PenelitianMenggunakan instrumen survei multi item, menggunakan 5 jenis titik skala likert. Dan mengambil atau mengadaptasi dari studi sebelumnya.
Langkah PenelitianLangkah penelitian yang digunakan adalah pada bulan april, mei, juni 2011 dilakukan perekrutan responden dari 400 perusahaan besar di kroasia, yang dijadikan responden adalah para manajer perusahaan yang dimintai persetujuan mengenai persetujuan mengenai penelitian tersebut yang diberi paket kuesioner dikirim melalui telepon, pos, e-mail. Kemudian menggunakan instrumen survei multi item dan mengambil data atau mengadaptasi dari studi sebelumnya.
Hasil PenelitianHasil analisa dari penelitian yang dilakukan adalah : Perusahaan besar di kroasia telah menerapkan satu atau metode yang lebih sophicticated akuntansi manajemen strategis.66% dari perusahaan sempel menggunakan salah satu teknik akuntansi.40% perusahaan menerapkan teknik penetapan biaya berdasarkan aktivitas.39% perusahaan menerapkan kualitas biaya.
Kekuatan PenelitianKekuatan penelitian ini adalah alat yang digunakan dalam penelitian berupa kuesioner, ini mudah digunakan oleh subjek penelitian.
Kelemahan PenelitianKelemahan pada penelitian ini adalah tingkat responnya masih rendah.Banyaknya metode yang digunakan dalam penelitian.Tambahnya ongkos penelitian dengan adanya pengiriman lewat pos kepada responden.
KesimpulanKesimpulan dari penelitian ini adalah hasil penelitian dapat memberikan efek sinergis positif dari managemen strategis implementasi teknik akuntansi yang berbeda. Dan dapat memberikan wawasan bagi seorang manajer dalam penyusunan rencara perusahaan dan dalam pengambilan keputusan. Dapat dikatakan penelitian ini layak dijadikan referensi pengetahuan yang valid.

2. Contoh Review Jurnal Manajemen

InfoKeterangan
JudulStrategy management accounting practices in croatia
JurnalThe journal of international management studies
Volume & HalamanVol 7 number 2, oktober 2012, hal. 93-100
Tahun2012
PenulisBranka ramljak dan andrijana rogosic
ReviewerFarqy chaerul
Tanggal29 desember 2015
Tujuan PenelitianTujuan penelitian ini adalah untuk memberikan wawasan praktik akuntansi manajemen strategis serta implikasinya pada relevansi dan ketepatan waktu manajer informasi yang digunakan.
Subjek Penelitian400 perusahaan besar di kroasia yang memiliki total aset 130 juta kunnas, pendapatan dari 260 juta kunnas dan rata-rata jumlah 250 karyawan selama setahun keuangan 17,75% responden tidak menjawab pertanyaan.
Assemen DataMenggunakan data kuesioner dan juga melalui telepon, pos, email, yang dikirim kepada manajer sebagai responden.
Metode PenelitianMenggunakan instrumen survei menggunakan multi item, menggunakan 5 jenis titik skala likert. Dan mengambil atau mengadaptasi dari studi sebelumnya.
Langkah PenelitianLangkah penelitian yang digunakan adalah pada bulan april, mei dan juni 2011 dilakukan perekrutan responden dari 400 perusahaan besar di kroasia, yang dijadikan responden adalah para manajer perusahaan yang dimintai persetujuan mengenai penelitian tersebut yang diberi paket kuesioner dikirim melalui telepon, pos dan email kemudian menggunakan instrumen survei multi item dan mengambil data atau mengadaptasi dari studi sebelumnya.
Hasil PenelitianPerusahaan besar di kroasia telah menerapkan satu atau 2 metode yang lebih sophisticated tentang akuntansi manajemen strategis.66% dari perusahaan sampel menggunakan salah satu teknik akuntansi.40% perusahaan menerapkan teknik penetapan biaya berdasarkan aktivitas.39% perusahaan menerapkan kualitas biaya
Kekuatan PenelitianAlat yang digunakan dalam penelitian berupa puisi ini mudah digunakan oleh subjek penelitian
Kelemahan Penelitiantingkat responnya masih rendahbanyaknya metode yang digunakan dalam penelitiantambahnya ongkos penelitian dengan adanya pengiriman lewat pos kepada responden
KesimpulanHasil penelitian dapat memberikan efek sinergis positif dari manajemen strategis implementasi teknik akuntansi yang berbeda dan dapat memberikan wawasan bagi seorang manajer dalam penyusunan rencana perusahaan dan dalam pengambilan keputusan dapat dikatakan penelitian ini layak dijadikan referensi pengetahuan yang valid.

3. Contoh Review Jurnal Ilmu Komunikasi

InfoKeterangan
JudulRepresentasi maskulinitas dalam iklan garnier men versi joe taslim dan chico jeriko
JurnalJurnal ilmiah sarasvati
Volume & HalamanVol. 2, hal 34 – 46
Tahun2020
PenulisHerninda cintia kemala sari
ReviewerAnindita rahma
Tanggal16 desember 2022
Tujuan PenelitianPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna denotasi, konotasi dan mitos maskulinitas yang terdapat pada iklan garnier men versi joe taslim dan chico jeriko
Objek PenelitianIklan garnier men versi joe taslim dan chico jeriko
Metode PenelitianPenelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan analisis data menggunakan semiotika roland barthes untuk mengetahui isi pesan dalam iklan tersebut.
Hasil PenelitianHasil penelitian menunjukkan bahwa citra maskulin pada laki-laki, yaitu perpaduan antara citra laki-laki urban, metropolis dan metroseksual yang direpresentasikan secara denotasi dari beberapa potongan adegan balapan, aksi bela diri dan kegiatan laki-laki urban metropolis lainnya. Secara konotasi, menampilkan representasi dari tipe laki-laki yang dominan dalam kehidupan.
Kekuatan PenelitianPenelitian ini menggunakan metode analisis semiotika roland barthes, di mana pada analisis tersebut terdapat dua tahap pemaknaan yaitu denotasi dan konotasi dan menghasilkan mitos berdasarkan kebudayaan yang melatar belakangi penelitian tersebut.  
Kelemahan PenelitianPenelitian ini berdasarkan subjektivitas peneliti dan ada beberapa adegan iklan tersebut yang kurang dalam analisisnya.

4. Contoh Review Jurnal Psikologi

InfoKeterangan
JudulLaporan langsung psychopaty dan hubungannya dengan perbuatan kriminal serta antisosial berdasarkan sampel pada lulusan s1 universitas
JurnalJurnal ilmu pengetahuan perilaku manusia
Tahun2016
PenulisSaryani rihati
Latar Belakang PenelitianPsikopati merupakan gangguan kepribadian kompleks yang memiliki gejala berupa kedangkalan, impulsive, egosentrisme, kurangnya rasa bersalah dan penyesalan pada individu. Seseorang yang menderita gangguan ini memiliki gejala berupa gangguan antisosial dan tingkah laku criminal. Pada tinjauan ini melihat seseorang dengan gejala psikopat dari dua konteks yaitu noncriminal dan pidana. Terdapat beberapa teori mengenai penyebab hingga hubungan antara perilaku antisosial yang berkaitan dengan faktor psikologis, biologis dan faktor sosial.
TeoriPenulis menggunakan teori utama berupa aliran psikoanalisis yang dicetuskan oleh sigmund freud pada karya ilmiah ini. Teori aliran psychoanalysis ini merupakan teori pembentukan kepribadian seorang individu.
Metode PenelitianJurnal ini menggunakan pendekatan kuantitatif pada penelitiannya. Seluruh data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan metode analisis regresi menggunakan metode stepwise.
Sampel PenelitianPenelitian mengambil sampel sebanyak 300 mahasiswa dengan persentase 82% perempuan dan 18% laki-laki di universitas panca husada menggunakan teknik populatif.
Hasil PenelitianPenelitian berhasil menunjukkan hubungan antara sikap criminal, psikopati serta kecenderungan berpikir yang mendorong sikap antisosial berdasarkan sampel mahasiswa. Rata-rata menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa tidak menunjukkan kecenderungan ciri-ciri psikopat, mode berpikir mengarah ke perbuatan pidana hingga substantive criminal. Sementara untuk mereka yang menunjukkan adanya tendensi sikap criminal dalam berpikir, hingga kognisi terhadap pelanggaran dan kecenderungan antisosial memiliki persentase rendah. Hal ini menunjukkan bahwa semakin meningkatnya jumlah pemikiran yang mengarah ke perbuatan criminal serta sikap pelanggaran hukum, juga didukung oleh meningkatnya perilaku antisosial dari hasil responden.

Penutup

Tentang penjelasan review jurnal dan prosesnya, semoga informasi ini membantu anda mengerti cara membuat review jurnal dengan lebih mudah. Juga, harapannya dengan contoh yang diberikan, anda tidak akan lagi merasa cemas saat ditugaskan untuk melakukan review jurnal dan mampu melakukannya dengan tepat dan akurat.

Jika artikel ini berguna, silakan bagikan ke media sosial anda. Jika anda memiliki pertanyaan tentang ulasan ini, silakan berikan komentar anda di bawah. Terima kasih dan selamat mencoba!

Apa itu reviewer? Seorang reviewer adalah individu yang bertugas memberikan ulasan atau evaluasi.

Bagaimana tips memilih jurnal untuk direview? Pilihlah jurnal dengan jumlah halaman yang tidak terlalu banyak dan berisi materi yang ringan serta memiliki nilai positif yang bisa diambil.

Apakah perlu parafrase saat review jurnal? Dalam proses review jurnal, anda memang perlu melakukan parafrase pada bagian tertentu untuk menghindari plagiarisme.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *