4 Cara Download File di Academia Bisa Tanpa Login

4 Cara Download File di Academia Bisa Tanpa Login
4 Cara Download File di Academia Bisa Tanpa Login ( unsplash.com )

Saat ini ada banyak situs berbagi file seperti jurnal, makalah dan yang sejenisnya, seperti academia.edu. Tentu saja, ini dapat dimanfaatkan untuk mencari referensi yang kita perlukan.

Namun, pernahkah anda tahu cara mengunduh file di academia? Haruskah anda login terlebih dahulu atau apakah anda bisa mengunduhnya tanpa login?

Sebelum kita membahas lebih lanjut, ada beberapa informasi yang ingin saya sampaikan. Academia.edu adalah sebuah situs jejaring sosial untuk kalangan akademisi.

Di sini, anda dapat berbagi berbagai jenis dokumen penelitian, mengikuti analisis dampak penelitiana dan mengikuti perkembangan penelitian dalam bidang tertentu.

Menurut situs resmi academia.edu, mereka memiliki lebih dari 136 juta anggota terdaftar dan situs ini menerima lebih dari 54 juta pengunjung setiap bulannya. Misi perusahaan ini adalah mempercepat kemajuan penelitian di seluruh dunia.

Cara download file di Academia

Ada beberapa metode yang bisa anda gunakan untuk mengunduh file dari academia. Anda bisa memilih untuk mengunduhnya melalui akun academia, menggunakan alat pengunduh web, atau lewat aplikasi.

Baik itu dari pc/laptop maupun smartphone, anda memiliki pilihan yang beragam. Yuk, mari kita lihat dan ikuti beberapa cara melakukannya!

1. Download file Academia dengan akun

Apabila anda ingin mengunduh sebuah berkas di academia, tentu saja anda harus memiliki akun terlebih dahulu. Academia menyediakan beberapa pilihan untuk membuat akun, seperti masuk dengan akun google atau facebook.

Tapi tidak perlu khawatir jika anda tidak memiliki keduanya, karena anda juga dapat menggunakan opsi lain, yaitu mendaftar dengan alamat email yang telah terdaftar di situs tersebut. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu anda ikuti.

Langkah 1: Pertama-tama, buka situs academia di academia.edu. Kemudian, masuk menggunakan akun google atau facebook.

Langkah 2: Anda dapat mencari dokumen yang diperlukan dengan mengklik kolom “Cari” dan memilih salah satu file dari berbagai dokumen yang muncul berdasarkan kata kunci yang anda masukkan.

Langkah 3: Setelah halaman dokumen yang anda pilih sebelumnya muncul, anda dapat mengunduh dokumen tersebut dengan mengklik tombol download yang tersedia. Harap tunggu beberapa saat hingga file tersebut diunduh secara otomatis.

Namun, jika anda menemui iklan popup saat mengklik download dari academia, silakan klik tombol close yang terletak di pojok kanan atas popup tersebut.

Langkah 4: Setelah dokumen berhasil diunduh, kembali ke halaman sebelumnya. Pada tahap ini, anda bisa memberitahu pemilik file mengenai alasan anda tertarik untuk mengunduh dokumen tersebut.

Klik “Kirim” untuk mengirim pesan atau klik “Lewati” untuk mengabaikannya. Tunggu beberapa saat dan file akan diunduh secara otomatis.

Berikut adalah langkah-langkah singkat jika anda ingin mengunduh dokumen dari academia.edu:

  1. Mulailah dengan mengunjungi halaman academia.edu.
  2. Daftar atau masuk ke akun anda jika anda sudah memiliki satu.
  3. Cari dokumen yang ingin anda unduh.
  4. Setelah menemukannya, buka dokumen tersebut dan klik opsi “Unduh”.
  5. Jika muncul jendela pop-up, anda dapat memilih untuk mengirim pesan kepada penulis dengan menulis pesan, atau anda dapat langsung mengabaikannya dengan mengeklik “Lewati”.
  6. Dokumen akan diunduh secara otomatis.
  7. Tunggu beberapa saat dan anda dapat membuka dokumen yang telah diunduh.
  8. Selesai!

2. Download file Academia dengan DocDownloader

Selain metode yang telah disebutkan di atas, terdapat pilihan lain yang bisa anda coba jika ingin mengunduh tanpa perlu melakukan login terlebih dahulu. Salah satu alternatifnya adalah melalui beberapa situs pen-download file dari academia.

Salah satu contoh situs yang dapat anda gunakan adalah docdownloader.com. Di situs ini, anda tidak hanya dapat mengunduh file dari academia, tetapi juga file-file dari scribd, slideshare dan issuu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka peramban (browser) pada pc atau laptop anda. Kemudian, akses situs academia dengan mengunjungi academia.edu. Lakukan login terlebih dahulu menggunakan akun google atau facebook anda.

Setelah masuk, klik pada kolom pencarian, lalu carilah file yang ingin anda unduh. Pilih salah satu dari berbagai dokumen yang ditampilkan berdasarkan kata kunci yang anda masukkan (misalnya: desain grafis).

Setelah itu, perhatikan kolom url di peramban anda dan salin url dari file yang ingin anda unduh.

Langkah 2: Buka situs docdownloader di docdownloader.com, buka tab baru pada peramban anda. Pilih opsi academia downloader dan tempelkan url dari situs academia yang sebelumnya anda kunjungi ke dalam kolom yang tersedia. Kemudian, klik tombol “Dapatkan tautan.”

  

Langkah 3: Klik tanda centang di bagian “Bukan robot” pada captcha yang muncul, kemudian tekan tombol “Unduh pdf”. Tunggu beberapa saat untuk prosesnya.

Setelah itu, anda akan diarahkan ke halaman unduhan file. Selanjutnya, klik tombol “Unduh pdf asli”. File akan secara otomatis mulai mengunduh.

  1. Buka laman academia.edu dan docdownloader.com dalam dua tab yang berbeda.
  2. Cari dokumen yang anda inginkan, lalu buka dan salin tautan (link) ke dokumen tersebut.
  3. Tempelkan tautan tersebut ke dalam kolom “Dapatkan tautan” di docdownloader.com, kemudian klik tombol “Dapatkan tautan” untuk menghasilkan dokumen.
  4. Lakukan verifikasi dengan mencentang kotak “Saya bukan robot”.
  5. Terakhir, klik tombol “Unduh pdf” untuk mengunduh file yang anda butuhkan.
  6. Selesai.

3. Download file Academia melalui Simply Debrid

Selain docdownloader, anda juga dapat memanfaatkan simply debrid untuk mengunduh file-file terkunci dari situs penyedia. Simply debrid adalah salah satu situs unduhan yang sering digunakan oleh pengguna internet.

Cara kerjanya pun cukup sederhana, yaitu dengan menyalin link ke simply debrid, mengklik tombol generate dan menunggu hasilnya. Untuk panduan yang lebih rinci, berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka peramban web di pc atau laptop anda. Selanjutnya, kunjungi situs academia di academia.edu.

Langkah 2: Klik kolom pencarian, lalu cari file yang ingin anda unduh. Setelah menemukannya, pilih salah satu file atau dokumen dari hasil pencarian berdasarkan kata kunci. Setelah file terbuka, lihat kolom url di peramban anda, klik kanan pada tautan dan pilih salin url.

Langkah 3: Silakan membuka tab baru di browser anda, kemudian kunjungi situs simply debrid di alamat simply-debrid.com.

Setelah situs terbuka, anda dapat menempelkan url file dari academia yang telah anda miliki ke dalam kolom yang telah disediakan. Setelah itu, cukup klik tombol “Generate link” yang ada di bawah kolom tersebut.

Langkah 4: Biarkan prosesnya berjalan beberapa saat, lalu gulir ke bawah pada halaman situs hingga anda menemukan kotak tab berwarna hijau yang berisi tautan teks download. Klik tautan tersebut.

Setelah itu, sebuah jendela pop up download akan muncul. Klik ok. Dengan begitu, berkas akan terunduh secara otomatis.

4. Cara download di Academia | Android

Download Academia.edu via Google Play Store

Download Academia.edu via App Store

  1. Pertama-tama, unduh aplikasi academia melalui tautan berikut ini: [Google store] [App store].
  2. Setelah berhasil mengunduh, lakukan login menggunakan akun google atau facebook anda. Setelah login, buka menu “Search” dan cari file yang ingin anda download, misalnya file desain grafis.
  3. Setelah menemukan file yang anda inginkan berdasarkan kata kunci yang dicari, tunggu sebentar saat aplikasi membukanya. Setelah itu, tekan tombol “Download” yang tersedia untuk mengunduh file tersebut.
  4. File yang anda unduh akan secara otomatis tersimpan di perangkat anda.
  5. Anda telah selesai. Untuk membuka file hasil download, anda dapat menemukannya di menu “Library” pada aplikasi academia. Anda dapat mengaksesnya baik saat anda online maupun offline.

Penutup,

Terdapat tiga metode yang saya jelaskan di atas yang dapat digunakan untuk mengunduh file di academia. Anda memiliki kebebasan untuk memilih metode mana yang akan digunakan.

Anda dapat mulai dengan cara mengunduh menggunakan akun academia, menggunakan situs downloader, atau melalui aplikasi academia yang tersedia di google play store maupun app store.

Jika anda memiliki pertanyaan atau komentar mengenai informasi di atas, jangan ragu untuk menuliskannya dalam kolom komentar di bawah. Terima kasih dan semoga berhasil!

Apakah dokumen di academia tersedia secara gratis? Semua dokumen di academia dapat diakses dan diunduh secara gratis. Namun, jika anda ingin mengunduhnya, anda akan memerlukan akun academia. Jika anda hanya ingin membaca dokumen tanpa mengunduhnya, anda tidak perlu memiliki akun.

Apa itu academia premium? Academia premium adalah rangkaian fitur eksklusif yang ditawarkan oleh academia.edu. Fitur-fitur ini memungkinkan anda untuk mendapatkan pemahaman lebih mendalam tentang audiens anda dan meningkatkan pengalaman anda di academia.

Bagaimana cara membatalkan langganan academia premium? Jika anda ingin membatalkan langganan academia premium, anda dapat melakukannya dengan mengklik tombol “Batalkan perpanjangan otomatis” di halaman pengaturan premium anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *