Mengenal Apa Itu Telegram? Sejarah, Fitur, Kelebihan, Fungsi dan Lainnya

Mengenal Apa Itu Telegram? Sejarah, Fitur, Kelebihan, Fungsi dan Lainnya
Mengenal Apa Itu Telegram? Sejarah, Fitur, Kelebihan, Fungsi dan Lainnya ( pramborsfm.com )

Selain whatsapp, ada aplikasi pesan instan lain yang saat ini populer digunakan oleh masyarakat global yaitu telegram. Diluncurkan pada bulan agustus 2013, telegram telah mengalami peningkatan pengguna yang signifikan, bahkan saat ini menjadi pesaing serius bagi whatsapp.

Meskipun pada tahun 2017, pemerintah sempat memblokir akses ke telegram karena alasan propaganda, radikalisme, terorisme dan sebab lainnya, kini aplikasi ini dapat diakses kembali.

Menurut data terbaru dari berbagai sumber, jumlah pengguna telegram di seluruh dunia mencapai lebih dari 400 juta orang. Angka ini terus meningkat dengan rata-rata pertumbuhan pengguna sekitar 1,5 juta per hari. Peningkatan pesat dalam jumlah pengguna ini juga disertai dengan hadirnya berbagai stiker lucu yang menarik.

Selain itu, telegram terus berinovasi dengan fitur-fitur baru, salah satunya adalah fitur panggilan video yang aman.

Keamanan tinggi adalah salah satu keunggulan utama dari telegram. Namun, hal ini juga menuai kontroversi karena beberapa pengguna memanfaatkannya untuk mengunduh konten ilegal seperti film, musik dan perangkat lunak.

Telegram juga memungkinkan pembuatan grup rahasia tanpa sepengetahuan pihak lain. Dalam artikel ini, saya akan memberikan penjelasan lengkap tentang telegram, termasuk sejarah, fitur dan kelebihannya. Mari kita simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Telegram?

Menurut definisi dari wikipedia, telegram adalah sebuah aplikasi pesan instan multiplatform yang berbasis cloud yang dapat digunakan secara gratis dan bersifat non-profit. Aplikasi telegram tersedia untuk berbagai sistem operasi, termasuk android, ios, windows phone, ubuntu touch, serta komputer dengan sistem operasi windows, macos x dan linux.

Dengan menggunakan telegram, pengguna dapat saling bertukar pesan teks, gambar, video, audio, dokumen, stiker dan berbagai jenis file lainnya.

Telegram telah dikembangkan oleh perusahaan bernama telegram messenger llp, yang didukung oleh pengusaha rusia bernama pavel durov. Kode sumber client-side telegram tersedia secara gratis, sementara kode sumber server-side tetap tertutup dan dimiliki oleh perusahaan.

Telegram juga menyediakan api untuk pengembang agar mereka dapat membuat stiker animasi, mengubah tampilan, membuat widget dan bahkan menciptakan bot. Informasi lebih lanjut mengenai api telegram dan kebutuhannya dapat ditemukan di laman core.telegram.org.

Sejarah aplikasi Telegram

Perusahaan telegram messenger llp, yang menciptakan aplikasi telegram, didirikan di rusia oleh dua saudara, nikolai dan pavel durov. Sebelumnya, keduanya pernah membuat jaringan sosial rusia yang dikenal sebagai vk, yang kemudian mereka tinggalkan setelah diakuisisi oleh grup mail.ru.

Nikolai durov fokus pada pengembangan protokol mtproto yang menjadi dasar bagi telegram, sedangkan pavel durov memberikan dukungan, infrastruktur dan pendanaan bersama mitra mereka, axel neff dari digital fortress, yang juga merupakan salah satu pendiri perusahaan tersebut.

Perusahaan ini terdaftar sebagai llp di inggris dan llc di amerika serikat. Mereka tidak mengungkapkan lokasi kantor mereka secara terperinci, dengan alasan untuk melindungi tim dari pengaruh yang tidak diinginkan dan untuk menjaga keamanan data pengguna dari permintaan pemerintah.

Berdasarkan informasi pers yang tersedia, telegram memiliki karyawan di st. petersburg dan saat ini timnya berbasis di dubai, uni emirat arab.

Telegram diluncurkan pada perangkat ios pada tanggal 14 agustus 2013 dan kemudian diikuti oleh peluncuran untuk perangkat android pada tanggal 20 oktober 2013. Dalam waktu dua bulan setelah peluncurannya, telegram telah memiliki 100.000 pengguna aktif harian.

Pada tanggal 24 maret 2014, telegram mencapai total 35 juta pengguna bulanan dan 15 juta pengguna aktif harian. Pada bulan desember 2014, jumlah pengguna aktif telegram mencapai 50 juta, dengan pengiriman 1 miliar pesan harian dan pendaftaran 1 juta pengguna baru setiap minggunya.

Pada bulan februari 2016, telegram berhasil mencapai 100 juta pengguna aktif bulanan, dengan 350 ribu pengguna baru mendaftar setiap hari dan mengirimkan 15 miliar pesan setiap hari. Pada tanggal 24 april 2020, telegram mengumumkan bahwa mereka telah mencapai 400 juta pengguna aktif bulanan.

Pertumbuhan pengguna telegram yang pesat ini menunjukkan bahwa aplikasi ini telah diterima dengan baik oleh masyarakat di seluruh dunia.

Fitur aplikasi Telegram

Peningkatan penggunaan telegram dari waktu ke waktu dapat dijelaskan oleh kehadiran berbagai fitur yang berbeda dari aplikasi chat lainnya.

Telegram menawarkan fitur-fitur yang sangat berguna bagi pengguna, terutama dalam aspek keamanan dan penyimpanan berbasis cloud, yang membantu menghindari pengisian memori internal smartphone. Untuk lebih memahaminya, berikut beberapa fitur utama yang telah diperkenalkan;

1. Secret chat

Secret chat adalah salah satu fitur chat yang disediakan oleh telegram untuk meningkatkan privasi dan keamanan dalam berkomunikasi antar pengguna.

Fitur ini mengandalkan teknologi client-to-client dengan protokol keamanan mtproto, yang berarti pesan-pesan yang anda kirim dalam secret chat tidak akan disimpan di server cloud telegram, berbeda dengan chat standar di telegram yang menyimpan pesan di cloud.

Selain itu, secret chat juga melarang pengguna untuk mengambil tangkapan layar (screenshot) dari percakapan. Singkatnya, beberapa keunggulan dari secret chat telegram meliputi:

  • Penggunaan enkripsi end-to-end untuk keamanan pesan.
  • Tidak ada penyimpanan pesan di server cloud telegram.
  • Waktu penghancuran pesan otomatis yang dapat anda atur mulai dari 1 detik hingga 1 minggu.
  • Larangan meneruskan pesan kepada orang lain.
  • Tidak memungkinkan untuk mengambil tangkapan layar atau gambar layar dari obrolan tersebut.

2. Grup Telegram

Seperti halnya aplikasi pesan instan lain, telegram juga memberikan fitur untuk membuat grup. Namun, berbeda dengan whatsapp yang hanya memungkinkan 256 anggota dalam satu grup, telegram dapat menampung hingga 200 ribu anggota dalam satu grupnya.

Dengan kapasitas yang begitu besar ini, pengguna memiliki lebih banyak fleksibilitas dalam mengelola bisnis atau komunitas tertentu.

3. Channel Telegram

Selain grup, telegram juga memfasilitasi pembuatan channel bagi penggunanya. Fitur ini pertama kali diperkenalkan pada bulan september 2015 dan dirancang untuk membantu membentuk komunitas dengan jumlah pengikut yang tidak terbatas.

Meskipun memiliki kemiripan dengan grup, hanya pembuat channel yang memiliki izin untuk mengirim pesan di dalamnya.

Seiring berjalannya waktu, channel telegram telah menjadi pilihan yang sangat sesuai untuk melakukan penyebaran informasi satu arah (broadcast) seperti teks, foto, video, dokumen dan berbagai jenis file lainnya secara instan dan efisien.

Banyak pebisnis dan influencer juga telah mulai membangun basis pengikut mereka melalui channel telegram ini.

4. BOT Telegram

Pada bulan juni 2015, telegram memperkenalkan platform untuk para pengembang (developers) pihak ketiga, yang memungkinkan mereka untuk membuat akun bot. Bot ini merupakan akun di telegram yang dapat dioperasikan secara otomatis oleh program.

Sebagai contoh, jika seorang pengguna mengirim pesan ke bot dengan perintah yang dapat dipahami oleh bot, maka bot akan memberikan respons secara langsung.

Bot telegram telah diadaptasi dan dikembangkan untuk berbagai kebutuhan, termasuk permainan, penerjemahan bahasa, pengunduhan file dan bahkan sistem pembayaran yang mendukung berbagai penyedia layanan seperti apple pay, paymentwall, yandex, money, stripe, ravepay dan lainnya.

Kelebihan aplikasi Telegram

Setelah mengeksplorasi beberapa fitur istimewa yang ada di telegram, mari kita lihat beberapa keunggulan yang dimiliki oleh telegram:

1. Memiliki tingkat keamanan terbaik

Dalam konteks keamanan, sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, telegram mengandalkan teknologi terbaik yang diperkenalkan oleh nikolai durov bersama dengan timnya.

Mereka menggunakan teknologi enkripsi simetrik yang disebut mtproto dengan aes 256-bit, rsa 2048 dan diffie-hellman. Telegram saat ini dianggap sebagai aplikasi perpesanan yang memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi daripada aplikasi serupa lainnya.

Selain itu, telegram bersifat open source, yang berarti para peneliti memiliki kesempatan untuk mengawasi dan menganalisis keamanan aplikasi ini, memastikan bahwa pengembangan aplikasi tersebut berjalan dengan aman.

2. Penyimpanan file berbasis cloud

Semua pesan yang dikirim oleh pengguna telegram, termasuk teks, foto, video, dokumen dan jenis berkas lainnya, disimpan dengan aman di server cloud telegram. Itulah mengapa pengguna telegram terus bertambah.

Berbeda halnya dengan whatsapp, di mana pesan teks, foto, video dan dokumen disimpan secara lokal di memori internal, sehingga pengguna harus secara rutin membersihkannya.

Dengan sistem penyimpanan cloud yang canggih ini, pengguna dapat dengan mudah mengakses semua pesan dan berkas dari berbagai perangkat, baik komputer maupun smartphone. Semua berkas tersedia lengkap dan dapat diunduh sesuai keinginan dan kebutuhan.

3. Batas pengiriman file relatif besar

Telegram memiliki batasan ukuran pengiriman file yang besar, yaitu hingga 2 gb per file, yang jauh lebih besar dibandingkan dengan whatsapp yang hanya mendukung file hingga sekitar 16 mb.

Yang menarik, ketika anda ingin mengirimkan file seperti foto, telegram memberikan dua opsi: Anda dapat mengompresinya atau mengirim file aslinya tanpa kompresi.

Di whatsapp, tidak ada pilihan untuk menghindari kompresi, sehingga semua file foto dan video akan otomatis terkompresi. Namun, jika anda mengirim file dalam bentuk dokumen di whatsapp, file tersebut akan tetap dalam bentuk aslinya tanpa kompresi, baik itu berupa foto, video, dokumen, atau format lainnya.

4. Kapasitas grup lebih besar

Pada permulaannya, grup telegram memiliki kapasitas maksimum 5000 anggota, tetapi seiring berjalannya waktu dan evolusinya, telegram sekarang memungkinkan hingga 200 ribu anggota dalam satu grup. Batasan ini jauh lebih besar daripada yang ditawarkan oleh aplikasi pesan instan lainnya.

Selain itu, untuk channel telegram, tidak ada batasan jumlah anggota, sehingga bisa mencapai ribuan hingga jutaan pengikut.

5. Bisa multi profile

Telegram memungkinkan pengguna untuk memiliki lebih dari satu akun dalam satu aplikasi, yang dikenal sebagai sistem multi profile. Fitur ini menjadikan telegram unik dan belum tersedia dalam aplikasi serupa lainnya.

Keunggulan ini sangat berguna bagi pengguna yang ingin memiliki lebih dari satu akun, terutama jika mereka memiliki dua nomor yang aktif, yang keduanya dapat digunakan untuk membuat multi profile dalam aplikasi telegram.

Sementara itu, whatsapp juga memiliki kemampuan untuk menggunakan dua aplikasi whatsapp sekaligus melalui whatsapp business, meskipun dengan konsep yang berbeda. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memisahkan penggunaan whatsapp untuk keperluan personal dan bisnis.

Fungsi utama aplikasi Telegram

Telegram bukan hanya sekadar aplikasi pesan instan, tetapi juga memiliki berbagai fungsi yang terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Salah satu contohnya adalah penggunaan teknologi bot untuk berbagai keperluan, yang dapat membantu meningkatkan efisiensi bisnis dan sistem pembayaran. Untuk informasi lebih lanjut, mari kita lihat beberapa fitur dasar dari aplikasi telegram berikut ini:

1. Sebagai aplikasi pesan instan

Seperti aplikasi pesan instan lainnya, telegram memungkinkan anda untuk mengirimkan berbagai jenis pesan, seperti teks, gambar, video, audio, dokumen dan berbagai format lainnya.

Anda juga bisa melakukan panggilan suara atau video dengan pengguna lain secara pribadi atau dalam sebuah grup atau komunitas. Yang lebih baik lagi, menggunakan aplikasi telegram tidak akan membebankan biaya apa pun kepada pengguna.

2. Media membangun komunitas atau fans

Ketersediaan sumber daya yang melimpah dan gratis telah mendorong banyak pemilik smartphone untuk beralih ke telegram, mengingat belum ada aplikasi sejenis yang menyediakan fitur serupa.

Salah satu contoh nyata adalah penggunaan telegram channel oleh influencer untuk memperluas jangkauan dan mendekatkan diri dengan pengikut mereka.

Meskipun hanya pembuat channel yang memiliki kemampuan untuk mengirim dan membagikan pesan, ini memberikan kemudahan bagi pengikut dalam mendapatkan informasi dengan cepat dan instan.

Semakin banyak pula konten kreator dari platform seperti instagram, facebook dan youtube yang memanfaatkan telegram untuk membangun komunitas dan mengembangkan bisnis melalui channel yang mereka kelola.

3. Media berbagi file video, musik, dll

Tanpa disadari, keunggulan penyimpanan tanpa batas yang dimiliki oleh telegram (hanya dibatasi oleh ukuran pengiriman file 2 gb) telah mendorong sebagian besar pengguna untuk menggunakannya sebagai platform berbagi dan menyimpan konten video, audio, musik, dokumen dan sejenisnya dengan jumlah yang sangat besar.

Melalui fitur pencarian telegram, pengguna dapat dengan mudah dan cepat menemukan berbagai channel yang berisi konten film, netflix, anime, musik dan lain sebagainya.

Meskipun hal ini bertentangan dengan hukum, kenyataannya praktik ini sangat umum terjadi di telegram. Dalam beberapa kasus, pemerintah di beberapa negara telah mengambil langkah untuk memblokir telegram sebagai respons terhadap masalah ini.

Beberapa tahun yang lalu, indonesia juga termasuk negara yang memutuskan untuk memblokir telegram dengan alasan bahwa platform ini tidak memiliki standar operasional prosedur (SOP) yang jelas untuk mengatasi konten yang melanggar hukum.

Telegram sulit dikontrol oleh negara-negara tersebut karena tingkat privasi dan keamanannya yang sangat tinggi.

4. Media transaksi digital dengan BOT

Beberapa perusahaan, media dan lembaga telah mulai memanfaatkan bot telegram untuk keperluan pembayaran. Melalui fitur bot payment api, para pengembang dapat menghasilkan program-program pembayaran yang mencakup berbagai keperluan, termasuk berbelanja, dengan menggunakan bot telegram.

Meskipun masih dalam tahap awal, telegram telah mengkonfirmasi komitmennya untuk terus mengembangkan fitur ini. Saat ini, telegram telah berkolaborasi dengan beberapa penyedia layanan pembayaran seperti stripe, rave by flutterwave, yandex, money, sberbank, tranzzo, payme, click, liqpay dan lainnya.

Kesimpulan,

Intinya, telegram adalah sebuah aplikasi pesan instan yang bersifat open source dan menggunakan sistem cloud sebagai tempat penyimpanan utamanya. Telegram saat ini dianggap memiliki tingkat keamanan terbaik.

Jika anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai telegram, berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang mungkin dapat membantu:

Demikianlah informasi singkat tentang telegram, beserta fitur, keunggulan dan fungsi utamanya. Semoga informasi ini bermanfaat. Silakan bagikan artikel ini di media sosial anda agar lebih berguna bagi orang lain.

Jika anda memiliki pertanyaan atau ingin berbicara lebih lanjut tentang artikel ini, jangan ragu untuk menulisnya di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Bagaimana cara memulai menggunakan Telegram? Untuk memulai menggunakan telegram, anda dapat mengunduh aplikasinya melalui google play untuk perangkat android dan app store untuk perangkat ios (iPhone).

Apa langkah-langkah untuk mendaftar di Telegram? Untuk mendaftar di telegram, anda cukup menggunakan nomor seluler anda dan mengikuti petunjuk pendaftaran yang diberikan. Lebih rinci, anda dapat mengikuti langkah-langkahnya di sini.

Apa perbedaan utama antara WhatsApp dan Telegram? Terdapat beberapa perbedaan antara whatsapp dan telegram. Salah satunya adalah kapasitas anggota dalam grup whatsapp yang terbatas hingga 256 anggota, sementara telegram dapat menampung hingga 200 ribu anggota dalam satu grup.

Apa perbedaan antara Telegram dan Telegram X? Secara umum, keduanya berasal dari perusahaan yang sama, tetapi telegram x diklaim memiliki kecepatan dan animasi yang lebih halus dibandingkan dengan telegram.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *