Mengenal Apa itu Shadowban Twitter? Arti, Efek, Cara Cek dan Solusinya!

Mengenal Apa itu Shadowban Twitter? Arti, Efek, Cara Cek dan Solusinya!
Mengenal Apa itu Shadowban Twitter? Arti, Efek, Cara Cek dan Solusinya! ( xataka.com )

Twitter telah menjadi platform media sosial yang sangat digemari oleh remaja. Fitur-fiturnya yang memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima pesan sesuai keinginan, menjadikan twitter sarana yang ideal bagi remaja untuk menyampaikan pengalaman atau peristiwa yang sedang mereka hadapi. Pesan-pesan ini umumnya dikenal sebagai tweet.

Bagi pengguna aktif twitter, membuat tweet rasanya menjadi keharusan. Namun, pernahkah Anda mendengar tentang shadowban di twitter? Apa yang terjadi jika akun Twitter Anda mengalami shadowban?

Tidak perlu khawatir, ada beberapa informasi penting tentang shadowban yang bisa anda ketahui. Informasi ini akan sangat berguna untuk menangani masalah shadowban pada akun twitter anda di masa depan.

Pengertian Shadowban Twitter

Shadowban merupakan suatu bentuk pembatasan yang diterapkan pada akun twitter, seringkali tanpa diketahui oleh pemilik akun. Dalam kondisi ini, tweet dan informasi akun anda tidak akan terlihat oleh pengguna lain ketika akun anda mengalami shadowban.

Penting untuk diingat, tanda-tanda shadowban pada akun twitter anda mungkin tidak begitu jelas karena anda masih dapat mengakses akun anda dan menggunakan fitur-fitur twitter seperti biasa, termasuk membuat tweet, memberikan komentar pada tweet orang lain dan melakukan mention.

Jenis Shadowban Twitter

Berikut adalah penjelasan berbeda mengenai berbagai jenis shadowban yang dapat terjadi pada akun twitter anda:

  • Shadowban tipe thread – Dalam tipe shadowban ini, komentar yang anda buat pada sebuah postingan spesifik tidak akan muncul atau terlihat.
  • Shadowban under search suggestion – Jenis shadowban ini membuat akun anda tidak bisa ditemukan oleh pengguna lain ketika mereka mencari di kolom pencarian twitter.
  • Shadowban under search – Pada kategori ini, seluruh aktivitas atau tindakan yang anda lakukan di twitter tidak akan ditampilkan sama sekali.

Penyebab akun Twitter terkena Shadowban

Jika akun twitter anda mengalami shadowban, ada beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebabnya. Beberapa alasan yang umum termasuk:

  • Seringnya perubahan nama pengguna atau username anda.
  • Aktivitas spam.
  • Sering menandai orang berlebihan dalam tweet.
  • Tidak mematuhi aturan yang ditetapkan oleh Twitter.
  • Akun anda mendapat laporan dari beberapa pengguna.
  • Berperilaku mengintimidasi terhadap pengguna lain.
  • Dan sebagainya.

Cara mengetahui akun Twitter yang terkena shadowban

  • Pertama, jalankan browser dan arahkan ke website shadowban.io.
  • Selanjutnya, masukkan nama pengguna twitter anda di ruang yang disediakan.
  • Tekan tombol ‘Periksa’.
  • Status akun anda akan ditampilkan setelahnya; jika berwarna hijau, berarti akun anda bebas dari shadowban, sedangkan warna merah mengindikasikan bahwa akun anda mungkin terkena shadowban.
  • Proses selesai.

Cara mengatasi akun Twitter yang terkena shadowban

Jika akun twitter anda mengalami shadowban, tidak perlu panik karena terdapat beberapa metode yang dapat anda gunakan untuk mengembalikan akun anda ke keadaan normal. Beberapa langkah yang bisa anda tempuh adalah:

1. Jangan mengakses akun Anda terlebih dahulu

Jika anda mendapati akun twitter anda mengalami shadowban, langkah awal yang bisa anda ambil adalah dengan tidak membuka akun twitter tersebut untuk sementara waktu.

Biasanya, jika shadowban ini tidak disebabkan oleh pelanggaran kebijakan twitter atau aktivitas spam, maka pembatasan ini hanya berlangsung selama beberapa hari. Oleh karena itu, tidak perlu terlalu cemas.

2. Hubungi pihak Twitter

Jika anda merasa tidak dapat menunggu, langkah alternatif yang dapat diambil adalah mengontak langsung pihak twitter dan menjelaskan permasalahan yang dihadapi. Setelah itu, twitter akan melakukan peninjauan terhadap akun anda.

3. Hapus beberapa tweet yang melanggar kebijakan Twitter

Saat anda memeriksa ulang akun anda, pastikan untuk menghapus beberapa tweet yang telah anda posting dalam beberapa hari terakhir. Ini karena salah satu alasan potensial untuk akun anda terkena shadowban adalah spam atau melanggar kebijakan twitter dengan tweet anda.

Efek ketika Twitter terkena shadowban

Ini adalah beberapa konsekuensi yang mungkin anda alami jika akun twitter anda mengalami shadowban:

  • Anda akan dibatasi dalam melakukan sejumlah aktivitas di twitter, seperti memberikan komentar dan menyebut pengguna lain.
  • Akun anda tidak akan terlihat dalam hasil pencarian.
  • Jumlah pengikut anda mungkin akan berkurang karena akun anda dianggap tidak aktif.
  • Anda tidak akan dapat mencari tweet melalui hashtag.
  • Dan masih banyak lagi.

Penutup

Tindakan shadowban bisa diterapkan pada akun twitter anda jika anda melakukan berbagai pelanggaran, seperti spam atau menciptakan tweet yang melanggar kebijakan twitter. Shadowban merupakan pembatasan akun yang bisa diterapkan tanpa pengetahuan anda.

Jika anda ingin memeriksa apakah akun anda terkena shadowban atau tidak, anda dapat melakukannya melalui situs Shadowban.io.

Untuk menghindari shadowban pada akun twitter anda, ada beberapa tips yang dapat anda terapkan, seperti menghindari penggunaan hashtag yang berlebihan dalam tweet, bersikap sopan saat membalas tweet, menghindari tindakan spam, serta tidak membuat tweet yang melanggar kebijakan seperti mengandung unsur sara dan rasisme.

Bagaimana cara melakukan pengecekan shadowban twitter secara manual? Anda dapat melakukannya dengan mengetikkan nama pengguna akun twitter anda dalam kolom pencarian dengan format from:@username. Jika tidak ada hasil yang muncul, itu bisa menjadi indikasi bahwa akun anda terkena shadowban.

Selain twitter, shadowban juga bisa terjadi di beberapa platform media sosial lain yang anda gunakan, seperti instagram, reddit, bahkan tiktok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *