Mengenal Apa Itu Review? Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Contohnya

Mengenal Apa Itu Review? Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Contohnya
Mengenal Apa Itu Review? Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Contohnya ( freepik.com )

Media sosial seringkali menjadi sumber fenomena baru bagi para penggunanya. Di era modern ini, anda dapat dengan mudah menemukan informasi yang menarik dan terkini.

Sebagai contoh, anda yang berencana membeli suatu produk atau layanan namun masih ragu atau kurang informasi, bisa memanfaatkan ulasan yang dibagikan oleh pengguna lain di media sosial sebagai referensi.

Beragam ulasan yang tersedia di media sosial hadir dalam berbagai format yang menarik, seperti dalam bentuk video atau tulisan.

Jadi, jika anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang apa itu ulasan, karakteristiknya, serta berbagai jenisnya, anda bisa mengikuti beberapa informasi yang akan kami sampaikan berikut ini!

Ringkasan

Review merupakan proses di mana seseorang memberikan penilaian tentang sesuatu berdasarkan pemeriksaan atas data dan fakta yang ada.

Tujuan utama dari review adalah untuk memperkenalkan produk baru kepada khalayak umum, memberikan mereka informasi yang cukup untuk menentukan minat mereka terhadap produk tersebut.

Produk yang sering diulas meliputi, namun tidak terbatas pada, produk kecantikan, pakaian, makanan, gadget, perangkat elektronik, aplikasi, film, buku dan lainnya. Review ini bisa disajikan dalam bentuk tulisan atau artikel, serta dalam format video.

Pengertian Review

Review merupakan kegiatan yang dilakukan individu untuk memberikan penilaian tentang suatu hal berdasarkan pengamatan dan fakta. Kegiatan ini sering dilakukan oleh seseorang setelah mereka mengalami atau mencoba sesuatu secara langsung.

Saat ini, praktik memberikan review semakin umum ditemukan. Tidak hanya oleh figur publik, tetapi juga oleh masyarakat umum.

Anda sebagai individu biasa, juga bisa memberikan review mengenai produk atau jasa dan membaginya dengan mudah melalui berbagai platform media sosial seperti instagram, tiktok dan youtube.

Namun, penting untuk memastikan bahwa informasi yang anda bagikan didasarkan pada data dan fakta yang akurat, karena review tersebut dapat menyebar luas dan berpotensi mempengaruhi reputasi serta kelangsungan usaha dari produk atau jasa yang direview.

Tujuan Review

Review memiliki berbagai tujuan, antara lain:

  1. Menyediakan informasi tentang produk atau jasa kepada publik.
  2. Membantu dalam mempromosikan produk kepada khalayak yang lebih luas dan menyampaikan saran serta kritik yang berguna bagi pembaca ulasan.
  3. Menjadi representasi pandangan masyarakat terhadap produk yang diresensi, sehingga membantu mereka dalam membuat keputusan apakah tertarik untuk menggunakan produk tersebut atau tidak.
  4. Memperkenalkan suatu merek, baik yang telah lama berdiri maupun merek baru.

Ciri – Ciri Review

  1. Dengan menggunakan struktur kalimat yang lebih panjang dan kompleks, ulasan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam dan menyeluruh mengenai produk atau layanan yang sedang dibahas.
  2. Ulasan ini akan lebih terfokus pada manfaat yang ditawarkan oleh produk atau layanan, menjelaskan bagaimana hal tersebut dapat memenuhi kebutuhan atau menyelesaikan masalah spesifik yang dihadapi oleh pengguna.
  3. Dalam ulasan ini, saya akan menyajikan informasi yang detail, termasuk pemaparan menyeluruh mengenai kelebihan dan kekurangan produk atau layanan, sehingga pembaca dapat membuat keputusan yang tepat berdasarkan penilaian yang objektif.
  4. Ulasan ini akan menggunakan beragam kata sifat, seperti “lebih baik”, “buruk”, “cantik”, “keras”, “lembut”, “menarik” dan “bermanfaat” untuk memberikan deskripsi yang kaya dan tepat tentang berbagai aspek produk atau layanan tersebut.

Jenis – Jenis Review

1. Review Produk Kecantikan

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Bach’s Lil Daughter❤️ (@adindaamiraa)

Ulasan tersebut umumnya mencakup informasi terkait cara pemakaian produk sesuai dengan berbagai jenis kulit dan masalah kulit yang sering terjadi, kandungan bahan-bahan di dalam produk, tekstur, wangi, serta desain kemasannya, termasuk juga keunggulan dan kelemahan dari produk itu sendiri.

Oleh karena itu, bagi wanita yang tertarik untuk membeli produk kosmetik namun masih ragu dalam memilih, mereka dapat mencari tahu terlebih dahulu dengan membaca review tentang beragam produk kecantikan di media sosial.

2. Review Pakaian

Selain ulasan tentang produk kecantikan, ulasan mengenai pakaian juga menjadi konten populer di media sosial saat ini. Konten ini umumnya berfokus pada review berbagai jenis pakaian dari merek-merek ternama hingga merek yang baru diperkenalkan.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh TAVIA THE LABEL • JAKARTA (@taviathelabel)

Ulasan yang diberikan seringkali membahas mengenai materi pembuatan, potongan pakaian, motif, serta nilai jualnya, memungkinkan orang banyak untuk memperoleh pandangan tentang jenis busana yang sesuai dengan karakter dan selera mereka.

3. Review Makanan

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Sibungbung|Jkt Food Aficionado (@sibungbung)

Selanjutnya, kita akan membahas tentang ulasan kuliner. Ulasan ini menyajikan detail tentang tampilan dan cita rasa beragam hidangan. Tak hanya soal rasa, para penulis ulasan biasanya juga menyertakan informasi tambahan seperti harga, lokasi dan saran tempat makan lainnya.

Hal ini membuat ulasan kuliner menjadi panduan berguna bagi anda yang sedang mencari tempat makan lezat yang juga ramah di kantong. Anda bisa menemukan ulasan kuliner ini di program televisi atau di berbagai akun media sosial.

4. Review Gadget

Saat ini, gadget tampaknya telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari, terutama dalam hal komunikasi dan penggunaan media sosial. Setiap tahun, produsen gadget berlomba-lomba memperbarui produk mereka untuk menarik perhatian berbagai lapisan masyarakat.

Hal ini mengakibatkan banyaknya orang yang tertarik untuk memberikan ulasan tentang gadget. Ulasan ini umumnya mencakup pembahasan mengenai fitur-fitur yang ditawarkan oleh gadget, harganya, kapasitas penyimpanannya, serta perbandingan kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan gadget lain.

5. Review perangkat elektronik

Begitu pula, alat-alat elektronik senantiasa berubah dalam desain dan fungsi. Para pengulas seringkali mengulas tentang pembaruan apa yang termuat di produk elektronik tersebut serta kelebihannya.

6. Review aplikasi

Tidak hanya smartphone dan gadget elektronik, tetapi juga aplikasi-aplikasi yang terdapat di dalamnya layak menjadi topik untuk diulas. Review ini umumnya mencakup informasi mengenai cara penggunaan aplikasi, serta membahas aspek positif dan negatif yang Anda alami ketika menggunakan aplikasi tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

7. Review film

Uraian tentang film seringkali memberikan pandangan yang mendalam mengenai berbagai aspeknya, termasuk aktor, lokasi, suasana, skenario dan detail visual lainnya.

Saat ini, kita dapat menemukan banyak sekali resensi film di berbagai platform media sosial seperti tiktok, instagram dan youtube, yang membantu memberikan gambaran tentang isi film sebelum kita memilih untuk menontonnya di bioskop favorit kita.

8. Review buku

Ulasan buku merupakan salah satu jenis ulasan yang tidak kalah menarik. Di era teknologi yang modern ini, masih banyak orang yang mengandalkan buku dan gemar membaca.

Dalam menilai sebuah buku, reviewer biasanya mempertimbangkan berbagai aspek, seperti tampilan fisik buku (seperti sampul dan format), isi cerita, alur, penulis dan aspek lainnya. Ulasan buku ini membantu pembaca dalam mencari dan memilih buku yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

9. Review Jurnal

Bagi sebagian orang, meluangkan waktu untuk membaca jurnal yang tebal dan panjang bisa terasa sangat melelahkan.

Hal ini menyebabkan aktivitas mereview jurnal menjadi penting dan berguna, karena dengan review tersebut, pembaca dapat dengan mudah mengerti dan menangkap esensi utama dari jurnal tanpa perlu membaca seluruh isi dari awal sampai akhir.

Ulasan seperti ini umumnya membahas berbagai detail yang terdapat dalam jurnal, seperti misalnya judul, tujuan penelitian, struktur pemikiran, teknik penelitian, konten atau diskusi dan simpulan yang dihasilkan.

Struktur Review

1. Pengenalan Produk

Bagian ini menyajikan panduan awal mengenai produk atau layanan yang sedang dibahas. Di bagian ini, akan dijelaskan secara garis besar tentang produk atau layanan tersebut, termasuk detil seperti nama, asal usul, konteks, pencipta dan lain sebagainya.

2. Evaluasi

Pada tahap ini, reviewer menyajikan deskripsi lebih terperinci untuk memberi pembaca pemahaman yang lebih mendalam tentang materi yang sedang direview.

3. Penafsiran atau interpretasi

Pada tahap ini, pengulas memberikan penilaiannya yang objektif terhadap produk atau jasa yang sedang diperiksa. Hal ini bisa termasuk memberi detail mengenai aspek positif dan negatif, atau melakukan perbandingan dengan produk sejenis lain.

4. Kesimpulan

Kesimpulan merupakan bagian terakhir dalam struktur sebuah ulasan. Di bagian ini, reviewer menguraikan secara umum hasil dari tinjauannya. Selanjutnya, reviewer dapat memberikan pandangannya, memberikan penilaian apakah produk atau layanan tersebut direkomendasikan atau tidak.

Cara Membuat Review

Penting untuk dipahami bahwa saat ini ulasan tidak hanya terbatas pada format teks, tapi juga hadir dalam bentuk video yang bisa dipublikasikan di berbagai platform seperti youtube, tiktok, instagram, atau bahkan di televisi.

Bagi anda yang tertarik untuk menciptakan konten ulasan namun masih merasa ragu tentang bagaimana memulainya, berikut adalah beberapa metode yang bisa anda terapkan:

1. Cara membuat review dalam bentuk tulisan

  1. Tentukan terlebih dahulu produk atau layanan yang ingin anda ulas.
  2. Pastikan anda memahami inti pesan yang ingin anda sampaikan dalam ulasan.
  3. Lakukan riset mendalam tentang produk atau layanan untuk memberikan tinjauan yang lebih komprehensif.
  4. Buatlah daftar poin utama yang akan dibahas dalam ulasan anda.
  5. Sertakan saran atau rekomendasi anda di bagian akhir ulasan untuk membantu pembaca mengambil keputusan.
  6. Proses penulisan ulasan selesai.

2. Cara membuat review dalam bentuk video

  1. Tentukan terlebih dahulu produk atau layanan apa yang ingin anda ulas.
  2. Lakukan riset mendalam tentang produk atau layanan tersebut untuk menyajikan ulasan yang informatif dan terperinci.
  3. Jika perlu, siapkan skrip atau draft sebagai panduan saat mereview.
  4. Paparkan poin-poin positif dan negatif dari produk atau layanan tersebut dan sertakan pendapat pribadi anda mengenai rekomendasinya.
  5. Gunakan bahasa yang efisien dan jelas untuk menjaga durasi ulasan agar tidak berlebihan.
  6. Sertakan bukti atau contoh konkret untuk meningkatkan kredibilitas ulasan anda.
  7. Akhirnya, edit video untuk menghilangkan segmen yang tidak esensial dan tambahkan elemen seperti musik atau teks untuk membuat video lebih menarik.
  8. Ulasan anda kini siap untuk dipublikasikan.

Contoh Review

1. Contoh Review Buku

a. Judul buku: “Psikologi komunikasi”

Informasi Penerbitan:

  • Penulis: Drs. Jalaluddin Rakhmat, M.Sc.
  • Penerbit: PT. Remaja rosdakarya
  • Nomor ISBN: 979-514-145-7
  • Tahun penerbitan dan Edisi: 2013, edisi ke-29

b. Ikhtisar konten buku:

  • Profil dan latar belakang Drs. Jalaluddin rakhmat, M.Sc.
  • Ulasan tentang buku lain yang memiliki tema serupa.
  • Analisis komparatif dengan karya-karya lain di bidang yang sama, jika tersedia.

c. Sinopsis

d. Ulasan buku

e. Kesimpulan dan penutup

2. Contoh Review Jurnal

InfoKeterangan
JudulRepresentasi Maskulinitas Dalam Iklan Garnier Men Versi Joe Taslim Dan Chico Jeriko
JurnalJurnal Ilmiah SARASVATI
Volume & HalamanVol. 2, Hal 34 – 46
Tahun2020
PenulisHerninda Cintia Kemala Sari
ReviewerAdella Eka Ridwanti
Tanggal16 Desember 2022
Tujuan PenelitianPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna denotasi, konotasi dan mitos maskulinitas yang terdapat pada iklan Garnier Men versi Joe Taslim dan Chico Jeriko
Objek PenelitianIklan Garnier Men Versi Joe Taslim Dan Chico Jeriko
Metode PenelitianPenelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan analisis data menggunakan semiotika Roland Barthes untuk mengetahui isi pesan dalam iklan tersebut.
Hasil PenelitianHasil penelitian menunjukkan bahwa citra maskulin pada laki-laki, yaitu perpaduan antara citra laki-laki urban, metropolis dan metroseksual yang direpresentasikan secara denotasi dari beberapa potongan adegan balapan, aksi bela diri dan kegiatan laki-laki urban metropolis lainnya. Secara konotasi, menampilkan representasi dari tipe laki-laki yang dominan dalam kehidupan.
Kekuatan PenelitianPenelitian ini menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes, di mana pada analisis tersebut terdapat dua tahap pemaknaan yaitu denotasi dan konotasi dan menghasilkan mitos berdasarkan kebudayaan yang melatar belakangi penelitian tersebut.
Kelemahan PenelitianPenelitian ini berdasarkan subjektivitas peneliti dan ada beberapa adegan iklan tersebut yang kurang dalam analisisnya.

Penutup

Setelah memperoleh pengetahuan tentang review dan cara membuatnya, anda bisa mencoba menghasilkan konten review di media sosial anda sendiri, baik dalam format tulisan ataupun video.

Saat ini, menjadi seorang reviewer cukup populer dan mudah, yang bisa menjadi aktivitas positif yang menguntungkan dan berpotensi menghasilkan pendapatan.

Namun, penting untuk diingat bahwa saat memberikan review terhadap suatu produk atau jasa, anda harus tetap berpegang pada fakta yang ada dan tidak asal-asalan. Jika anda memiliki pertanyaan atau ingin berdiskusi tentang topik review, silakan berbagi melalui kolom komentar di bawah. Terima kasih!

Apa bedanya review dengan opini? Review cenderung merupakan respons berdasarkan fakta yang memberi manfaat bagi pembaca atau penonton. Sementara itu, opini adalah tanggapan subjektif yang kebenarannya belum tentu terverifikasi.

Mengapa penting untuk mereview jurnal? Review jurnal membantu seseorang untuk lebih memahami isi jurnal tersebut secara mendalam dan bisa dijadikan acuan dalam penelitian mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *