Mengenal Apa itu MOD APK? Dan Kenali Aplikasi Modifikasi Ini & Resikonya!

Mengenal Apa itu MOD APK? Dan Kenali Aplikasi Modifikasi Ini & Resikonya!
Mengenal Apa itu MOD APK? Dan Kenali Aplikasi Modifikasi Ini & Resikonya! ( iphones.ru )

Tentunya istilah apk (Application package file) tidak asing lagi di telinga anda, terutama dalam penggunaannya sehari-hari yang erat kaitannya dengan teknologi.

Contoh nyata dari ini adalah penggunaan aplikasi seperti grab untuk pemesanan makanan, interaksi di media sosial seperti facebook dan twitter, penggunaan gojek untuk transportasi, belanja online untuk keperluan rumah tangga, atau bahkan menikmati bermain game hanya dengan sentuhan di layar ponsel anda.

Fenomena ini menandakan bahwa kita sudah berada di era digital di mana teknologi menjadi bagian integral dari kehidupan modern.

Dalam artikel ini, kita akan mengupas tentang apk, khususnya mengenai mod apk. anda mungkin bertanya-tanya, apa bedanya dengan apk biasa? Apk, yang merupakan singkatan dari android package kit, adalah format file yang dipakai oleh android untuk distribusi dan instalasi aplikasi.

Sementara itu, mod apk adalah versi dari android package kit yang telah diubah untuk memenuhi kebutuhan pengguna tertentu. Sebagai contoh, ketika anda bermain game dengan apk asli yang belum diubah, anda mengikuti aturan yang ditetapkan oleh pembuat game tersebut.

Namun, bila anda menggunakan mod apk, game tersebut telah diadaptasi atau dirancang khusus sesuai kebutuhan pemain tertentu.

Misalnya, membuat karakter dalam game tidak bisa mati, atau menyediakan item dan cash dalam jumlah tak terbatas. Untuk memahami lebih jauh tentang mod apk, dari manfaat hingga risikonya, mari kita lanjutkan pembahasan ini.

Apa itu MOD APK?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang mod apk, mari kita jelaskan terlebih dahulu apa itu mod. Mod adalah kependekan dari kata “Modification”, yang berarti perubahan atau modifikasi.

Dalam konteks ini, modifikasi yang dimaksud adalah perubahan atau penyuntingan pada struktur data dari suatu apk. Perubahan struktur ini meliputi penghapusan dan penambahan aset-aset file sistem, yang umumnya dilakukan oleh pihak ketiga yang bukan pengembang asli, dengan tujuan tertentu.

Contoh dari modifikasi ini termasuk mengubah tampilan antarmuka suatu aplikasi agar lebih ramah pengguna, mempercepat proses sistem yang sedang berlangsung, atau mengeliminasi fitur-fitur tertentu dalam aplikasi yang dirasa mengganggu.

Sampai saat ini, kegiatan mod apk banyak dilakukan pada aplikasi sehari-hari seperti whatsapp, youtube dan terutama pada permainan.

Untuk melakukan modifikasi, seseorang harus memiliki keahlian yang cukup dalam bidang pemrograman komputer. Sebab, seorang modifier (pembuat mod apk) akan mengubah struktur data apk dengan memodifikasi instruksi-instruksi tertentu yang terdapat dalam skrip atau kode program di apk tersebut.

Apakah MOD APK itu Ilegal?

Sebelum kita menyelami topik tentang peraturan dan hukum yang mengatur pembajakan aplikasi serta hal-hal serupa, kita harus terlebih dahulu memahami risiko yang dihadapi oleh pengguna yang terbukti menggunakan mod apk.

Dalam ranah digital, developer memperoleh keuntungan dari transaksi pembelian baik di dalam maupun di luar aplikasi (Microtransaction) yang mereka rancang.

Ambil contoh, ketika anda secara sah membeli aplikasi pembersih terbaik di google play store dan untuk mengakses fitur tambahan anda harus berlangganan dengan membayar biaya bulanan. Ini merupakan cara utama bagi developer untuk menghasilkan keuntungan.

Di sisi lain, pengguna yang memanfaatkan mod apk akan membuat transaksi pembelian di dalam atau di luar aplikasi menjadi tidak valid. Ini menjadi masalah bagi developer karena mengganggu aliran keuntungan dari aplikasi yang mereka kembangkan.

Karena itu, developer resmi dari aplikasi populer seperti pubg, mobile legends, arknights, freefire sangat menentang penggunaan mod, cheat, atau aplikasi pihak ketiga yang dianggap sebagai ancaman. Sanksi untuk pengguna mod juga beragam, mulai dari larangan sementara hingga larangan permanen oleh developer resmi.

Di indonesia sendiri, ada sanksi di mana merubah atau memodifikasi aplikasi tanpa izin dari pembuatnya (Developer) bisa dikenai undang-undang ite pasal 30 ayat 2 & 3 yang menyatakan:

“Setiap orang yang sengaja, tanpa hak atau melawan hukum, mengakses komputer atau sistem elektronik milik orang lain dengan cara apapun untuk memperoleh informasi atau dokumen elektronik.”

“Setiap orang yang sengaja melanggar, menerobos, melampaui, atau menjebol sistem pengamanan (cracking, hacking, illegal access).”

Dari ayat-ayat tersebut, pengguna (yang melakukan modifikasi) dapat dihadapkan dengan ancaman hukuman penjara hingga 7 hingga 8 tahun dan denda maksimal antara Rp700 juta hingga Rp800 juta.

Bahaya dan Risiko MOD APK

Selain terkena hukuman sesuai dengan hukum yang ada, penggunaan mod apk juga memiliki efek buruk lainnya yang sebaiknya dipikirkan sebelum memasangnya pada perangkat pengguna. Berbagai bahaya yang mungkin timbul akibat instalasi mod apk termasuk di antaranya.

1. Terkena blokir

Sering kali, pengguna yang memanfaatkan aplikasi pihak ketiga atau cheat dalam permainan online mendapatkan kritikan tajam dari pengembang game. Hal ini terutama terjadi pada mereka yang memakai mod apk untuk meningkatkan status karakter dalam game. Praktik ini tidak dibiarkan begitu saja oleh pengembang.

Para pengembang game biasanya dapat mendeteksi akun pemain yang menunjukkan aktivitas mencurigakan, seperti mendadak memiliki poin tak terbatas tanpa melakukan transaksi dalam game.

Pemain yang ketahuan curang biasanya akan dihadapi dengan pemblokiran akun mereka secara permanen oleh pengembang setelah periode waktu tertentu.

2. Infeksi virus

Memodifikasi apk sebenarnya berisiko rendah dari segi keamanan, dikarenakan enkripsi awal yang diciptakan oleh pengembang sudah diubah atau didesain ulang, yang berpotensi menghasilkan kesalahan kode (Bad code) yang tidak terdeteksi oleh pengguna.

Salah satu contohnya adalah penambahan virus oleh modifikator yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, disarankan untuk menginstal software antivirus terbaik pada ponsel anda untuk menghindari risiko terinfeksi virus tersebut.

3. Privasi Anda terancam

Saat ini, media sosial telah menjadi platform yang digunakan oleh dua miliar orang di seluruh dunia. Dengan adanya jumlah pengguna yang sangat banyak, tak jarang ditemukan beberapa pihak yang menawarkan versi modifikasi dari aplikasi media sosial populer seperti facebook, twitter dan pinterest, yang menjanjikan fitur-fitur tambahan yang tidak tersedia di versi resmi.

Namun, mengunduh dan menggunakan aplikasi semacam ini berarti anda memberikan kesempatan kepada pihak-pihak tertentu untuk mengakses dan membahayakan data pribadi anda.

Sebagai alternatif yang lebih aman, disarankan untuk tetap menggunakan versi resmi aplikasi yang tersedia di google play store.

Bahkan jika aplikasi tersebut terasa berat di perangkat anda, google play store menyediakan versi ringan dan resmi dari aplikasi-aplikasi tersebut, seperti youtube go, facebook lite dan twitter lite.

4. Memicu Adware

Alternatif lain yang mungkin timbul dari penggunaan mod apk adalah kemunculan iklan. Hal ini terjadi karena para pembuat modifikasi juga berkeinginan untuk memperoleh keuntungan dari aplikasi yang telah mereka modifikasi.

Mereka seringkali melakukan ini dengan cara memasukkan iklan di berbagai bagian antarmuka aplikasi yang digunakan oleh pengguna mod apk.

5. Merugikan developer

Para pengembang menjadi korban utama dari keberadaan mod apk. Ini terjadi karena mod apk melibatkan proses modifikasi, seperti mengubah, mengganti, atau menghapus elemen dari struktur enkripsi data yang aslinya dikembangkan oleh pengembang.

Pengembang biasanya mendapatkan keuntungan melalui transaksi di dalam atau di luar aplikasi, seperti mikrotransaksi untuk menambah fitur, mengubah tampilan, memperpanjang masa pakai aplikasi dan lain-lain.

Akan tetapi, pengguna dapat mengakses fitur-fitur ini secara gratis melalui mod apk. Walaupun pengguna mungkin merasa diuntungkan dengan akses gratis ini, para pengembang justru merugi karena aplikasi yang mereka kembangkan menjadi kurang bernilai.

Akibatnya, produk digital yang dikembangkan tersebut bisa kehilangan pasar dan bahkan berisiko dihapus dari google play store.

Penutup,

Mod apk menawarkan kemudahan yang tidak tersedia pada apk resmi dari pengembang. Namun, mod apk bisa berisiko tinggi bagi penggunanya. Di sisi lain, pengembang resmi tentu telah memikirkan dengan seksama alasan dan cara mereka membuat aplikasi.

Tujuan utamanya adalah agar produk digital mereka bisa menghasilkan keuntungan, sehingga aplikasi tersebut bisa terus berkembang dan dinikmati oleh penggunanya. Kelebihan yang ditawarkan mod apk tidak sepadan dengan risiko dan bahaya yang mungkin dihadapi oleh penggunanya.

Bagikan artikel ini di media sosial anda untuk manfaat yang lebih luas. Jika anda memiliki pertanyaan atau pendapat, silakan tulis di kolom komentar di bawah. Terima kasih!

Fungsi mod apk adalah menyediakan layanan atau fitur yang tidak ada pada aplikasi asli, sehingga memberikan kemudahan bagi penggunanya.

Perbedaan antara mod apk dan apk adalah bahwa mod apk merupakan aplikasi yang telah diubah enkripsinya oleh modifikator untuk menciptakan apk baru dengan layanan dan fungsi yang berbeda dari aslinya.

Sementara itu, apk adalah aplikasi resmi untuk android yang dirancang secara kompleks sesuai dengan kebutuhan pengembang resminya.

Menggunakan mod apk tidak masalah asalkan apk tersebut bukan untuk aplikasi yang memerlukan login ke akun, seperti media sosial, karena bisa berisiko penipuan digital seperti phishing.

Mengenai hukum resmi, memodifikasi atau mengubah aplikasi tanpa izin dari pembuatnya (Developer) bisa melanggar undang-undang ite pasal 30.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *