Mengenal Apa Itu LINE – Sejarah, Fitur, Fungsi, Kelebihan & Kekurangan

Mengenal Apa Itu LINE – Sejarah, Fitur, Fungsi, Kelebihan & Kekurangan
Mengenal Apa Itu LINE – Sejarah, Fitur, Fungsi, Kelebihan & Kekurangan ( line.me )

Perkembangan teknologi informasi yang pesat telah mendorong perusahaan teknologi untuk terus berinovasi dan menghadirkan fitur-fitur baru dengan tujuan untuk menarik sebanyak mungkin pengguna serta membuat mereka nyaman menggunakan platform tersebut. Salah satu aplikasi pesan populer di kalangan anak muda indonesia adalah line.

Walaupun line tidak sepopuler whatsapp, aplikasi ini memiliki berbagai keunggulan yang unik, seperti line webtoon, line today dan koleksi stiker yang beragam.

Berdasarkan data dari we are social yang dilansir oleh alinea.id, jumlah pengguna line di indonesia pada tahun 2019 mencapai 89 juta orang. Jumlah ini menunjukkan bahwa line memiliki basis pengguna yang cukup besar di indonesia, dengan mayoritas penggunanya (80 persen) adalah remaja dan milenial.

Melalui artikel ini, saya akan memberikan penjelasan yang komprehensif tentang line, termasuk fitur-fitur, manfaat, kelebihan, serta kekurangannya.

Penjelasan ini diharapkan dapat membantu mereka yang belum familiar dengan aplikasi line agar dapat lebih memahami dan memanfaatkannya. Berikut adalah ulasan lengkapnya!

Pengertian LINE Secara Umum

Line adalah sebuah platform pesan instan yang memungkinkan individu untuk berkomunikasi secara online melalui jaringan internet. Aplikasi ini telah meraih popularitas tinggi di lebih dari 42 negara, termasuk indonesia.

Pengguna line dapat berinteraksi dengan sesama pengguna melalui berbagai jenis pesan, seperti teks, gambar, foto, video, audio dan lainnya. Selain itu, line telah mendukung berbagai sistem operasi, termasuk android, ios (iPhone), windows, macos, blackberry dan firefox os.

Untuk pengguna android, aplikasi line dapat diunduh melalui google play store, sementara pengguna ios (iPhone) dapat mengunduhnya dari app store. Pengguna windows dapat memperoleh aplikasi line melalui windows store.

Selain itu, aplikasi ini juga tersedia untuk diunduh melalui berbagai sumber pihak ketiga yang banyak tersedia di internet.

Selain versi line standar yang memiliki ukuran yang cukup besar, perusahaan juga telah mengembangkan line lite, yang memiliki ukuran yang lebih kecil dan lebih hemat penggunaan sumber daya.

LINEAplikasi line standar dengan ukuran lebih besar dengan kostumisasi tampilan lebih banyak.
LINE LiteAplikasi line dengan ukuran lebih kecil dan ringan dengan fitur dan fungsi yang sama dengan line standar.

Sejarah Aplikasi LINE

PengembangLINE Corporation
Sistem OperasiiOS, Android, Windows Phone, BlackBerry, Microsoft Windows, Mac OS X, NOKIA Asha series, Firefox OS
JenisPengiriman pesan instan
LisensiPerangkat lunak milik perorangan
Situs webline.me/en

Pada mulanya, line dirancang sebagai respons terhadap bencana tahun 2011 di tohoku, jepang. Ketika itu, negara jepang sedang dilanda tsunami yang mengganggu sistem komunikasi secara nasional.

Nhn jepang, sebuah unit dari nhn corporation korea selatan, kemudian memutuskan untuk mengandalkan sumber daya berbasis internet. Mereka memilih untuk mengembangkan line sebagai alat komunikasi dan merilisnya ke publik pada bulan Juni tahun tersebut.

Kehadiran line berhasil memenuhi kebutuhan publik dan memberikan bantuan yang diperlukan. Pada akhir oktober 2011, line telah mendapatkan banyak pengguna hingga mengakibatkan beban berat pada server mereka.

Sebagai solusi, mereka memutuskan untuk meningkatkan skalabilitas dengan mengadopsi penyimpanan hbase untuk profil pengguna, kontak dan grup. Dalam waktu enam bulan sejak peluncuran, line telah memiliki lebih dari 100 juta pengguna dan pada akhir november 2013, jumlah pengguna line telah melampaui 300 juta.

Pada bulan april 2014, line mengumumkan bahwa mereka sudah memiliki lebih dari 400 juta pengguna. Hingga tahun 2017, jumlah pengguna line terus bertumbuh hingga mencapai 700 juta.

Selain menyediakan aplikasi pesan instan, line juga terus mengembangkan fitur lain seperti line pay, line taxi, line wow, line man, line today, line shopping dan banyak lagi.

Fitur Aplikasi LINE

Sebagai platform pesan sosial, line telah memperkenalkan sejumlah fitur menarik yang belum tersedia di aplikasi serupa.

Di indonesia, line sering digunakan untuk hiburan, terutama dengan line today dan webtoon yang populer. Di bawah ini, kami akan menyebutkan beberapa fitur menarik yang dapat anda temukan di aplikasi line.

1. Chat, Voice Call, Video Call, Story dan Group

Seperti kebanyakan aplikasi obrolan lainnya, line memungkinkan penggunanya untuk melakukan berbagai kegiatan komunikasi, seperti mengirim pesan teks, stiker, gambar, foto, video, melakukan panggilan suara, panggilan video, bergabung dalam grup atau komunitas dan berbagi aktivitas melalui fitur cerita.

Tidak hanya itu, pengguna juga bisa saling berbagi berbagai jenis file lampiran, termasuk dokumen, rar, zip, jpg, png dan sebagainya. Selain itu, line juga memfasilitasi berbagi kontak, lokasi, file yang disimpan (keep) pembagian biaya, polling, jadwal dan berbagai fitur lainnya.

2. Sticker dan Tema

Ketika kita membicarakan tentang Sticker, tidak ada yang bisa mengalahkan line. Line menawarkan berbagai macam stiker yang menggemaskan dan unik, sesuatu yang sulit ditemukan di platform pesan lainnya seperti whatsapp, telegram, atau aplikasi pesan pesaing lainnya. Tidak ada yang sekomprehensif line dalam hal stiker.

Dengan fitur toko stiker, pengguna bisa mengunduh berbagai pilihan stiker, baik yang gratis maupun yang berbayar.

Selain itu, line juga memberikan opsi kustomisasi tampilan dengan berbagai tema unik dan menarik. Sayangnya, semua tema ini berbayar, sehingga pengguna harus membeli koin sesuai dengan harga yang berlaku melalui google play, gopay, atau kartu kredit/debit.

3. LINE Jobs

Bagi pengguna line yang sedang mencari pekerjaan, mereka dapat menggunakan fitur line jobs untuk menemukan lowongan pekerjaan.

Dengan fitur ini, pengguna dapat mencari pekerjaan di sekitar lokasi mereka dengan aman, karena line bekerja sama dengan situs-situs lowongan kerja yang resmi dan terpercaya, sehingga tidak perlu khawatir tentang adanya penipuan.

4. LINE Shopping

Selanjutnya, ada line shopping yang memungkinkan pengguna untuk mencari produk dari berbagai marketplace melalui aplikasi line.

Line shopping berkolaborasi dengan iprice, sebuah situs perbandingan harga yang mencakup banyak marketplace terkemuka di indonesia, termasuk tokopedia, bukalapak, lazada, blibli dan shopee.

Di line shopping, anda dapat menemukan berbagai macam kebutuhan, mulai dari pakaian seperti celana dan kaos, hingga perangkat seperti charger, laptop dan bahkan suplemen.

5. Watch Now

Selanjutnya, terdapat opsi watch now yang memungkinkan pengguna untuk menikmati berbagai video hiburan dan informasi menarik yang telah disediakan oleh line today.

Selain dapat diakses melalui aplikasi, pengguna juga memiliki kemampuan untuk menonton video line today melalui situs resmi line today yang dapat diakses melalui peramban pada perangkat smartphone atau komputer.

6. LINE Today

Line today adalah sebuah platform berita yang memuat beragam informasi menarik mengenai dunia artis, hiburan, permainan, otomotif, musik, teknologi dan topik lainnya.

Line today merupakan bagian dari line corporation yang telah berkolaborasi dengan berbagai media terkemuka di indonesia seperti kompas, liputan6, medcom, kumparan dan lain-lain. Pengguna dapat mengakses line today baik melalui aplikasi line maupun melalui peramban web.

7. LINE Webtoon

Line webtoon adalah sebuah platform webtoon yang telah dikembangkan oleh naver corporation di korea selatan sejak tahun 2004. Di sini, pengguna dapat menemukan berbagai komik yang seru dan menghibur setiap harinya tanpa dipungut biaya.

Line telah menjalin kerja sama erat dengan naver corporation, memungkinkan pengguna line untuk mengakses seluruh koleksi komik melalui aplikasi line atau dengan mengunduh aplikasi line webtoon melalui google play dan app store.

Untuk pengalaman yang lebih stabil dan cepat dalam menikmati komik-komiknya, disarankan kepada pengguna untuk mengunduh aplikasi line webtoon, bukan mengaksesnya melalui aplikasi line.

8. Keep

Keep adalah layanan penyimpanan cloud yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan berbagai jenis berkas seperti foto, gambar, video, tautan, teks, dan lainnya.

Line keep memiliki batasan penyimpanan sebesar 1 gb. Dengan memanfaatkan fitur ini, pengguna dapat dengan mudah berbagi berkas seperti foto, video, dan berbagai format lainnya.

9. LINE Pay

Pada tanggal 16 desember 2014, line pay corporation mengenalkan fitur line pay yang memungkinkan pengguna untuk mengirim uang ke sesama pengguna line dan melakukan pembayaran di berbagai toko dan minimarket.

Layanan ini terus berkembang seperti layanan pembayaran digital pada umumnya. Selain menyediakan opsi pembayaran, pemilik usaha juga dapat mengintegrasikan line pay dengan aplikasi pos (Point of sales) untuk mempermudah pengelolaan transaksi. Saat ini, line pay telah tersedia di negara-negara seperti jepang, taiwan dan thailand.

10. LINE Taxi

Pada bulan januari 2015, line memperkenalkan fitur terbaru yang dikenal dengan nama linetaxi. Mirip dengan aplikasi go-jek dan grab yang ada di indonesia, line taxi memungkinkan pengguna untuk melakukan pemesanan taksi secara online.

Kolaborasi line dengan nihon kotsu, sebuah layanan taksi online di jepang, menjadi kunci dalam penyediaan layanan ini.

Selain itu, pengguna juga memiliki kemudahan untuk melakukan pembayaran otomatis dengan menghubungkan aplikasi line ke line pay. Saat ini, fitur ini hanya tersedia untuk digunakan di jepang.

11. LINE TV

Line tv adalah platform video on demand yang dapat diakses di taiwan dan thailand, menyediakan pengguna dengan akses ke berbagai layanan streaming menarik seperti tv shows, tv originals dan beragam kategori lainnya, termasuk drama, film, musik, hiburan, y-series, gaya hidup dan banyak lagi.

Fungsi dan Manfaat Aplikasi LINE

Aplikasi pesan instan seperti line bukan hanya digunakan sebagai alat komunikasi dan pertukaran informasi antara pengguna, tetapi telah berkembang menjadi platform yang berperan dalam berbagai aspek, termasuk dalam dunia bisnis, hiburan, pelayanan dan bahkan transaksi pembayaran.

Namun, pada dasarnya, berikut adalah beberapa fungsi dan keuntungan yang dapat diperoleh saat menggunakan aplikasi line;

1. Media komunikasi personal dan publik

Aplikasi line telah dirancang sebagai platform komunikasi yang memungkinkan pengguna untuk saling berinteraksi secara pribadi maupun dalam skala yang lebih luas. Pengguna dapat bertukar pesan teks, gambar, foto, video dan berbagai jenis file lainnya dengan mudah melalui jaringan internet tanpa biaya tambahan.

Dalam upaya menjaga keamanan komunikasi, line mengimplementasikan teknologi enkripsi end-to-end untuk melindungi pesan-pesan pribadi maupun grup, serta panggilan suara dan video.

Fitur terbaru juga memungkinkan pengguna untuk mengadakan pertemuan dengan cara mengundang anggota atau menggunakan tautan khusus. Namun, perlu diingat bahwa jumlah anggota yang dapat bergabung dalam sebuah pertemuan line terbatas, dengan batasan maksimum hingga 50 anggota.

2. Media hiburan dan bisnis

Line menyuguhkan sejumlah fitur hiburan yang menghibur dan menarik perhatian pengguna. Pengguna dapat berinteraksi satu sama lain melalui kolom komentar yang tersedia di line today dan line webtoon.

Melalui platform ini, pengguna dapat menemukan berita terbaru seputar dunia hiburan dan artis terkini. Di line webtoon, pengguna juga bisa menikmati berbagai jenis komik yang seru, lucu dan romantis, semuanya dapat diakses tanpa biaya.

Khusus bagi pengguna line di jepang, mereka memiliki akses ke line pay sebagai solusi pembayaran dan line taxi untuk memesan taksi secara online. Meskipun fitur ini masih terbatas, mereka telah membantu masyarakat dalam memperbaiki kondisi ekonomi mereka.

3. Media penyimpanan dan berbagi

Fitur keep memungkinkan pengguna menyimpan berbagai jenis file, termasuk teks, foto, gambar, video, audio, dokumen, tautan dan lainnya. Ini mempermudah pengguna dalam berbagi file secara efisien dan cepat tanpa perlu mencarinya satu per satu.

Pengguna line dapat saling berbagi file baik melalui obrolan pribadi maupun dalam grup atau komunitas.

Sementara itu, dalam fitur terbaru di timeline, pengguna dapat membuat cerita berupa foto atau video dengan tambahan efek serupa seperti yang ada di instagram dan facebook.

4. Jaringan pertemanan tanpa batas

Line mengintegrasikan diri dengan semua kontak yang ada di ponsel pengguna. Hal ini berarti bahwa pengguna yang telah mendaftar di line akan secara otomatis terhubung dengan pengguna lainnya, mirip dengan fitur yang dimiliki oleh aplikasi chat seperti whatsapp, telegram, messenger dan lainnya.

Selain itu, menariknya, line memiliki kapasitas grup yang lebih besar dibandingkan whatsapp, yang hanya membatasi hingga 256 anggota dalam satu grup.

Line memungkinkan hingga 500 anggota (termasuk admin) dalam satu grup, sehingga membuatnya menjadi pilihan yang ideal untuk membuat grup atau komunitas dengan jaringan pertemanan yang lebih luas.

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi LINE

Walaupun line memiliki beragam fitur yang cukup lengkap, tidak dapat dipungkiri bahwa aplikasi ini memiliki keunggulan dan kelemahan. Pengguna dapat menemukan baik sisi positif maupun negatif dari aplikasi line berikut ini.

Kelebihan LINE

  • Line dapat dimanfaatkan secara cuma-cuma. Seperti yang kita ketahui, pengguna bisa mengakses line tanpa dipungut biaya melalui koneksi internet.
  • Kapasitas anggota grup cukup besar. Berbeda dengan whatsapp yang memiliki batasan 256 anggota, line memungkinkan hingga 500 anggota dalam satu grup.
  • Dapat diakses di berbagai platform. Line telah dirancang untuk berjalan pada berbagai sistem operasi populer saat ini seperti android, ios, windows phone, microsoft windows, mac os, nokia asha series dan firefox os. Beberapa platform mungkin telah dihentikan dukungannya dan line juga mungkin telah menghentikan pengembangan aplikasi untuk platform tersebut.
  • Stiker line tak tertandingi. Line menawarkan berbagai pilihan stiker yang lucu dan unik yang mungkin jauh lebih baik daripada stiker yang ditawarkan oleh aplikasi pesan instan lainnya. Untuk mengaksesnya, pengguna dapat membelinya dengan menggunakan poin atau melakukan pembayaran melalui google play atau pulsa.
  • Line lite tersedia. Bagi pengguna ponsel dengan spesifikasi rendah, yang memiliki memori internal dan ram terbatas, direkomendasikan untuk menggunakan line lite yang memiliki ukuran dan konsumsi sumber daya yang lebih ringan.

Kekurangan LINE

  • Untuk menggunakan line dengan lancar, diperlukan koneksi internet yang stabil. Ini sangat penting terutama saat mengakses konten line today, streaming video di watch now, atau membaca komik di line webtoon.
  • Aplikasi line memiliki ukuran yang cukup besar, sehingga dapat menghabiskan banyak ruang penyimpanan internal dan ram pada perangkat. Bagi pengguna smartphone dengan spesifikasi rendah, ada alternatif yaitu line lite yang memiliki ukuran yang lebih kecil.
  • Sayangnya, semua tema line tidak tersedia secara gratis, sehingga pengguna perlu membayar untuk mengakses dan menginstal tema-tema tersebut guna menyesuaikan tampilan aplikasi sesuai dengan preferensi mereka.
  • Beberapa fitur unggulan seperti line pay, line taxi dan line tv masih belum tersedia untuk semua negara, sehingga hanya dapat dinikmati oleh sebagian pengguna yang berada di negara tertentu.

Kesimpulan,

Di indonesia, sekitar 80% pengguna line adalah remaja yang aktif. Mereka terpesona oleh berbagai fitur menarik seperti sticker, webtoon, line today, line shopping dan banyak lagi yang membuat mereka tetap setia menggunakan aplikasi line.

Selain itu, pembuatan sticker di line sekarang jauh lebih mudah, yang mengakibatkan pertumbuhan pesat komunitas kreator sticker line. Untuk membuat sticker, pengguna hanya perlu mengambil foto, melakukan sedikit editing, menambahkan beberapa kata dan voila, sticker siap digunakan.

Inilah informasi terkait line, dari sejarah dan fiturnya hingga manfaatnya. Mari bagikan artikel ini di media sosial agar lebih banyak orang bisa menggunakannya dengan bijak. Jika anda memiliki pertanyaan atau komentar, jangan ragu untuk menulisnya di kolom komentar di bawah. Terima kasih dan selamat mencoba!

Apa yang dimaksud dengan line? Line adalah aplikasi pesan instan yang memungkinkan pengguna berkomunikasi melalui pesan teks, suara, video dan sticker.

Siapa yang bertanggung jawab atas pembuatan line? Awalnya, line dikembangkan oleh nhn corporation, tetapi saat ini dimiliki oleh lee hae-jin, chairman naver, yang merupakan pemilik line.

Bagaimana cara membuat akun line? Untuk membuat akun line, pengguna dapat mengunduh aplikasi line dari google play store untuk perangkat android atau app store untuk ios (iPhone). Setelah itu, lakukan pendaftaran dengan menggunakan nomor telepon. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *