Mengenal Apa itu Device Manager? Pengertian dan Fungsi Device Manager

Mengenal Apa itu Device Manager? Pengertian dan Fungsi Device Manager
Mengenal Apa itu Device Manager? Pengertian dan Fungsi Device Manager ( guidingtech.com )

Sebagai pengguna, rasa ingin tahu tentang kondisi komputer yang digunakan sering kali muncul. Ini bisa ditunjukkan melalui kegiatan seperti memindai virus dengan antivirus atau membersihkan registry dengan alat seperti ccleaner.

Tindakan ini tidak hanya menjaga performa komputer agar tetap prima, tapi juga menunjukkan kepedulian pengguna terhadap keamanan dan kesehatan komputernya, terutama dalam menghadapi virus atau risiko keamanan lainnya.

Namun, jika anda mengalami masalah di mana hardware komputer tidak berfungsi dengan baik, masalahnya mungkin bukan pada perangkat keras, melainkan pada driver-nya.

Untuk memeriksa kondisi driver dari hardware yang terpasang di komputer anda, perlu dilakukan pemeriksaan melalui device manager, sebuah fitur yang terintegrasi dalam sistem operasi windows.

Anda mungkin bertanya-tanya, apa itu device manager? Untuk pemahaman yang lebih mendalam tentang definisi dan fungsi device manager, mari kita bahas lebih lanjut.

Pengertian Device Manager

Device manager merupakan fasilitas pengelolaan dalam sistem operasi windows dari microsoft. Fungsi utama dari aplikasi standar windows ini adalah memperbolehkan pengguna untuk memantau dan mengelola perangkat keras yang terhubung ke komputer.

Apabila ada perangkat keras yang mengalami kendala, Device manager akan menandainya agar pengguna dapat menanganinya.

Untuk membuka device manager di berbagai versi windows, metode yang paling sederhana adalah dengan menekan tombol windows + r. Setelah itu, ketik “devmgmt.msc” di kolom pencarian dan tekan enter. Pada windows 10 atau 8, ada alternatif lain yaitu dengan mengklik kanan di sudut kiri bawah layar dan memilih device manager.

Fungsi Device Manager

Berikut ini adalah beberapa peranan dan keuntungan menggunakan device manager:

  • Mengawasi kondisi semua perangkat dalam sistem komputer.
  • Mengatur aturan tentang proses mana yang diberi akses ke perangkat dan berapa lama akses itu diberikan.
  • Menyediakan dan mencabut akses perangkat untuk berbagai proses dan tugas yang ada dalam komputer.

Cara membuka Device Manager

Meski cara membuka device manager sudah diuraikan sebelumnya, penulis akan memberikan penjelasan lebih detail tentang langkah-langkah membuka device manager di berbagai versi windows untuk mempermudah pemahaman.

Windows 10

  • Untuk memulai, arahkan kursor anda ke menu start yang berada di sudut kiri bawah pada windows 10 dan klik kanan.
  • Dari daftar pilihan yang muncul, pilih “Device manager”.

Windows 8

  • Awalnya, tekan tombol start pada layar anda.
  • Setelah itu, masukkan kata “Device Mmnager” dan tekan tombol “Enter”.

Windows 7

  • Pertama-tama, tekan tombol kanan pada ikon start dan pilih control panel.
  • Kemudian, temukan dan pilih opsi “Device manager”.

Windows XP

  • Awalnya, tekan tombol start yang terletak di sudut kiri bawah layar » kemudian pilih opsi “My computer”.
  • Selanjutnya, cari dan temukan opsi “Device manager”, lalu lakukan klik pada opsi tersebut.

Kategori perangkat terhubung pada Device Manager

Kategori DeviceDeskripsi
Audio Inputs & OutputsSebuah list device yang mencantumkan semua perangkat audio input dan output. Contohnya seperti mikrofon, speaker komputer dan perangkat audio USB.
BatteriesDevice yang berfungsi dalam menampilkan komponen hardware yang memasok daya ke perangkat komputer.
BluetoothKontrol device yang memberikan teknologi nirkabel dengan menggunakan frekuensi radio untuk berbagi data dalam jarak tertentu.
ComputerMenampilkan kondisi driver perangkat elektronik yang anda pakai saat ini.
Display AdaptersSebuah perangkat keras yang dipasang ke komputer untuk menghasilkan gambar visual.
DVD/CD-ROM DriversPerangkat disk optik dalam sistem komputer yang memungkinkan anda menggunakan CD, DVD dan disk Blu-ray untuk mendengarkan musik atau menonton film serta kebutuhan lainya.
Human Interface DevicesHuman Interface devices (HID) adalah definisi kelas perangkat untuk menggantikan konektor ps/2 dengan Driver USB generik (Plug and Play) untuk mendukung perangkat HID seperti keyboard, mouse, game controller, dll.
IDE ATA/ATAPI controllersIDE Controller, juga dikenal sebagai ATA Controller adalah sistem paralel antarmuka asinkron antara sistem mikroprosesor host dan perangkat IDE standar. Perangkat ini bisa disebut sebagai host adaptor karena menyediakan cara untuk menghubungkan perangkat IDE dengan host.
Imaging DevicesDevice ini memungkinkan Anda untuk memperbarui Driver untuk perangkat dalam mengelola gambar yang ada dalam komputer.
KeyboardsPerangkat input yang memungkinkan seseorang dalam memasukkan huruf, angka, dan simbol lain ke dalam komputer.
Mice and Other Pointing devicesPerangkat input untuk komputer, seperti mouse, joystick, atau trackball. Di mana pengguna dapat memanipulasi kursor pada layar komputer.
MonitorsMonitor adalah perangkat keluaran elektronik yang dikenal sebagai terminal dalam menampilkan video (VDT) atau unit tampilan video (VDU). Hardware ini digunakan untuk menampilkan gambar, teks, video, dan informasi grafik yang dihasilkan oleh komputer.
Network AdaptersKomponen perangkat keras internal komputer yang digunakan untuk berkomunikasi melalui jaringan dengan komputer lain.
Print QueuesDaftar perintah keluaran printer yang disimpan dalam area memori yang telah di antri kan. Perangkat ini mempertahankan status terbaru dari semua pekerjaan cetak yang aktif dan menunggu keputusan perintah dari user.
ProcessorsProcessor atau juga dikenal sebagai CPU, bertugas dalam memberikan instruksi dan daya pemrosesan yang dibutuhkan komputer.
Software devicesSekumpulan instruksi, data atau program yang digunakan untuk mengoperasikan komputer dalam menjalankan tugas tertentu.
Sound, video and games controllersPerangkat input yang digunakan untuk memainkan video game atau sistem yang dipakai untuk memberikan input dalam menjalankan video game melalui Hardware seperti Joystick dan sejenisnya.
Storage ControllersPerangkat yang mengontrol larik penyimpanan yang terdiri dari tiga jenis komponen “CPU”, “memori cache”, dan “koneksi antarmuka dengan jaringan dan perangkat memori.” Ini juga disebut “Storage Processor” atau “Pengontrol Array”.
System DevicesPerangkat pada System Board, seperti pengontrol keyboard, jam, register DMA, pengontrol DMA, pengontrol memori, FDC, port IDE, port serial paralel, PCI bridge, dan sebagainya.
Universal Serial Bus ControllersMerupakan perangkat antarmuka yang memungkinkan komunikasi antara device dan pengontrol host seperti PC atau smartphone. Perangkat Ini menghubungkan perangkat periferal seperti kamera digital, mouse, keyboard, printer, scanner, hard drive eksternal, dan flash drive.

Perintah manajemen pada Device Manager

Dalam Device Manager, pengguna disajikan berbagai opsi dalam bahasa Inggris untuk mengelola atau menentukan tindakan terhadap Driver yang terpasang di komputer. Driver ini bertindak sebagai penghubung antara perangkat lunak dan perangkat keras, memastikan bahwa perangkat di komputer beroperasi sebagaimana mestinya. Beberapa opsi yang tersedia meliputi:

  • Rincian Driver: Menyediakan informasi terbaru tentang Driver yang terpasang di komputer.
  • Perbarui Driver: Fitur ini digunakan untuk meng-update Driver yang telah lama. Pengguna umumnya memilih “Cari Secara Otomatis secara Online” untuk menemukan Driver yang paling cocok dengan perangkat komputer mereka.
  • Kembalikan Driver: Opsi ini sering digunakan ketika Driver terbaru yang terpasang tidak kompatibel atau tidak berfungsi dengan baik. Dengan fitur ini, anda bisa kembali ke versi Driver sebelumnya yang sudah terpasang di komputer.
  • Nonaktifkan: Opsi ini digunakan untuk menonaktifkan Driver tertentu hingga diaktifkan kembali dengan menggunakan perintah Aktifkan.
  • Copot Pemasangan: Opsi ini umumnya dikenal oleh banyak pengguna, digunakan untuk menghapus instalasi aplikasi atau perangkat lunak dari komputer, dalam konteks ini, untuk mencopot pemasangan Driver.

Cara update driver melalui Device Manager

Jika anda sering menemui masalah saat menggunakan hardware komputer, ada beberapa alasan yang mungkin menjadi penyebabnya. Contohnya, driver pada perangkat anda mungkin sudah ketinggalan zaman dan memerlukan pembaruan. Windows memiliki fitur yang memudahkan pengguna untuk memperbarui driver melalui Device Manager. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya:

  • Buka menu Start dengan klik kanan, lalu pilih “Device Manager”.
  • Temukan dan klik dua kali perangkat yang bermasalah.
  • Setelah muncul beberapa opsi, klik kanan pada driver dan pilih “Update Driver”.
  • Pilih opsi “Search automatically for updated Driver Software”.
  • Tunggulah hingga proses pengunduhan selesai.
  • Setelah instalasi selesai, restart komputer anda untuk melihat perubahannya.
  • Proses selesai.

Kesimpulan,

Device Manager adalah sebuah fitur dalam sistem operasi Windows yang memungkinkan pengguna untuk melihat dan mengelola perangkat keras komputer. Fitur ini memudahkan pengguna dalam mengidentifikasi perangkat keras yang bermasalah atau tidak berfungsi dengan benar, yang biasanya ditunjukkan dengan ikon peringatan berwarna kuning pada driver.

Demikian penjelasan singkat tentang Device Manager, termasuk fungsinya dan cara menggunakannya. Bagikan artikel ini di media sosial anda untuk informasi yang berguna dan bermanfaat. Jika anda memiliki pertanyaan atau komentar, silakan tulis di kolom komentar di bawah. Terima kasih!

Untuk membuka Device Manager, cara yang paling cepat adalah dengan menekan tombol Windows dan kemudian tombol “R”. Setelah itu, ketik “devmgmt.msc” dan tekan Enter.

Fungsi utama dari Device Manager adalah untuk mengatur perangkat yang terhubung ke komputer melalui driver yang telah terpasang pada sistem operasi Windows.

Untuk memperbarui driver menggunakan Device Manager, buka Device Manager, pilih perangkat yang ingin diupdate, klik pada bagian Driver, lalu cari dan klik opsi “Update Driver”.

Untuk menonaktifkan perangkat di Device Manager, buka Device Manager, klik pada perangkat yang ingin dinonaktifkan, klik bagian Driver, cari dan klik opsi “Disable”. Untuk mengaktifkannya kembali, ikuti langkah yang sama dan pilih “Enable”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *