Kepengen Foto Jadi Menarik dan Aesthetic? Ini 9 Aplikasi Edit Foto Terbaik yang Bisa Anda Coba

Kepengen Foto Jadi Menarik dan Aesthetic? Ini 9 Aplikasi Edit Foto Terbaik yang Bisa Anda Coba
Kepengen Foto Jadi Menarik dan Aesthetic? Ini 9 Aplikasi Edit Foto Terbaik yang Bisa Anda Coba ( wallpapers.com )

Untuk menghasilkan karya foto yang istimewa, diperlukan perhatian ekstra dan tidak bisa dilakukan secara asal. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan untuk menangkap gambar atau momen yang mengagumkan.

Salah satu aspek yang sangat penting dalam dunia fotografi adalah penggunaan aplikasi pengeditan foto.

Fungsi utama dari aplikasi pengeditan foto adalah untuk memperbaiki hasil jepretan kamera yang mungkin tidak sempurna sesuai dengan visi anda.

Hal ini melibatkan penyesuaian berbagai elemen seperti pencahayaan, kontras, warna dan sebagainya. Untuk menciptakan karya fotografi yang memukau, konsistensi dalam latihan juga sangat diperlukan.

Anda dapat mengakses aplikasi pengeditan foto terbaik ini dengan menggunakan smartphone. Namun, jika anda memerlukan pengeditan foto yang lebih kompleks, komputer atau pc juga bisa menjadi pilihan. Semuanya tergantung pada kebutuhan dan preferensi anda saat melakukan pengeditan foto.

Dengan demikian, berikut ini kami sajikan daftar aplikasi pengeditan foto terbaik yang telah kami rangkum untuk para penggemar seni fotografi. Selamat membaca!

1. Adobe Photoshop Express

Aplikasi edit foto terbaik yang pertama adalah adobe photoshop express. Jika anda sering melakukan edit foto, tentunya anda sudah sangat familiar dengan aplikasi ini. Aplikasi ini buatan adobe dan merupakan salah satu alat edit foto yang sangat cepat dan mudah digunakan, cocok untuk pemula dan profesional.

Tampilan adobe photoshop express sangat minimalis dan sederhana, menjadikannya pilihan yang ideal bagi mereka yang menghargai keindahan visual.

Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur editing seperti pemotongan, penyejajaran, rotasi, pembalikan foto dan lain sebagainya. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur blemish dan removal yang berguna untuk membersihkan foto dari kotoran atau noda yang mengganggu.

2. Adobe Photoshop Lightroom

Salah satu aplikasi pengeditan foto terbaik yang kedua adalah adobe photoshop lightroom. Aplikasi ini bisa dianggap sebagai versi portabel dari perangkat lunak adobe lightroom yang biasa digunakan di komputer. Adobe photoshop lightroom bisa menjadi pilihan utama anda untuk mengedit foto melalui smartphone.

Cara penggunaan aplikasi ini hampir sama dengan versi perangkat lunaknya. Bahkan, beberapa orang berpendapat bahwa adobe photoshop lightroom versi smartphone lebih mudah digunakan.

Selain itu, adobe photoshop lightroom dapat membantu anda menghapus objek yang mengganggu dalam foto anda, sehingga hasil akhirnya terlihat lebih mulus dan sempurna. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan dan mempertajam warna foto.

Sebagai salah satu aplikasi pengeditan foto terbaik, adobe photoshop lightroom menyediakan beragam fitur lengkap dan filter yang menarik. Adobe juga menyediakan penyimpanan berukuran 20gb hingga 1tb untuk menyimpan hasil edit foto anda. Meskipun aplikasi ini gratis, beberapa fitur hanya dapat diakses dengan meng-upgrade ke versi premium.

3. Unfold

Bagi para penggemar instagram yang sangat aktif di media sosial ini, unfold bisa menjadi salah satu pilihan yang sangat bagus untuk membuat berbagai cerita atau reel yang benar-benar eye-catching. Awalnya, unfold diciptakan khusus untuk membantu pengguna instagram yang sering berbagi konten melalui instagram story.

Namun, tidak hanya itu, seiring dengan kemunculan fitur reels sebagai bentuk video pendek di instagram, sekarang anda dapat dengan mudah mengedit foto dan video, terutama karena format cerita dan reel hampir sama.

Dengan menggunakan unfold sebelum membagikan foto atau video anda di media sosial, anda dapat membuat konten yang lebih menarik dan berkesan.

Selain itu, unfold juga menyediakan fitur untuk mengubah hasil editan anda menjadi format gif. Oleh karena itu, unfold sangat cocok bagi mereka yang memiliki tingkat kreativitas yang tinggi.

Namun, perlu diingat bahwa unfold hingga saat ini masih fokus pada dukungan untuk instagram dan belum memiliki rencana untuk mendukung media sosial lainnya. Unfold tetap setia dalam memberikan fitur pengeditan foto dan video yang mendukung pengguna instagram.

4. Afterlight

Aplikasi edit foto terbaik berikutnya adalah afterlight. Afterlight sering disebut sebagai salah satu aplikasi edit foto yang menawarkan berbagai jenis efek dan filter dengan antarmuka yang minimalis kepada pengguna.

Selain itu, afterlight juga sangat user-friendly untuk pemula. Dengan berbagai fitur khusus yang berbeda dari aplikasi edit foto lainnya, afterlight fokus pada menyediakan berbagai alat yang memungkinkan pengguna untuk bereksperimen dengan bebas.

Keunggulan lain dari aplikasi ini adalah efek dan filter yang disediakan memiliki karakteristik yang unik dan eksklusif.

5. PicsArt Photo Studio

Picsart merupakan salah satu aplikasi pengeditan foto yang sangat populer dan sering diunduh saat ini. Selain fokus pada pengeditan foto, aplikasi ini juga menawarkan beragam template untuk mempermudah pembuatan kolase foto yang menarik dan sesuai dengan tren terkini. Hal ini sangat berguna terutama jika anda aktif berbagi foto di media sosial.

Seperti aplikasi pengeditan foto lainnya, picsart juga dilengkapi dengan berbagai filter dan alat pengeditan yang memungkinkan pengguna untuk mengekspresikan kreativitas mereka dalam mengedit foto.

Bagi mereka yang belum mencoba picsart, aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui google play store atau app store. Jika anda ingin menikmati berbagai fitur khusus yang ditawarkan oleh picsart, anda juga memiliki opsi untuk melakukan upgrade dan meningkatkan kemampuan editing foto anda.

6. Pixlr

Salah satu aplikasi edit foto terbaik yang berada di urutan kelima adalah pixlr. Pixlr merupakan pilihan alternatif yang bagus bagi para penggemar keindahan visual. Keunggulan aplikasi ini terletak pada kemudahannya dalam penggunaan serta beragam efek dan filter artistik yang melimpah yang dapat anda temukan di dalamnya.

Setelah mengedit foto, hasilnya dapat dengan cepat dibagikan langsung ke media sosial. Selain itu, pixlr juga tidak hanya berfokus pada pengeditan foto, tetapi juga memungkinkan anda untuk membuat desain grafis sesuai dengan preferensi anda. Aplikasi ini mendukung berbagai format foto seperti psd, pxd, jpeg, png dan lainnya.

Namun, satu keluhan umum dari pengguna adalah munculnya iklan pop-up yang cukup banyak. Sebagai aplikasi gratis, anda perlu bersabar atau anda dapat memilih untuk meng-upgrade ke versi premium pixlr yang bebas iklan.

Secara keseluruhan, pixlr dianggap sebagai aplikasi edit foto yang sangat efektif dan lebih mudah digunakan dibandingkan dengan aplikasi serupa lainnya.

Pixlr menawarkan berbagai fitur menarik seperti border, efek, overlay dan banyak lagi. Untuk menginstal aplikasi ini, anda dapat mengunduhnya melalui play store atau app store.

7. Snapseed

Salah satu aplikasi terbaik untuk mengedit foto yang berada di peringkat keempat adalah snapseed. Hingga saat ini, snapseed masih tetap menjadi salah satu pilihan utama dalam dunia editing foto yang dikembangkan oleh google.

Aplikasi ini dapat menjadi rekomendasi yang sangat baik untuk melakukan penyuntingan foto berkat ketersediaan 28 jenis fitur yang dapat digunakan secara gratis. Contohnya, berbagai macam efek menarik yang mudah diaplikasikan ke dalam gambar dapat ditemukan di dalamnya.

Selain itu, snapseed juga mempermudah pengguna dalam mengatur warna foto sesuai dengan preferensi mereka.

Tidak hanya menyediakan fitur dasar untuk mengedit foto, snapseed juga dilengkapi dengan berbagai filter yang dapat meningkatkan tampilan gambar anda menjadi lebih menarik dan memukau.

Beberapa filter unggulan dalam snapseed mencakup retrolux, vintage, tilt shift, grunge, drama, serta berbagai filter lainnya yang keren.

Yang lebih menarik, snapseed memungkinkan anda mengakses semua fitur tersebut tanpa perlu khawatir terganggu oleh iklan atau promosi yang mengganggu. Anda juga dapat dengan mudah mempublikasikan foto hasil editan anda untuk disimpan atau langsung dibagikan ke berbagai platform media sosial.

Selain itu, snapseed juga memiliki keunggulan lainnya, yaitu kemampuan untuk mengedit foto dalam format raw dan dng, sehingga anda dapat mengkonversi hasil foto tersebut ke dalam format jpg meskipun dengan sedikit penurunan kualitas.

8. VSCO Cam

Salah satu aplikasi edit foto terbaik yang sangat cocok digunakan di ponsel adalah vsco cam, yang menempati peringkat ketiga. Vsco cam bisa diandalkan sepenuhnya oleh para pecinta fotografi.

Dalam vsco cam, terdapat beragam filter dengan karakteristik unik masing-masing. Filter-filter ini disusun dalam kategori abjad, sehingga memudahkan pengguna untuk mengingatnya.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan beragam fitur pengeditan foto yang memungkinkan pengguna untuk mengubah tona warna foto agar terlihat lebih hidup.

Yang membuat vsco cam berbeda dari aplikasi edit foto lainnya adalah nuansa artistik yang dimilikinya. Ini karena vsco cam sangat mendukung para pengguna yang menginginkan tampilan foto bergaya vintage atau memiliki sentuhan artistik.

Alat-alat seperti exposure, highlight dan shadow sangat berguna untuk menciptakan foto dengan nuansa gelap, kuno, namun tetap terlihat mewah.

Keunggulan lain dari vsco cam adalah interaksi dengan komunitasnya. Aplikasi ini memiliki komunitas yang kuat, di mana pengguna dapat berbagi foto langsung melalui platform tersebut.

Namun, seperti kebanyakan aplikasi lainnya, meskipun tersedia secara gratis, beberapa filter khusus dalam vsco cam memerlukan upgrade ke versi premium untuk akses tanpa batas.

9. Cymera Photo Editor

Salah satu aplikasi edit foto terbaik yang ada di dunia saat ini adalah cymera photo editor. Aplikasi ini memiliki keunggulan karena menyediakan lebih dari 20 filter, 7 lensa dan 4 mode perekaman yang mempermudah pengguna dalam berbagi foto.

Setelah selesai mengedit foto dengan cymera, anda dapat langsung membagikannya melalui akun media sosial seperti facebook, twitter, tumblr dan lainnya.

Cymera adalah sebuah aplikasi pengeditan foto yang terkenal karena fokusnya pada hiburan dan pembuatan gambar lucu bagi para penggunanya.

Aplikasi ini tidak dirancang untuk pengeditan foto profesional seperti adobe photoshop, tetapi cymera menawarkan beragam fitur dengan pengaturan yang sederhana dan cepat yang sangat sesuai bagi mereka yang ingin bersenang-senang di media sosial.

Dengan cymera, anda juga dapat menggunakan berbagai filter, bingkai dan stiker untuk meningkatkan daya tarik foto anda. Selain itu, aplikasi ini juga mampu menangani tugas yang lebih rumit, seperti perbaikan gambar dan penghapusan elemen yang mengganggu dalam foto.

Seperti banyak aplikasi pengeditan foto lainnya, cymera tersedia secara gratis, tetapi untuk pengguna yang ingin eksplorasi lebih dalam dalam pengeditan foto, ada pilihan paket berbayar.

Ini adalah salah satu dari banyak aplikasi pengeditan foto terbaik yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas hasil fotografi anda. Pengeditan foto adalah keterampilan yang memerlukan latihan terus-menerus, jadi selamat berlatih bagi para penggemar keindahan visual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *