Begini Cara Mudah Mengatasi UC Browser Error di HP Android

Begini Cara Mudah Mengatasi UC Browser Error di HP Android
Begini Cara Mudah Mengatasi UC Browser Error di HP Android

Uc browser, yang memiliki banyak pengguna di Indonesia, menjadi pilihan utama karena desain sederhana, kecepatan dan kemampuan untuk memblokir semua iklan termasuk iklan google adsense.

Meskipun demikian, uc browser bisa menghadapi kendala seperti pesan error atau kesulitan dalam membuka aplikasinya.

Mengatasi UC Browser Tidak Bisa Dibuka

Tentu saja, setiap masalah memiliki penyebabnya sendiri. Ketika uc browser terasa berat atau berhenti tiba-tiba, biasanya disebabkan oleh akumulasi file sampah yang berlebihan atau penggunaan banyak aplikasi yang mengisi memori ram hingga penuh.

Untuk mengatasi masalah ini, berikut adalah beberapa metode yang dapat anda pertimbangkan.

1. Hapus Cache UC Browser

Anda dapat mencoba menghapus cache uc browser sebagai langkah pertama. Anda bisa menggunakan aplikasi cleaner atau melakukan penghapusan secara manual melalui pengaturan manajemen aplikasi.

Setelah membersihkan cache, disarankan untuk merestart smartphone android anda. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Buka menu Pengaturan, lalu pilih aplikasi. Setelah itu, masuk ke kelola aplikasi dan cari aplikasi “Uc browser”. Terakhir, sentuh opsi “Hapus cache”.

Catatan: Saya menerapkan metode ini di hp redmi note 10s.

2. Hapus Data UC Browser

Untuk langkah kedua, anda dapat mencoba menghapus data aplikasi. Biasanya, dengan tindakan ini, uc browser akan kembali ke pengaturan defaultnya.

Semua informasi yang bersifat sementara, seperti database, data aplikasi, informasi login, cache file, riwayat, bookmark dan lainnya akan dihapus. Untuk melakukannya, berikut adalah langkah-langkah yang dapat anda ikuti.

Buka menu pengaturan » aplikasi » Cari “Uc browser” » Kemudian tap “Paksa henti” dan “Hapus data”.

Catatan: Saya menerapkan metode ini di hp redmi note 10s.

3. Update UC Browser

Dan yang ketiga, cobalah untuk memperbarui aplikasi uc browser anda. Anda dapat melakukan pembaruan ini melalui google play store atau toko aplikasi lain yang tersedia di perangkat android anda. Dengan melakukan pembaruan ini, masalah-masalah atau kerusakan yang ada dapat teratasi.

Tidak hanya itu, anda juga akan mendapatkan pembaruan terkait tampilan dan fitur aplikasi tersebut. Untuk melakukan pembaruan, berikut adalah langkah-langkahnya yang dapat anda ikuti.

Buka google play store » aplikasi & game saya » cari “Uc browser” » tap “Update” dan “Terima”.

Catatan: Saya menerapkan metode ini di hp redmi note 10s.

4. Install Ulang UC Browser

Kemudian, langkah keempatnya adalah melakukan instalasi ulang aplikasi. Pertama-tama, hapus terlebih dahulu aplikasi uc browser dari perangkat anda. Selanjutnya, lanjutkan dengan membersihkan file sampah. Setelah selesai, restart smartphone android anda.

Setelah semua langkah tersebut selesai, anda dapat mencoba menginstal ulang aplikasi uc browser yang anda miliki. Untuk panduan menghapus aplikasi, silakan ikuti petunjuk di bawah ini.

Buka menu pengaturan » aplikasi » Cari “Uc browser” » Kemudian tap “Uninstal”.

Catatan: Saya menerapkan metode ini di hp redmi note 10s.

5. Gunakan Browser Lain

Dan terakhir, disarankan untuk mencoba browser lain seperti google chrome, opera max, atau mozilla firefox. Biasanya, banyak yang memilih google chrome karena antarmukanya yang sederhana, elegan dan ringan.

Selain itu, google chrome juga mampu menampilkan situs web dengan tampilan yang sempurna dan optimal.

Akhir kata,

Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda eksplorasi untuk diterapkan pada perangkat android anda. Saya telah mencoba metode-metode ini pada perangkat redmi saya.

Jika anda menggunakan smartphone dari merek lain seperti samsung, realme, axus, oppo, vivo, sony, nokia, atau yang lainnya, pastikan untuk menyesuaikan dengan perangkat anda. Jika anda memiliki pertanyaan atau hal yang ingin anda tanyakan, jangan ragu untuk menulisnya di kolom komentar di bawah ini.

Terima kasih dan semoga berhasil dalam mencobanya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *