Ini 4 Penyebab HP Cepat Panas & Rusak, Ini Cara Mengatasinya

Kenapa hp cepat panas
Kenapa hp cepat panas

Hp yang mengalami kepanasan (overheating) dapat menimbulkan kerusakan pada perangkat. Apabila kondisi ini tidak segera diatasi, kinerja hp dapat menurun secara signifikan dan baterai akan lebih cepat habis.

Dalam situasi yang lebih parah, cpu di dalam hp dapat rusak karena panas berlebih dan berpotensi menyebabkan hp meledak. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga hp agar tetap dalam suhu yang normal.

Berbagai faktor dapat menyebabkan hp menjadi panas dan ada beberapa cara untuk mengatasinya. Berikut adalah beberapa informasi yang kami kumpulkan dari berbagai sumber pada hari kamis, 16 februari 2023.

1. Menonton video dan main game berjam-jam

Semakin bertambahnya ukuran layar smartphone dengan kualitas yang tinggi mempermudah pengguna dalam menikmati tontonan video atau film. Bermain game juga semakin mengasyikkan berkat beragamnya pilihan game mobile.

Akan tetapi, kedua kegiatan tersebut dapat membebani kinerja smartphone. Bila dilakukan secara berlebihan dan dalam waktu yang lama, tidak heran bila smartphone menjadi cepat panas.

Situasi ini bisa semakin parah bila smartphone digunakan untuk menonton video atau bermain game sambil diisi ulang baterainya.

2. Menjalankan terlalu banyak aplikasi

Aplikasi pada ponsel memang sangat membantu dalam aktivitas sehari-hari. Anda dapat melakukan pembelian secara online, melakukan pemesanan makanan, mengirim pesan kepada teman, sampai menghabiskan waktu di media sosial.

Namun, disarankan untuk menutup aplikasi setelah digunakan. Hindari menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan untuk waktu yang lama, karena hal ini dapat menyebabkan cpu bekerja lebih keras dan menyebabkan ponsel menjadi cepat panas.

3. Paparan sinar matahari

Saat berada di luar, sebaiknya jauhkan ponsel anda dari sinar matahari secara langsung. Hindari juga menaruh ponsel di dalam mobil yang terparkir di luar untuk waktu yang lama, karena hal ini dapat menyebabkan ponsel menjadi panas dengan cepat.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk menyimpan ponsel anda di tempat yang lebih sejuk dan teduh. Contohnya, anda bisa menyimpannya di dalam kantong celana, tas, atau pouch.

4. Malware atau virus

Perangkat android lebih mudah terinfeksi virus atau malware. Jika terpapar virus yang merugikan, umumnya perangkat akan menjadi lebih panas sebab virus itu menggunakan sumber daya perangkat. Oleh karena itu, sebaiknya elakkan memasang aplikasi yang tidak terpercaya dari play store atau situs lainnya.

Cara Menghindari HP Cepat Panas

  • Tetapkan tempat pengisian baterai yang memiliki suhu sejuk.
  • Atur kecerahan monitor antara tingkat rendah hingga sedang, bukan pada tingkat paling tinggi.
  • Pastikan menggunakan pengisi daya asli dan sesuaikan watt pengisi daya dengan spesifikasi ponsel.
  • Bersihkan ponsel secara berkala dari aplikasi yang tidak sering digunakan.
  • Hindari membawa ponsel ke tempat yang terpapar panas langsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *