4 Cara Mudah Menonaktifkan Aplikasi Instagram

4 Cara Mudah Menonaktifkan Aplikasi Instagram
4 Cara Mudah Menonaktifkan Aplikasi Instagram ( alphr.com )

Instagram adalah salah satu aplikasi sosial dan pesan yang sangat populer, digunakan oleh jutaan hingga milyaran orang di seluruh dunia. Aplikasi ini umumnya digunakan untuk berbagi gambar, foto dan video singkat dan seringkali menjadi fokus utama bagi pengguna ponsel cerdas, baik android maupun ios.

Penting untuk diingat bahwa instagram berjalan di latar belakang, yang berarti aplikasi ini tetap aktif selama kita memiliki koneksi internet aktif. Oleh karena itu, jika anda ingin menonaktifkan sementara akun instagram anda, saya akan membantu anda melakukan itu dengan mudah dan cepat.

Selain itu, ada beberapa orang yang saat ini berusaha untuk menghentikan penggunaan instagram mereka karena dianggap adiktif. Beberapa penelitian bahkan mengindikasikan bahwa pengguna sering kali terobsesi untuk terus membuka dan menggunakan aplikasi ini.

Oleh karena itu, langkah terbaik mungkin adalah mengurangi penggunaan instagram, bahkan memutuskan untuk menghapusnya jika diperlukan.

Cara menonaktifkan Instagram sementara waktu

Setiap individu pasti memiliki motivasi yang beragam saat mereka memutuskan untuk menonaktifkan aplikasi instagram. Alasannya bisa bervariasi, mulai dari upaya mengurangi konsumsi ram dan penggunaan daya baterai, jarang menggunakannya, hingga menghemat kuota data internet.

Terdapat tiga cara yang dapat digunakan untuk melakukan ini, yaitu dengan menonaktifkan akun, menghapus riwayat penggunaan data internet, atau menghapus aplikasi instagram itu sendiri. Untuk informasi lebih lengkap, mari kita bahas lebih detail di bawah ini:

1. Nonaktifkan akun lewat browser

Anda memiliki dua opsi pertama yang bisa anda pilih. Salah satunya adalah dengan menonaktifkan akun anda untuk sementara waktu. Dengan melakukan ini, anda akan berhenti sepenuhnya menggunakan instagram.

Ketika anda merasa ingin menggunakan instagram lagi di masa mendatang, anda dapat masuk kembali ke akun anda. Penting untuk diingat bahwa opsi ini hanya tersedia melalui browser komputer atau smartphone, bukan melalui aplikasi instagram. Di bawah ini, anda akan menemukan langkah-langkahnya.

Langkah 1: Pertama-tama, buka instagram melalui browser komputer atau smartphone anda. Kemudian, akses halaman profil instagram anda dan pilih opsi edit profil.

Langkah 2: Setelah itu, anda akan menemukan berbagai pilihan pengaturan. Geser ke bawah dan pilih opsi nonaktifkan akun saya untuk sementara.

Langkah 3: Selanjutnya, pastikan untuk mengonfirmasi penonaktifan akun. Pada bagian “Mengapa anda ingin menonaktifkan akun anda?”, mohon berikan alasan anda dengan memilih opsi dalam menu dropdown.

Kemudian, di bagian “Untuk melanjutkan, masukkan kata sandi anda” silakan masukkan kata sandi anda sekali lagi. Setelah semua terisi, klik tombol “Akun dinonaktifkan sementara”. Dengan cara ini, akun anda akan dinonaktifkan sementara hingga anda memutuskan untuk mengaktifkannya kembali.

Apabila anda ingin mengikuti langkah-langkahnya:

  1. Akses instagram.com melalui browser pada komputer atau perangkat smartphone anda.
  2. Beralih ke halaman profil anda dan pilih opsi edit profil.
  3. Selanjutnya, klik nonaktifkan akun saya.
  4. Anda akan diminta memberikan alasan mengapa anda ingin menonaktifkan akun anda.
  5. Lanjutkan dengan memasukkan kata sandi anda pada bagian yang disediakan dengan judul “Untuk melanjutkan, masukkan kata sandi.”
  6. Akhiri proses ini dengan mengklik tombol akun dinonaktifkan sementara.
  7. Selesai.

2. Matikan data internet Instagram

Apabila anda ingin tetap menggunakan akun anda tanpa menonaktifkannya, sebaiknya anda mengurangi penggunaan aplikasi instagram dengan membatasi akses internetnya.

Meskipun setiap perangkat bisa memiliki langkah-langkah yang berbeda, anda masih bisa menyesuaikannya. Caranya adalah dengan mengikuti petunjuk berikut:

Nonaktifkan data internet: Buka menu pengaturan pada smartphone anda. Pilih pengaturan jaringan & nirkabel » data seluler » aplikasi jaringan » kemudian pilih aplikasi instagram. Matikan opsi data internet dan wifi agar tidak berfungsi untuk instagram.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut jika anda ingin mengurutkannya:

  1. Buka menu pengaturan pada smartphone anda.
  2. Pilih opsi pengaturan jaringan & nirkabel.
  3. Lanjutkan dengan memilih data seluler dan aplikasi jaringan.
  4. Selanjutnya, cari aplikasi instagram.
  5. Terakhir, nonaktifkan opsi data seluler & wifi.
  6. Setelah itu, anda telah selesai.

3. Hapus aplikasi Instagram

Anda juga dapat mengatasi ini dengan menghapus aplikasi instagram dari perangkat android atau ios anda. Jangan khawatir, menghapus aplikasi ini tidak akan menghapus akun anda atau membuatnya tidak aktif. Ini hanya akan menghapus aplikasi instagram dari perangkat anda.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

Hapus aplikasi instagram: Buka menu pengaturan di perangkat android atau ios anda. Selanjutnya, pilih opsi aplikasi & notifikasi » aplikasi » instagram » lalu ketuk hapus instalasi untuk menghapus aplikasi tersebut. Terakhir, konfirmasikan dengan mengetuk ok.

Dalam rangka mempersingkatnya, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka menu pengaturan pada smartphone anda.
  2. Pilih opsi aplikasi & notifikasi.
  3. Temukan aplikasi instagram dalam daftar aplikasi.
  4. Ketuk hapus instalasi.
  5. Konfirmasi dengan mengklik ok.
  6. Langkah-langkah selesai.

4. Nonaktifkan notifikasi Instagram

Apabila anda merasa tidak puas dengan semua opsi di atas, anda dapat memilih alternatif lain dengan menonaktifkan semua notifikasi instagram. Dengan cara ini, anda masih bisa mengakses instagram kapan pun anda mau tanpa adanya gangguan dari notifikasi seperti pesan, komentar, atau postingan baru.

Saya rasa ini akan sangat membantu mengurangi gangguan dari aplikasi ini dan memungkinkan anda untuk menggunakan instagram dengan lebih tenang.

Langkah 1: Pertama-tama, buka menu pengaturan di perangkat android anda. Pilih opsi aplikasi & notifikasi » pengelola notifikasi. Di sini, anda akan melihat daftar semua aplikasi yang telah diinstal.

Langkah 2: Selanjutnya, pilih opsi pengelolaan batch. Temukan aplikasi instagram, lalu sentuh tombol switch untuk menonaktifkan semua pemberitahuan (tombol berwarna biru menunjukkan bahwa pemberitahuannya aktif, sedangkan tombol berwarna abu-abu menunjukkan bahwa pemberitahuannya nonaktif).

Inilah langkah-langkah singkatnya:

  1. Buka menu pengaturan di perangkat hp anda.
  2. Pilih opsi aplikasi & notifikasi, kemudian pilih pengelola notifikasi.
  3. Setelah itu, pilih pengelola batch.
  4. Ketuk tombol switch instagram untuk mematikannya.
  5. Selesaikan proses ini.

Semoga bermanfaat!

Penutup,

Berikut adalah beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk menonaktifkan aplikasi instagram, bukan hanya untuk menonaktifkan akun anda, tetapi juga untuk mengurangi penggunaan aplikasi instagram.

Jika anda memiliki pertanyaan atau ingin berbicara tentang sesuatu, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih dan semoga berhasil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *