Among us adalah permainan multipemain yang bisa dimainkan di pc maupun perangkat seluler yang tiba-tiba meraih popularitas besar pada tahun 2020.
Menurut laporan yang kami pada Jumat, 16 Oktober 2020, meskipun permainan ini pertama kali dirilis pada bulan Juni 2018, namun awalnya tidak begitu diperhatikan oleh para pemain hingga baru-baru ini, ketika para streamer video game di platform twitch milik amazon mulai menyadari bahwa among us adalah pilihan yang sempurna selama masa karantina di tengah pandemi.
Dikembangkan oleh innersloth, sebuah studio kecil yang berbasis di redmond, washington, among us telah diunduh hampir 42 juta kali di platform steam selama paruh pertama bulan September, seperti yang dilaporkan oleh safebettingsites.com.
Selain itu, jumlah unduhan among us di perangkat ios dan android mencapai hampir 84 juta pada bulan yang sama, menurut data dari sensorTower.
Permainan ini sangat mudah dimainkan, menghadirkan kesenangan, dan memiliki harga yang terjangkau. Karena itulah, among us telah menjadi salah satu pilihan hiburan terbaik untuk menjalin interaksi sosial secara virtual di tengah pandemi.
Among us adalah adaptasi modern dari permainan deduksi sosial klasik seperti mafia dan werewolf.
Dalam permainan ini, pemain menggunakan perangkat pc atau seluler untuk bergabung dalam satu tim dan tugas mereka adalah mengidentifikasi impostor di antara anggota tim atau menyelesaikan berbagai tugas untuk meraih kemenangan.
Sementara itu, impostor bertujuan untuk memenangkan permainan dengan cara membunuh anggota tim mereka atau melakukan sabotase terhadap pesawat luar angkasa. Identitas impostor dipilih secara acak setiap kali permainan dimulai.
Popularitas among us meningkat secara signifikan selama pandemi covid-19. Kebijakan lockdown di banyak negara memaksa orang untuk tinggal di rumah dan bekerja dari rumah, sehingga banyak yang mencari hiburan.
Dengan gameplay yang mengandalkan interaksi sosial dan bisa dimainkan secara virtual, among us menjadi pilihan yang ideal untuk bersosialisasi secara daring.
Selain itu, popularitas game ini juga didorong oleh para streamer terkenal, gamer dan influencer yang aktif memainkannya dan berbicara tentang pengalaman mereka dalam bermain.
Mereka memperkenalkan among us kepada pengikut mereka, yang turut berkontribusi pada peningkatan popularitasnya.
Menurut Randy nelson, seorang peneliti dari sensortower, “Game ini telah membangun basis penggemar yang setia selama lebih dari dua tahun sebelum menjadi sorotan berkat platform seperti twitch. Keberhasilannya saat ini benar-benar terkait erat dengan platform tersebut.”
Kesuksesan among us juga didorong oleh biayanya yang terjangkau dan kesederhanaan gameplay-nya. Meskipun pemain harus menyelesaikan berbagai tugas, tindakan ini relatif mudah dilakukan dan dapat diikuti oleh siapa saja.
Seiring dengan meningkatnya popularitasnya, meme tentang among us juga berperan penting dalam menarik perhatian lebih banyak pemain dan menjaga mereka tetap terlibat dalam permainan ini.
Namun, tantangan terbesar yang dihadapi among us adalah mempertahankan dan mengembangkan kesuksesannya di masa depan.
Studio pengembang innersloth telah menunjukkan komitmen mereka terhadap permainan ini dengan membatalkan rencana untuk merilis sekuelnya demi fokus memperbaiki dan memperluas pengalaman yang sudah ada.
Mereka juga terus merilis peta tambahan untuk menjaga kesegaran permainan. Dengan berbagai rencana dan komitmen ini, innersloth berharap untuk menjaga popularitas among us tetap berkembang.